lifestyle, review

Tips Mempercantik Tampilan Blog

asus

Kehidupan sehari-hari kita sekarang cenderung didominasi oleh unsur visual. Kita lebih suka melihat tampilan gambar daripada membaca tulisan. Meningkatnya peran visual melanda pula ke dunia internet dan merembet ke dunia penulisan termasuk blogger. Tidak ada buku tanpa sentuhan ilustrasi, begitu pula dengan tampilan blog. Itu sebabnya cover buku ada desainernya khusus.
Blog dengan konten bermutu ditambah dengan foto dan ilustrasi menarik akan lebih dilirik dan dikunjungi para pejalan blog. Belum lagi bila disisipkan vlog, membuat blog semakin hidup.

Sebagai dosen, penulis buku dan blogger, sehari-hari saya memakai laptop Asus X2000MA, kapasitas RAM 2 Gb dan prosesornya masih Intel (R) Celeron (R). Padahal Asus sekarang sudah zamannya prosesor generasi ke-6, yaitu Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor yang mempunyai kelebihan hemat daya. Arsitektur dalamnya dikenal dengan tatanan nahalem, memungkinkan beberapa komponen dalam komputer digabungkan menjadi satu dengan prosesor.  Terobosan yang dilakukan oleh Intel dalam memproduksi Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 adalah penggabungan RAM ke dalam prosesor, dengan demikian berpengaruh pada kecepatan kerja RAM tersebut.

Prosesor jenis ini mumpuni banget untuk profesional yang banyak berkutat dengan grafis. Salah satunya adalah blogger, yang memang dituntut untuk menuliskan konten menarik, dan bermutu, tetapi tidak membosankan. Bahkan seringkali awal dari diliriknya sebuah blog adalah berkat adanya tampilan gambar dan format blog yang menarik.
Menurut Jeff Bullas, seorang digital marketer, artikel dengan gambar mendapatkan total kunjungan 94% lebih banyak daripada artikel tanpa gambar. Sembilan puluh empat persen! Tahu begitu kan tanpa berpikir dua kali, sebagai blogger kita akan menyisipkan gambar dan merapikan format artikel kita.

Berikut beberapa tips membuat format blog supaya lebih sempurna:

  1. Gunakan subheader

Header pada blog, ibaratnya mirip dengan header pada buku atau majalah. Sedangkan subheader adalah judul bab-bab pada buku. Subheader ada beberapa tingkatan, yang bisa dicek pada template blog masing-masing. Ada yang sampai 6 tingkat atau disebut sebagai multiple subheader.
Sederhananya, bila kita menulis sebuah artikel pada blog, berilah pointer-pointer sehingga artikel terbagi menjadi beberapa bagian. Hal ini untuk menghindari artikel terlihat terlalu panjang.

  1. Layar tidak lebar

Banyak pilihan template sudah mengatur lebar format artikel tidak memenuhi seluruh layar. Template seperti ini secara visual lebih menarik daripada tampilan artikel memenuhi seluruh lebar layar monitor. Patokannya adalah kira-kira 80 karakter atau kurang.
Perhatikan gambar di bawah ini. Sisi kiri, artikel memenuhi seluruh layar, sedangkan sisi kanan merupakan format artikel yang ideal.

blog-writing-layout
sumber: http://www.successfulblogging.com/16-rules-of-blog-writing-which-ones-are-you-breaking/
  1. Bold text and highlight

Tulisan pada artikel blog lebih bervariasi bila pada kalimat-kalimat penting diberi highlight atau ditulis dengan huruf tebal. Misalnya quote-quote atau tips.

  1. Gunakan grafis atau gambar

Pertama, gambar yang dipilih tentu sesuai dengan tema artikel, dan jangan terlalu besar sehingga melebihi lebar layar.
Walaupun secara otomatis gambar tersebut terformat sendiri menyesuaikan dengan lebar layar, tetapi bisa kita atur suai dengan letaknya pada artikel.
Kedua, size atau besarnya gambar tidak lebih dari 100 Kb supaya tidak terlalu lama gambar tersebut muncul di layar.
Gambar yang terlalu besar ukurannya dan loadingnya lama membuat jengkel pengunjung, bisa-bisa artikel belum selesai dibaca, pembaca sudah meninggalkan blog kita.

Adapun jumlah gambar yang akan disisipkan pada artikel disarankan minimal satu gambar untuk tiap 350 kata.
Gunakan juga keterangan gambar, dan jangan lupa cantumkan sumbernya bila mengambil foto atau gambar dari sumber lain.
Untuk foto atau grafis buatan sendiri, langkah-langkah pengaman biasanya diberi watermark. Ada banyak tutorial untuk memberi penanda watermark pada arsip foto-foto kita.
Ingat, begitu sebuah gambar terunggah di dunia maya dia akan melayang-layang selamanya, walaupun sudah kita delete dari file kita.

  1. Tulislah dalam paragraf pendek

Membaca artikel blog berbeda dengan sikap kita membaca artikel cetak atau buku. Kecenderungan membaca blog adalah membaca cepat atau scrolling.
Hal ini mungkin disebabkan tampilan dan paparan layar yang tidak senyaman membaca artikel cetak atau buku. Oleh sebab itu, tulislah artikel dalam paragraph pendek.
Disarankan dua hingga enam kalimat per paragraf.
Bisa juga disusun dalam bentuk list atau bullets, supaya lebih terstruktur dan cepat dibaca.

  1. Warna Latar

Hampir semua blog atau website defaultnya berlatar muda dengan tulisan gelap. Hal ini disebabkan mata kita lebih nyaman membaca tulisan hitam berlatar putih, dibandingkan tulisan putih berlatar hitam. Boleh saja memakai warna latar muda lain, misalnya abu muda, hijau mint muda, kuning pucat, dan warna pastel lain.

Bekerja mengandalkan laptop supaya bisa bekerja kapan saja dan di mana saja, selain spesifikasi dengan processor Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7, syarat lainnya adalah ringan.

Ternyata ASUSPRO B8230 memenuhi syarat sebagai laptop andalan yang saya cita-citakan selama ini:

ASUSPRO B82301
#EkspresikanDiri #AsusIntel

Ringan, Mobilitas Tinggi dan CantikP_setting_fff_1_90_end_500
Ringan ist a must.
Kenapa laptop ringan cukup penting untuk saya? Karena sehari-hari saya wira-wiri ke kampus sering naik kendaraan umum, selain itu saya juga harus pindah dari satu gedung ke gedung lain.
Di rumah bila menyiapkan materi kuliah, menulis naskah, atau update blog, kadang di depan TV, atau kadang menjaga cucu saya yang sedang tidur.
ASUSPRO B8230 beratnya hanya 1,3 kg, tampilannya cantik dengan lebar layar hanya 12.5″ akan memudahkan pekerjaan saya yang mobilitasnya tinggi.
Materialnya berbahan ringan dan tahan banting, walaupun tak maulah saya membanting-banting laptop yang super handal bin kece ini.

Tahan Lama dan Tidak Melelahkan
Kelebihan ASUSPRO B8230 lainnya adalah dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru yakni Intel® Core™ i7-6500 Processor atau seperti Intel® Core™ i5-6200 yang merupakan generasi keenam atau yang disebut dengan Intel Skylake. Seperti telah dijelaskan di atas, laptop dengan prosesor jenis ini, konsumsi dayanya rendah hanya 15 watt.
Sedangkan spesifikasi baterai 3 cell berjenis Li-Polymer, walaupun tahan digunakan selama 8 jam, laptop ini tidak panas ketika dioperasikan.

Kadang kalau sudah asyik mengedit naskah seringkali saya lupa waktu, tetapi ternyata ASUSPRO B8230 ini dilengkapi dengan layar LCD Anti Glare untuk mengurangi jumlah paparan cahaya yang keluar dari layar notebook. Hal ini akan membantu sekali supaya mata saya tidak cepat lelah.

Aman dan Mudah DiupgradeB8230UA_-Black_20
Kenapa ASUSPRO B8230 dikategorikan sebagai laptop yang aman? Karena dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti, USB lock, HDD protection, fingerprint, TPM module, Kensington lock, Smart Card reader dan sudah didesain dengan standar pengujian militer MIL-STD 810G.
Kapasitas RAM 4 GB tersebut dapat ditingkatkan cukup dengan membuka kompartemen yang ada di bawah bodi laptop dengan mudah. Setelah dibuka, kita dapat mengganti kapasitas storage dan RAM yang lebih besar, dan bahkan dapat melepas baterai polimer yang disediakan.
Cocok sekali dengan keseharian saya yang harus menyimpan banyak foto, gambar dan video tutorial, sehingga tidak perlu khawatir storage cepat penuh.

EKSPRESI DIRI

Dengan ASUSPRO B8230 saya bisa lebih maksimal mengekspresikan diri antara lain:

1. Menyiapkan materi kuliah
Materi kuliah saya siapkan dalam bentuk presentasi powerpoint. Sesuai dengan bidang keilmuan saya, harus disertai dengan visualisasinya berupa foto, sketsa atau infografis. Foto-foto ada yang merupakan foto pribadi hasil foto lapangan, hasil penelitian, atau unduh dari internet. Keuntungannya foto pribadi pixelnya besar sehingga bagus untuk presentasi. Begitu pula bila saya terpaksa harus unduh dari internet, saya mencari yang pixelnya besar, supaya gambarnya tajam.

2. Membuat video tutorial Do-It-Yourself
Saya mempunyai hobby menjahit sejak SMP. Sehingga salah satu kategori dalam blog saya adalah Do-It-Yourself. Isinya tutorial bikin-bikin yang sehari-hari bisa saya lakukan untuk keluarga.
Antara lain membuat Celana Untuk Ibu Hamil, untuk putri saya. Hasil merombak celana panjang biasa sehingga nyaman dipakai ibu hamil.
Kemudian membuat aneka alat bantu tumbuh kembang untuk cucu saya, yang waktu itu agak delay dibanding anak seusianya. Misalnya Crawling-Belt dan Sensory Board.

Baca juga: D-I-Y Sensory Board

Ada beberapa yang saya unggah ke akun Youtube saya.
Kapan-kapan saya ingin juga belajar membuat vlog.

3. Membuat slide animasi
Sebagai penulis buku, saya baru belajar bahwa penulis juga dituntut untuk promosi. Baru-baru ini saya mencoba membuat Book Trailer untuk buku saya. Belum sempurna, sih, tetapi langkah awal yang cukup membuat penasaran. Penasaran untuk selalu ngulik materi, durasi, pilihan lagu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Membuat Book Trailer “Andi di Negeri Prajurit”

Kegiatan lain saya untuk berekspresi adalah bermain piano bersama teman-teman. Salah satu keunikan grup kami bila konser adalah menyertakan tampilan slide animasi di layar lebar. Sehingga penonton tidak hanya menonton dan mendengarkan kami bermain piano, tapi ada tampilan slide animasi sesuai dengan tema lagu.
Biasanya saya yang membantu menyusunnya dalam bentuk slide animasi dan durasinya harus diatur sesuai durasi lagu.

Nyata benar kan ASUSPRO B8230 walaupun mungkil dan ringan, kinerjanya tinggi, cocok untuk kegiatan multitasking saya, seperti pada video berikut ini:

 

Ada tips apalagi nih untuk mempercantik tampilan blog teman-teman?

logo_asus_isoi_intel-300x99

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Sumber:
ASUSPRO B8230, Notebook untuk Korporat yang Mungil, Kuat dan Cantik
ASUS

twittergoogle_pluspinteresttumblr

28 thoughts on “Tips Mempercantik Tampilan Blog

  1. Ulasannya bagus, mba. Salah satu pendukung untuk ngeblog dan membuat program itu memang laptop yang memadai. Asus pro B830 ini keren banget, yah. 🙂

  2. Keren, jelas , terstruktur dan mudah dipahami. Jadi pengen deh punya yang sepetti itu ASUSPRO B8230 , pasti bis amembantu saya juga mengekspresikan diri, buat anak-anak juga ya….. Thanks Mbak Hani

  3. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS.

    1. Iya Mbak Sulis. Asyik kalo udh merapikan. Artikel yg lama2 saya baca2 lagi, rapikan dan tambah2in foto. Saya masih belajar juga, blm ngerti SEO2an…Hehe. Makasih ya sdh mampir…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *