kesehatan

Smoothies untuk Berbuka Puasa

Setelah hampir 14 jam menahan lapar dan haus, tibalah saatnya berbuka puasa. Banyak artikel dan informasi yang mewartakan bahwa kita harus bijaksana mengonsumsi takjil untuk berbuka puasa.
Rasulullah saw bahkan mencontohkan berbuka puasa dengan 3 butir kurma dan air.
Tetapi kita menghidangkan aneka menu untuk berbuka puasa, sehingga perut menjadi sebah dan tidak nyaman.

Sesudah berbuka puasa kemudian dilanjutkan dengan shalat Maghrib, dan sejam kemudian tiba waktunya shalat Isya. Nah, biasanya langsung dilanjutkan dengan shalat Tarawih, bukan?
Berbuka puasa langsung menyantap makanan berat membuat kita mengantuk sehingga tidak konsentrasi ketika shalat Tarawih. Kenapa? Karena energi tubuh kita terkuras untuk mengolah makanan yang kita santap sejam sebelumnya. Sedangkan untuk tarawih juga perlu energi.

Why Smoothies?

Smoothie adalah sejenis minuman yang merupakan campuran dari buah segar atau sayur diberi air, es, susu, yogurt, oat dan sedikit pemanis. Berbeda dengan jus yang kita kenal, tekstur smoothie lebih kental dan creamy, serta lebih mengenyangkan. Biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan.
Kali ini bisa juga dikonsumsi sebagai takjil berbuka puasa, bukan?

Walaupun demikian, dalam membuat smoothie, perhatikan juga komposisi masing-masing buah atau sayur. Buah-buahan yang terlalu manis, akan terlalu banyak mengandung gula sehingga kurang baik bagi kesehatan. Adapula resep smoothie yang menambahkan tepung protein, pemanis, bahkan ice cream. Hati-hati dengan kandungan karbohidrat atau gula berlebihan bila menambahkan bahan-bahan untuk smothie. Lebih baik menambahkan sayuran atau biji-bijian, yang tentunya lebih sehat daripada gula.

Dengan bantuan blender, sekarang ini kita dapat menyiapkan berbagai jenis hidangan untuk berbuka puasa yang cepat dan bernutrisi. Di bawah ini adalah resep smutis yang mengandung bahan-bahan menambah daya tahan tubuh.

Resep Smutis Strokoli

Sumber

Serat larut air yang terdapat pada stroberi akan membuat usus lebih lama mencerna dan juga kaya akan vitamin C. Bahan yogurt, kaya akan kalsium, kemudian juga ada kacang almond, dan brokoli. Brokoli merupakan nutrisi yang dapat membantu tubuh mengolah dan menurunkan kadar lemak dalam arah. Kacang almond dan yogurt mengandung protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Dalam yogurt juga mengandung seng (zinc) yang dapat meningkatkan produksi hormon leptin, yang dapat meningkatkan metabolisma dan menekan nafsu makan.
Taburkan sedikit teh hijau (green tea) bubuk untuk mendapatkan zat kafein, juga merupakan penguat metabolisma alami. Di atas smutis taburkan bubuk kayu manis untuk mendapatkan rasa hangat.

Bahan-bahan:
-1 cangkir yogurt bebas lemak atau tanpa lemak
-8 butir kacang almond
-¼ cangkir brokoli, potong bagian kuntum saja
-1 cangkir stroberi beku
-¾ cangkir green tea dingin
-¼ sendok teh bubuk kayu manis

Cara penyajian:
-Cuci bersih brokoli
-Blender semua bahan-bahan menjadi satu hingga tercampur rata dan lembut.
-Tuangkan dalam gelas dan taburkan sedikit bubuk kayu manis di atasnya untuk menambah selera.
-Smutis siap disajikan dan disantap.

Resep ini mempunyai 345 kalori.

 

Resep Smutis Apel Hijau

Sumber

Kurma dalam resep smutis apel ini memberikan paduan rasa manis lembut dan segar. Selain itu kurma mengandung kalori cukup tinggi sehingga teman-teman cukup energi untuk sholat tarawih.

Bahan-bahan:
-¼ cangkir kurma
-2 apel Malang
-2 gelas air
-1 cangkir bayam
-1 cangkir es batu (boleh di skip)
-Sejumput kayu manis

Cara penyajian:
-Cuci bersih apel dan bayam dengan sedikit air garam
-Potong-potong kurma dan apel
-Blender semua bahan-bahan menjadi satu hingga tercampur rata dan lembut.
-Tuangkan dalam gelas dan taburkan sedikit bubuk kayu manis di atasnya untuk menambah selera.
-Smutis siap disajikan dan disantap.

 

Strawberry Booster

Sumber: pribadi

Paduan rasa stroberi dan pisang, selain memberi rasa kenyang juga menyegarkan. Sehingga teman-teman cukup tenaga untuk sholat tarawih tetapi tidak mengantuk.

Bahan-bahan:
-1 mangkok stroberi
-1 buah pisang ambon
-½ mangkok yogurt

Cara penyajian:
-Cuci bersih stroberi
-Potong-potong pisang dan stroberi
-Blender semua bahan-bahan menjadi satu hingga tercampur rata dan lembut
-Tuangkan dalam gelas
-Smutis siap disajikan dan disantap

Selamat berbuka puasa!

twittergoogle_pluspinteresttumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *