cuma cerita

Satu Minggu Satu Cerita yang Mendisiplin

 

Ada apa sih dengan Satu Minggu Satu Cerita? Kenapa Satu Minggu Satu Cerita (1minggu 1cerita) bisa jadi media mendisiplin diri?
Contohnya ya saya ini. Sejak bergabung dengan komunitas ini 31 minggu yang lalu, satu hal yang tertanam dalam ingatan. Yaitu tiap minggu saya harus update blog saya.
Sejak Januari, minggu pertama itu, belum pernah bolos, lho, saya ini. Terlambat satu kali, terlambat 30 menit, jadi dianggap tidak sah. Tak apa, pokoknya saya sudah mengunggah cerita. Coba nanti saya cari artikelnya, tentang apa, sih, sampai saya buntu dan setor artikelnya mepet banget.
Ada kalanya buntu sih, bingung mau cerita apa. Atau belum sempat. Seperti sekarang ini. Diberi tema Disiplin Diri, tapi baru ditulis menjelang pukul 22:00. Tim mepet…

Tigapuluhsatu minggu itu, lebih dari 7 bulan, kira-kira 7 purnama. Belum, belum ratusan purnama. Lihat langit malam hari, nun jauh di sana, bulannya malah setengah purnama. Sehabis baca kalimat di atas, pasti kalian nengok ke langit, ngecek bulan ada atau tidak.

Kembali ke soal disiplin diri. Disiplin dalam hal apa? Oh iya, disiplin diri luas banget. Disiplin diri belajar supaya naik kelas, juara, dan tercapai cita-citanya. Ada juga disiplin diri, rajin menabung, supaya cicilan rumah segera lunas. Kalau saya, tentang disiplin menulis blog saja.

Manfaat Disiplin Ngeblog

Berkat 1minggu1cerita, saya jadi disiplin ngeblog, itu satu. Benefit atau manfaat yang menyertainya adalah:

1. Jumlah artikel

Blog yang saya daftarkan untuk ikut 1minggu1cerita adalah self hosted blog. Waktu itu masih baru, belum satu tahun. Bikin blog ceritanya untuk promosi. Adalah 80 artikel sudah saya tulis di blog saya, ketika mendaftar ke grup 1minggu1cerita. Jadi sampai artikel ini ditulis, blog saya sudah tambah minimal 31 artikel, kan. Sampai hari ini sudah menulis 145 artikel. Horee…
Penting? Pentinglah. Kan untuk ikut lomba blog, seringkali ada persyaratan minimal sudah ada konten, 10 artikel.

2. Kualitas tulisan

Uebungen macht master. Pepatah dari Jerman, kurang lebih artinya banyak latihan jadi ahli.
Semakin sering latihan, tulisan jadi berkualitas. Bukan sombong, tapi kenyataan. Apapun kalau sering latihan, kan, jadi ahli. Berkat ikut komunitas blogger, saya mendapatkan info tentang giveaway dan lomba blog.
Ikutlah saya, ada yang sekedar untuk meramaikan, atau memang niat ingin hadiahnya.
Menangkah? Alhamdulillah yah…kalau kata Syahrini mah. Tidak menang juga sering. Kadang-kadang kalau rajin blog walking, dianalisis tulisan para pemenang, kenapa bisa menang. Enggak deng, lebay. Seringnya ya tidak ditengok lagi tulisannya.

Paling senang itu, bila tulisan saya masuk nominasi untuk dipilih sebagai tulisan terbaik di 1minggu 1cerita. Beberapa kali masuk nominasi lho. Sampai saya simpan itu tabel prosentase pemilihannya. Bila menang, gambarnya saya unggah di Instagram. Penting juga untuk promosi diri, bahwa saya bisa menulis dan tulisan saya dibaca.

3. Link Placement atau Content Placement

Berkat mendaftar ke komunitas blogger, sesekali ditawari menempatkan link tertentu di blog saya. Ada fee nya dong. Kadang-kadang diemail oleh agen untuk memasang konten (content placement). Dari segi penulisan lebih menyenangkan link placement daripada content placement. Kalau link placement tulisannya lebih bebas, hanya diberi tema tertentu saja atau keywords yang sudah ditentukan. Sedangkan content placement, saya dikirimi artikel yang sudah jadi dan diminta memasangnya di blog saya. Nominal feenya relative, tergantung dari DA, yang sampai hari ini saya belum terlalu pusing dengan tinggi atau rendahnya. Masih terbolak-balik pula, antara PA dan DA. Hayoo, apa coba?

4. Awet Muda

Apa hubungannya coba antara 1minggu 1 cerita, disiplin ngeblog dan awet muda. Coba saja cek grup WhatsAppnya. Rentang usia anggotanya antara kelahiran abad lalu dan milenial. Kalau sudah membicarakan lagu-lagu favorit mereka, terasa banget saya tuh nun jauh banget dari dunia mana gitu.
Yang paling saya suka dari grup ini adalah disiplin tidak boleh membahas selain dunia tulis menulis.
Tidak seperti grup dosen tempat saya mengajar itu, hobby ngeshare meme atau bodoran usang. Ada lagi grup SMA yang tiap pagi ngeshare hadis atau nasihat panjang banget, yang saya scroll dan clear chat. Hmm…mudah-mudahan sih teman dosen atau teman SMA tidak ada yang baca artikel ini. Sepertinya di antara teman-teman tidak ada yang ngeblog, selain saya.

Dunia 1minggu 1cerita memang dunia baru untuk saya.
Membuat saya dipaksa menulis, menulis, menulis, tiap minggu. Sementara sih cukup kok 1 minggu 1 cerita, kadang-kadang ditambah dengan tulisan lain, giveaway atau ikutan lomba. Belum sanggup ikut yang ODOP, one day one post itu.
Pokoknya ngeblog dengan happy saja.

Makasih ya 1minggu 1cerita!

twittergoogle_pluspinteresttumblr
twittergoogle_pluspinterestyoutubetumblr

4 Comments

  1. Esa

    Hihi jadi kabita bu. Kudu update lagi web saya juga. Udah lamaaa ditinggal 😅

    Saya bukan member grup dosen atau grup SMA, cuma pernah kuliah di kampus yang dulu bikin saya kenal ibu. jadi tenang, ga akan bocor kok #eh hihi

    Makasih inspirasinya..

    1. Haihai Esa…Iya, kita kan pernah sekamar di hotel apa yah, dalam rangka workshop menyusun laporan hibah. Semoga sehat selalu…

  2. wah, kalau mau gabung gimana tuh mba? salam kenal yaa

    1. Hallo salam kenal. Bisa banget gabung. Coba ke Instagram 1minggu 1cerita atau ke webnya 1minggu1cerita dot id.

Leave a Reply

Required fields are marked*