Sejarah Jasa Bersih-Bersih


content placement, lifestyle, review / Kamis, April 12th, 2018

 photo Ostia-Fullery-Drawing-bersihbersih.jpg

Jasa bersih-bersih alias jasa cleaning service saat ini merupakan salah satu jasa yang banyak ditemui, terutama di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Tapi sebenarnya bagaimana asal usul jasa kebersihan ini sehingga saat ini menjadi begitu populer? Yuk kita simak saja.

Bersih Diri dan Lingkungan

Jasa kebersihan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman mesir kuno. Di dalam catatan-catatan kuno sudah ditemukan bahwa raja-raja dan bangsawan Mesir di zaman dulu merupakan orang yang cinta kebersihan. Beruntungnya bagi mereka adalah mereka memiliki kekayaan yang amat banyak hingga mereka mampu ‘membeli’ budak untuk menjadi petugas kebersihan.

Hal yang menarik dari sini adalah bahwa mereka ternyata diketahui merupakan orang-orang yang cinta kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri mereka sendiri. Bahkan tingkat kecintaan mereka terhadap dunia kebersihan ini mencapai taraf obsesif kompulsif. Kalian yang belum mengetahuinya, boleh dibilang obsesif kompulsif merupakan salah satu gangguan kejiwaan yang menyebabkan penderitanya mencintai kesesuaian dan keteraturan! Nah dengan kata lain para bangsawan dan orang-orang kaya Mesir zaman dahulu merupakan orang-orang yang mencintai hal ini pula.

Dari Mesir kita bergerak ke daerah Iraq, atau dahulu populer disebut dengan Babilonia. Jika mendengar kota Babilonia, mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah masyarakatnya yang dahulu begitu bersahaja (tentunya hanya para bangsawan dan orang-orang kayanya saja), serta taman gantung! Nah tapi bukan itu yang akan dibahas di sini.

Penduduk Babilonia diketahui merupakan orang-orang yang paling pertama memahami bahayanya air kotor alias air yang terkontaminasi. Mereka sejak zaman dahulu kala sudah memahami bahwa air yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit di masyarakat. Oleh karena inilah kemudian jasa bersih-bersih yang semula tidak banyak memperhatikan soal air, mulai berubah di masa ini. Hingga pada akhirnya munculah istilah sanitasi. Maka dari itu boleh jadi Bangsa Mesir kuno maupun Bangsa Babilonia merupakan dua bangsa yang berjasa amat besar terhadap adanya jasa bersih-bersih saat ini.

Lalu bagaimana dengan bangsa-bangsa kuno lainnya? Baiklah, mari kita bahas Yunani kuno dan Romawi kuno. Pada dasarnya seluruh bangsa-bangsa kuno ini memiliki prinsip kebersihan yang sama. Para bangsawan dan orang-orang kayanya begitu mencintai kebersihan. Ditambah dengan jumlah kekayaan mereka yang di atas rata-rata sehingga mereka mampu membeli budak, dan akhirnya sama seperti bangsa Mesir kuno maupun Babilonia, mereka memiliki budak-budak khusus yang bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan mereka.

Mungkin yang berbeda dari bangsa Yunani kuno maupun Romawi kuno adalah konsep tentang apa saja yang harus dibersihkan. Jika di masa sebelumnya konsep kebersihan hanya berlaku pada tubuh dan lingkungan sekitar, maka kedua bangsa ini beranggapan bahwa bangunan-bangunan dan patung (bangsa Yunani) dan pemandian umum (Romawi) merupakan tempat-tempat yang harus dibersihkan secara berkala.

Bangsa Yunani beranggapan bahwa patung-patung peninggalan leluhur mereka yang sakral tersebut adalah benda yang wajib dibersihkan secara berkala demi menghormati leluhur mereka. Sementara bangsa Romawi berpendapat bahwa dengan pemandian umum yang baik, tentu saja kebersihan diri masyarakatnya akan terjaga. Nah konsep bangsa Romawi kuno inilah yang kemudian melahirkan sistem perairan. Bagaimana cara membuat sirkulasi air yang baik, bagaimana cara mengganti air-air kotor bekas pakai menjadi air bersih kembali, hingga sistem saluran air. Boleh jadi bangsa Romawi kuno memiliki andil besar dalam penemuan sistem saluran air modern yang saat ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Kebutuhan Jasa Bersih-bersih

Di masa kini tentu saja kebutuhan kebersihan tetap ada. Apalagi ditunjang dengan ilmu pengetahuan, bahwa kebersihan berkaitan dengan kesehatan. Tempat yang kotor dan lembab merupakan tempat bersarangnya nyamuk, penyebar virus demam berdarah dan demam dengue. Walaupun penemuan antiseptik dan segala larutan pembersih anti kuman tersedia di toko-toko, seringkali kita tak punya waktu untuk menggunakannya.

Oleh sebab itu tak heran bila dibutuhkan jasa untuk bersih-bersih di rumah, kos, apartemen, ruko, dan kantor. Dengan adanya jasa bersih-bersih ini membantu banget kala kita sibuk dengan kegiatan rutin sehari-hari. Apalagi banyak keluarga yang tidak memiliki ART (asisten rumah tangga), lebih-lebih lagi budak seperti halnya di zaman Yunani atau Romawi. Perusahaan jasa bersih-bersih bahkan dilengkapi dengan peralatan canggih yang mampu membersihkan debu dan tungau.

 

 photo cleaning-1909978_640.jpg

sumber

Jadi tunggu apalagi? Mudah kok mencari kontak perusahaan jasa bersih-bersih. Bisa melalui aplikasi android atau WhatsApp lho…

twittergoogle_pluspinteresttumblr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *