Pengalaman Mudahnya Mengatur Sendiri Liburan ke Labuan Bajo


blog competition, travelling / Selasa, Juni 19th, 2018

 photo labuanbajo.jpg

 

Saya tuh kalau mendengar kata Labuan Bajo, rasanya sebuah tempat nun di negeri antah berantah. Sering iri dengan teman-teman yang tetiba share foto di WhatsApp Group mereka sedang di pelabuhan Labuan Bajo. Enak bener bisa jalan-jalan ke sana.
Saya kapan?
Di mana sih itu? Sering lihat sih kalau berangkat ke kampus, spanduk sebuah biro perjalanan wisata, berbagai tujuan wisata. Apa saya menyempatkan mampir, terus tanya-tanya ya?
Rencana tinggal rencana, karena macet dan rusuh harus segera sampai ke kampus, belum pun sempat mampir. Pulang sudah sore, kantor biro perjalanan pasti sudah tutup.

Labuan Bajo

Konon katanya gantungkan cita-citamu setinggi langit. Nah, saya gantungkan cita-citaku sejauh Labuan Bajo. Karena saya tinggal di Bandung, Labuan Bajo itu jauhnya 1,693 km (setelah cek Google).
Tak kenal maka tak sayang, ya saya cek-cek dulu deh tentang Labuan Bajo yang terletak di ujung Barat pulau Flores. Siapa tahu saya ada rizkinya memang ke sana. Amin.

 

 photo peta.jpg

 

Ternyata menurut Wikipedia, kata Bajo itu dari Mbajo (sebutan oleh orang lokal), merupakan tempat berlabuhnya para pedagang dari Makassar (Bajo dan Bugis). Dulunya merupakan salah satu desa nelayan kecil, dari 9 desa yang ada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
Sekarang Labuan Bajo sudah menjadi ibukota Kabupaten Manggrai Barat, dan menjadi kota wisata cukup ramai, dan selanjutnya bisa beresklorasi ke obyek wisata di sekitarnya. Konon, Labuan Bajo mulai terkenal setelah ada turis mancanegara berwisata laut di perairan Flores, terutama snorkelling dan diving.

 

 photo COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Rede_van_Laboean-badjoe_met_Madoerees_handelsvaartuig_TMnr_10010358.jpg

Laboean Badjo, sumber: Wikipedia

Obyek Wisata di sekitar Labuan Bajo

Semakin penasaran, saya pun cek-cek obyek wisata yang ada di sekitar Labuan Bajo. Misalnya nih, saya benar-benar menyambangi Labuan Bajo, kan sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekalian puas-puasin wisatanya.

Menilik lokasinya, Labuan Bajo merupakan starting point untuk berwisata ke Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo merupakan taman yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Hal ini disebabkan satwa komodo merupakan satu-satunya spesies di bumi ini, sehingga harus dipelihara habitat dan keberlangsungan hidupnya.

Di Taman Nasional Komodo terdapat tiga pulau besar yaitu pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar. Masih ada beberapa pulau-pulau kecil lainnya yang merupakan bukit-bukit vulkanik dengan padang savana, dan terdapat karang gosong atau pulau yang terbentuk oleh terumbu karang. Satwa komodo bernama latin Varanus Komodensis, menurut data terdapat 1.288 ekor komodo di pulau Komodo, dan 1.336 ekor di pulau Rinca.

Tapi jangan khawatir, ternyata obyek wisata bukan hanya melulu mahluk reptilia ini. Karena posisi Taman Nasional Komodo berada di garis Wallace, yaitu pertemuan fauna dan flora dari benua Asia dan Australia. Maka berbagai flora dan fauna unik ada di perairan ini.

Cara Mudah Berlibur ke Labuan Bajo

Teman blogger, mudahnya liburan zaman sekarang, tuh, semua informasi bisa diperoleh darimana saja. Paling sering sih saya cek media sosial, Instagram dan Facebook. Nah, saya mendapat info dari #LiburanJadiMudah di website Vizitrip – Make Your Trip Easy!.

Di Vizitrip kita bisa memilih mau liburan ke mana saja. Mau luar negeri ada, dalam negeri apa lagi. Di dalam negeri, begitu luasnya Indonesia, mau yang jauh ada, bahkan yang dekat pun ada.
Serunya lagi, kita bisa memilih mau liburan yang sudah terjadwal, open trip, atau grup.

Saya pun cek-cek daerah tujuan wisata yang saya cita-citakan, LABUAN BAJO dan sekitarnya.

Begini langkah-langkah untuk berwisata bersama Vizitrip:

1. Registrasi
2. Pilih daerah tujuan wisata
3. Pilih jenis wisata dan lamanya wisata
4. Tentukan jadwal
5. Tentukan jumlah peserta
6. Daftar & transfer

  • pilih tujuan wisata

Step daftar Vizitrip, sumber: Vizitrip

 

Sudah beres menentukan paket wisata, sekarang berburu tiket dan akomodasi.
Vizitrip bisa juga membantu mencarikan tiket wisata dan akomodasi. Tapi feel free saja, mau via Vizitrip atau berburu sendiri.

Mudahnya zaman sekarang segalanya ada aplikasinya. Jadi bisa cek ketersediaan tiket moda transportasi dari mana saja. Untungnya lagi, sekarang ada tiket pesawat dari Bandung ke Labuan Bajo, transit di Den Pasar.

Mimpi Jadi Kenyataan ke Labuan Bajo

Teman blogger, bener banget Liburan Jadi Mudah berkat Trip Bareng Vizitrip. Mau tahu kan keseruan saya berwisata di Labuan Bajo.

1. Pulau Rinca

Pulau Rinca disebut juga Loh Buaya merupakan salah satu pulau habitat satwa komodo.
Untuk mencapai pulau Rinca, kami menaiki kapal yang disewa sesuai paket 3D2N. Kapal berangkat dari pelabuhan Labuan Bajo pagi hari supaya cukup waktu menjelajah di perairan Flores.
Kapal tidak merapat sampai ke pantai pulau Rinca, sehingga kami harus naik sekoci kapasitas 8 orang untuk sampai ke dermaga.
Di pulau Rinca, kita bisa memilih paket perjalanan menyusuri pulau (Walking Trail) secara keseluruhan yaitu Long Trek. Atau hanya perjalanan sekira 30 menit, yaitu Short Trek.
Hati-hati ya gaes!
Kalau kita ikut treking seperti ini harus patuh apa kata Ranger, atau petugas pengawas hutan. Setiap ranger akan mengawal 4 orang treker. Jalan dengan tertib di jalur yang sudah di sediakan, jangan berisik, dan jangan buang sampah sembarangan.
Bila kalian bejumpa dengan komodo yang sedang walking-walking. Keep calm deh!
Karena siang hari, mungkin panas, saya cukup puas berfoto ria dengan komodo yang sedang siesta.

 

 photo pulau rinca 1.jpg

Selamat Datang di Pulau Rinca, sumber: pribadi

 

 photo komodo-pulau rinca 1.jpg

Berfoto bersama komodo, sumber: pribadi

2. Pulau Padar

Teman blogger punya kan lembar uang kertas limapuluhribuan yang baru. Coba cek lembar di baliknya.
Nah, itu pulau Padar. Supaya bisa mendapatkan sudut sesuai yang ada di uang kertas, kita harus naik ke bukit. Hati-hati naik tangganya, karena sebelah kanan ada jurang.
Beruntungnya karena grup kami naik ke bukit pulau Padar selepas subuh, maka masih sempat melihat matahari terbit. Walaupun di negeri tropis tiap hari ada matahari, tetapi menanti detik-detik terbit, tuh, tetap stunning.
Benar-benar kita harus bersyukur, bisa menikmati kekuasaan Allah swt menciptakan bumi dengan segala isinya.

  • sunrise

Treking menanti sunrise di pulau Padar, sumber: pribadi

 

3. Pink Beach dan Manta Point

Pink Beach sesuai namanya merupakan salah satu pantai berwarna pink di pulau Komodo. Hal ini disebabkan pecahan batu koral yang ada di pesisir pantai sekitarnya. Lautnya jernih sehingga kita bisa snorkeling dan menikmati pemandangan ikan-ikan yang jinak berenang di sekitar kita.
Sedangkan Manta Point adalah gugus karang gosong berpasir pink muda hampir putih. Sama halnya di Pink Beach, warna pink di sini disebabkan oleh pecahan karang berwarna merah. Dinamakan Manta Point karena terdapat habitat ikan pari Manta di sini. Kalau beruntung bisa banget berenang bersama pari.
Sip kaaan…

  • pink beach

Bermain di pantai berpasir pink, sumber: pribadi

 

4. Pulau Kanawa

Dalam perjalanan kembali ke Labuan Bajo, kapal kami merapat ke pulau Kanawa untuk menikmati keindahan laut dan pantainya. Sama halnya ke pulau-pulau sebelumnya, kami menaiki sekoci supaya bisa turun ke darat. Lautnya luar biasa bening. Hanya saja di pantai Kanawa ketika snorkeling lebih berarus daripada ketika snorkeling di Pink Beach. Pakai selalu life jacketnya ya, temans. Kita tidak tahu arus bawah laut, tanpa sadar kita sudah jauh dari pantai.

  • pulau Kanawa

Yuk bermain bersama ikan, sumber: pribadi

 

 photo ke labuan bajo.jpg

Bersiap-siap kembali ke pelabuhan Labuan Bajo. C U next trip.
Sumber: pribadi

 

Nah, teman blogger, ini baru sebagian dari rangkaian perjalanan wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya.
Supaya lebih jelas lagi untuk mengatur perjalanan wisata kita, bisa chat dengan admin website Vizitrip. Dengan demikian wisata kita bisa efisien dan efektif.

Tips Berwisata di Pantai

Berwisata ke pantai tentunya beda dengan berwisata ke gunung. Untuk itu teman blogger perlu menyiapkan beberapa perlengkapan untuk wisata ke pantai.

  1. Bawa baju sesuai keperluan yang ringan dan menyerap keringat. Bila memakai celana panjang, hindari celana jeans atau yang berbahan tebal dan berat. Bila terkena air akan susah kering dan menambah berat.
  2. Bawa topi lebar dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik matahari.
  3. Pakai sunblock untuk melindungi kulit dari panas matahari yang menyengat.
  4. Banyak-banyak minum. Selalu sedia air minum di tas.
  5. Lindungi HP dan camera dari air laut. Sekarang tersedia sarung atau kantung HP khusus supaya tidak kena air. Kalau memiliki kamera bawah air bagus juga untuk memotret keanekaragaman ikan ketika snorkeling.
  6. Bawa dua pasang sepatu. Satu pasang untuk treking. Di pulau Padar harus berjalan kaki dan naik ke bukit, pakai sepatu kets atau sepatu khusus untuk treking.
    Satu pasang lagi sepatu bisa berupa sepatu sandal atau sepatu anti air (aqua shoes) untuk bermain di pantai. Pantai di pulau Kanawa pasirnya tajam sehingga kurang nyaman bila berjalan telanjang kaki.
  7. Apapun, safety first ya. Dan jangan membuang sampah sembarangan, jaga terus kebersihan lingkungan.

 

Nah, teman blogger, sudah cek-cek website Vizitrip?
Kali ini kalian memilih akan Trip Bareng Vizitrip ke mana?

 

Sumber:
https://www.vizitrip.com/Tour/Labuan-Bajo/3D2N-Open-Trip-Sailing-Komodo-With-Cabin-AC-Weekend
https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Komodo

twittergoogle_pluspinteresttumblr

12 Replies to “Pengalaman Mudahnya Mengatur Sendiri Liburan ke Labuan Bajo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *