Mengagumi Ragam Gaya Arsitektur Eropa Timur bersama Cheria Holiday


blog competition, travelling / Minggu, Juli 1st, 2018

 photo lokasi film1.jpg

Beberapa film berlokasi shooting di Old Town Square – Praha

 

Mendengar Eropa Timur itu seperti negeri dongeng nun jauh di batas cakrawala. Serasa sedang menonton film Mission: Impossible, sang jagoan Ethan Hunt, yang diperankan oleh Tom Cruise, melarikan diri di Old Town Square, di kota Praha – Republik Ceko. Atau menonton film Indonesia, Surat dari Praha, dengan pemerannya Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Rio Dewanto, dan lain-lain.

Kenapa ya, banyak film-film yang mengambil setting lokasinya di kota-kota di Eropa Timur? Selain Mission:Impossible (1996), masih ada: Hellboy (2004), Casino Royale (2006), The Illusionist (2006), Surat dari Praha (2016), dan lain-lain. Apakah karena arsitektur bangunannya yang unik, sehingga kota-kota di Eropa Timur tampak cantik diambil dari sudut manapun? Kalau menonton film yang setting lokasinya Eropa Timur pasti bikin baper dan menghayal, seandainya…

Penasaran saya coba browsing tempat-tempat wisata di Eropa Timur tersebut. Siapa tahu saya ada rizkinya betul-betul berwisata ke sana, bukan hanya melihat di film saja. Setelah browsing sayapun dengan mudah menemukan link website Cheria Travel.

Paket Tour Halal Eropa Timur bersama Cheria Holiday

Membaca paragraf pertama di laman Paket Tour Halal Eropa Timur saja sudah membuat tambah penasaran.

Merencanakan liburan keluarga ke Eropa Timur yang menjadi liburan impian keluarga ke berbagai destinasi menarik akan nilai sejarah dan seni arsitektur yang cukup unik untuk memikat para pelancong dunia yang berkunjung ke Eropa Timur tentunya dengan Paket Tour Eropa Timur 9 Hari 2018-2019 akan menghiasi liburan bersama keluarga tercinta.

Cocok banget ini dengan impian saya mengunjungi negara-negara yang mempunyai sejarah arsitektur bernilai tinggi. Apalagi saya yang berlatarbelakang teknik arsitektur mau banget kan kunjungan lapangan ke Eropa, jadi tidak melulu melihat dari buku atau internet.
Melihat itinerarynya, paket ke Eropa Timur itu mengunjungi 4 negara, Austria, Slovakia, Hungaria, dan Republik Ceko. Supaya saya tidak katrok-katrok amat, perlu dong cek destinasti wisata di masing-masing negara tersebut. Hal ini memang sudah sering saya lakukan bila akan melakukan wisata ke suatu tempat, pelajari terlebih dahulu dengan browsing melalui internet. Nanti di lokasi sesungguhnya saya bisa langsung mencocokkan deh.

Austria

Hari pertama, perjalanan dari Jakarta, tiba di kota Vienna, ibukota Austria.
Begitu tiba di Vienna, kita akan berkeliling kota mengunjungi beberapa obyek bangunan yang terkenal, yaitu State Opera House.
Menurut informasi, bangunan tersebut mulai dibangun tahun 1861 dan selesai tahun 1869, arsiteknya August Sicard von Sicardsburd dan Eduard van der Null. Bangunannya keren bergaya Neo Renaissance. Konon dalam setahun bisa ratusan tampilan opera, ballet, dan konser philharmonic diselenggarakan di sini.

Dari State Opera House, perjalanan dilanjutkan mengunjungi Hofburg Palace, istana musim dingin dari keluarga kerajaan Austria. Sekarang bentuk negara Austria merupakan republik, dan Hofburg Palace menjadi rumah tinggal presiden Austria.
Menurut sejarahnya awal pembangunan Hofburg Palace dimulai sekira abad 13, dan berfungsi sebagai istana hingga abad 17. Selanjutnya mengalami perluasan dan pengembangan fungsi sejak abad 18 hingga abad ke 20. Selain sebagai istana, juga sebagai kantor kepresidenan, museum, perpustakaan nasional, gereja, kapel, dan sekolah paduan suara.

  • Hofburg Palace, istana musim dingin

Vienna City Tour ke State Opera House & Hofburg Palace, sumber: Wikipedia

 

Di hari pertama ini kita tidak menginap di Vienna, tapi melanjutkan perjalanan ke kota Bratislava, ibukota Slovakia.

Slovakia

Slovakia adalah negara kecil, dengan populasi sekitar 5 juta penduduk. Batas negara di Utara – Polandia, di Barat – Republik Ceko, di Timur – Ukrania, dan di Selatan – Hungaria.
Menurut sejarah demografinya, Slovakia itu unik, karena berbagai bangsa sempat menguasai wilayah ini. Bahkan kesultanan Ottoman, Turki, Austria, dan Hungaria pun pernah menjadikan Bratislava sebagai pusat pendudukan. Pernah dengar negara namanya Cekoslovakia kan. Nah ya itu, dulunya mereka merupakan merupakan satu negara, lalu memisahkan diri menjadi Ceko dan Slovakia di tahun 1993.
Menarik kan…
Hanya bersama Cheria Halal Tour kita bisa wisata sambil belajar sejarah dan budaya.

Mendengar namanya, Bratislava, yang terbayang pasti bangunan kuno dan megah. Ternyata tidak jauh-jauh dari imajinasi juga. Menurut itinerary dalam satu hari akan melakukan city tour, dan mengunjungi Old Town Suare, katedral St. Martin, menara Old Town Square, stasiun utama, dan Slovak National Theatre. Dan tak kalah penting berfoto di Bratislava Castle.

  • Old Town Square & Tower

Bratislava City Tour, sumber: Cheria Holiday – Wikipedia

 

Sudah puas berwisata di ibukota Slovakia, mari lanjutkan perjalanan ke Hungaria.
Untuk jelasnya coba cek peta perjalanan di sini:

 

 photo peta_1.jpg

Peta negara dan rute perjalanan Paket Wisata Eropa Timur, sumber: Cheria Holiday

Hungaria

Sama halnya Bratislava di Slovakia, Budapest sebagai ibukota negara Hungaria juga mempunyai sejarah panjang. Konon nama Budapest berasal dari kata Buda dan Pest. Nama Buda pun simpang siur, ada artikel yang menuturkan bahwa Buda berasal dari bahasa Turki yang berarti ranting. Tetapi ada pula yang mengatakan berasal dari bahasa Slavia merujuk nama seseorang.

Menariknya kesultanan Ottoman bahkan pernah menguasi Budapest selama hampir 150 tahun, dan menjadikannya pusat pemerintahan untuk wilayah Eropa Tengah, antara tahun 1526 – 1686. Berarti pemerintahan Turki memiliki peranan di Hungaria. Saya pun menduga, kemungkinan ada jejak arsitektur Islam di wilayah ini.

Kegiatan city tour di kota Budapest selain berkeliling kota tentu saja mengunjungi berbagai obyek wisata, antara lain Fishermans Bastion, Mathias Church, melewati Hero Square, Parliament House, Sungai Danube yang terkenal. Kemudian dilanjutkan mengunjungi Citadel Hill dan Royal Palace. Jangan khawatir ternyata masih ada waktu untuk shopping sepanjang Vaci Utca Shopping Street.

  • Matthias Church

Budapest Citytour, sumber; Wikipedia

 

Sebagai musafir, sebetulnya kaum Muslimin tidak perlu khawatir dengan ibadah. Karena sudah ada rukunnya melaksanakan sholat lima waktu bisa di mana saja, bahkan dalam perjalanan. Tetapi ternyata yang menggembirakan, ada Islamic Center di Budapest.

Islamic Center – Budapest

Sungguh melegakan bila sedang berwisata ternyata menjumpai tembat ibadah yang memadai, sehingga kita bisa beribadah dengan khusu dan tanpa was-was.
Seperti telah saya singgung di atas bahwa Islam memiliki sejarah panjang di Hungaria, walaupun demikian penganutnya sempat tidak terlalu berkembang. Seiring waktu, karena ada undang-undang kebebasan beragama, Islam mulai berkembang dengan berdirinya organisasi Islam di sana.

Islamic Center Budapest atau Budapest Mosque merupakan masjid yang dibangun oleh komunitas Organisasi Muslim Hungaria (MME). Awalnya MME kesulitan membangun masjid baru, karena masalah perijinan. Sehingga mereka membeli bangunan yang sudah ada, semula adalah bangunan komersial, kemudian dialihfungsikan sebagai masjid.

 

 photo masjid-Budapest.jpg

Masjid Budapest, sumber: bujangmasjid

 

Salzburg – Hallstatt – Cesky Krumlov

Keesokan harinya perjalanan dilanjutkan ke Salzburg, sebuah kota di tepi Barat Austria. Di tahun 1996, Salzburg sendiri dinyatakan sebagai UNESCO World Heritage Site, sebuah kawasan yang dilindungi secara internasional.

Teman blogger pernah dengar kan lagu Twinkle, Twinkle Little Star, atau senada dengan lagu itu adalah A, B, D, E, F, G…dst…
Pencipta lagu tersebut adalah Wolfgang Amadeus Mozart, lahir 27 Januari 1756, seorang genius di bidang musik klasik, yang menciptakan lagu tersebut pada usia 4 tahun. Lagu aslinya berjudul Minuet  menjadi sangat terkenal ratusan tahun kemudian.

Kemudian pernah juga menonton film Sound of Music? Ternyata lokasi shootingnya di Mirabell Garden.

Di kota Salzburg ini kita selain mengunjungi House of Mozart (rumah masa kecil Mozart), juga mengunjungi Mirabell Garden, kemudian menuju kota Hallstatt untuk bermalam. Sebuah kota tua yang sangat indah di tepi danau Hallstatt.

Perjalanan masih berlanjut, menyambangi dahulu kota Cesky Krumlov. Dari namanya pasti sudah ketebak, kota ini memang terletak di negara Ceko. Menyempatkan mampir menyusuri Cesky Castle kemudian lanjut ke Praha, sebagai kota terakhir dari rangkaian wisata Eropa Timur.

  • di tepi danau Hallstatt

Berbagai obyek wisata dalam perjalanan ke kota Praha, sumber: Cheria Holiday

Republik Ceko

Nah, teman blogger, sampailah kita di kota idaman, PRAHA.
Begitu sampai menyempatkan half day tour terlebih dahulu, sambil membayangkan kembali rangkaian adegan film yang berlokasi di kota ini.

Praha atau Prague adalah ibukota Republik Ceko yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai  kota warisan budaya dunia (World Cultural and Natural Heritage) karena memiliki ratusan peninggalan sejarah yang meliputi monumen bangunan, jalan, dan alun-alun.

City tour kota Praha yang sangat indah adalah mengunjungi Hradcany Castle, istana yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun. Kemudian ke St. Vitus Cathedral, lalu Old Town Square yang tenar itu.
Tak apalah ya saya serasa jadi Julie Estelle kawe, jalan-jalan di Old Town Square mengamati bangunan-bangunan di sekelilingnya yang bergaya Medieval (abad pertengahan). Kalau baca sejarah arsitektur, daerah ini mulai dibangun kira-kira abad 9, dan Old Town dulunya dikelilingi parit dan benteng. Mulai tahun 1100-an ada pasar berlangsung setiap Sabtu di square ini (di Indonesia mirip dengan alun-alun).

Berbagai gaya arsitektur dipertahankan di kota Praha. Selain gaya Medieval, berderet bangunan gaya Rennaissance, gereja bergaya Gothic, bahkan rekonstruksi area rumah tinggal menjadi gaya Dekonstruksi pun ada. Rumah tinggal ini terkenal dengan nama The Dancing House, karya Vlado Milunic dan Frank O. Gehry.
Keren nih…

Old Town Square penuh dengan toko-toko souvenir dan cafe yang menjual makanan ringan khas kota Praha. Kemudian menuju Charles Bridge, merupakan jembatan paling romantis di Praha, dengan pemandangan di dua sisi kota. Charles Bridge merupakan ikon kota Praha, dibangun melintasi sungai Vltava pada tahun 1357 oleh King Charles V. Jembatan ini lah yang menghubungkan Old Town dengan sisi lain kota Praha.

Selanjutnya melihat Astronomical Clock, jam unik yang terkenal di seluruh dunia. Jam ini unik dibuat oleh ahli jam bernama Mikulas Kadan dan Jan Sindel tahun 1410. Sesuai namanya, selain menunjukkan waktu juga menunjukkan astronomi. Menurut informasi, jam ini sedang diperbaiki. Baru berfungsi kembali Oktober 2018.

  • Hradcany Castle yang berusia 1000 tahun

Praha City Tour, sumber: Cheria Holiday

 

Tak lupa namanya berwisata sekalian wisata belanja kan, ada butik yang menjual aneka produk merk terkenal di Parizska Street, kemudian dilanjutkan mengunjungi bukit Petrin, salah satu bukit tertinggi di kota Praha.

Nah, saya juga sempat browsing cenderamata khas Ceko, ternyata ada pernak-pernik berupa batu permata bernama garnet, kemudian kristal Bohemian bisa berupa pajangan, gelas, tempat lilin, dan lain-lain. Lalu ada mainan anak-anak terbuat dari kayu. Unik bukan? Jadi oleh-oleh kita bukan hanya gantungan kunci dan magnet lemari es.

Oleh-oleh sudah lengkap, siap-siap kembali ke Indonesia membawa kenangan tak terlupakan bersama Cheria Halal Holiday.

 

 

Souvenirs from Prague, sumber: theculturetrip.com

Nyaman dan Aman Berkat Wisata Halal

Wisata ke mana pun tentunya sebagai Muslim harus hati-hati dengan makanan di tempat wisata. Selain sehat dan bersih, tentunya harus yakin kehalalannya. Di negara-negara yang salah satu sumber devisanya berasal dari pariwisata, sudah banyak juga yang memperhatikan masalah ini. Oleh sebab itu Halal Tourisme juga mulai dicanangkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya non Muslim.

Seringkali karena ingin aman, kita kalau berwisata ke negara mayoritas non Muslim, makanan yang dibeli menunya dari hari ke hari Fish & Chips (ikan dan kentang goreng) atau sayur. Karena kita tidak yakin bila ingin memakan daging, baik sapi maupun ayam.

Tapi jangan khawatir, restoran-restoran bersertifikat halal bisa dengan mudah kita peroleh informasinya. Tentu saja dengan ikut paket wisata Cheria Halal Holiday, perjalanan kita menjadi nyaman dan aman.

Jingle Cheria Holiday, sumber: Cheria Holiday

Profil Cheria Halal Holiday

Informasi tentang perjalanan wisata sudah diperoleh, bahkan itinerary berikut lokasi-lokasi berarsitektur istimewa sudah pula dicek foto-fotonya. Begitu pula moda transportasi sudah jelas antara memakai Etihad Airways/ Turkish Airlines/ Qatar Airways dan akomodasinya pun di hotel bintang 3 dari Accord Groups atau setaraf.
Dilengkapi pula informasi tentang Halal Tourisme, supaya mudah beribadah walaupun berwisata dan tersedianya makanan halal.

Siap nih saya akan mengatur jadwal dan mengumpulkan dananya. Selain itu yang tak kalah penting adalah kredibilitas penyelenggaranya, dalam hal ini ya Cheria Halal Holiday. Walaupun saya tak ragu lagi dengan kredibilitas perusahaan ini, tak ada salahnya saya berbagi informasi tentang company profilenya.

Cheria Halal Holiday berdiri sejak tahun 2012, didirikan oleh bapak Cheriatna, dimotori oleh para profesional di bidang industri pariwisata dan marketing. Tentu saja perusahaan yang dikategorikan sebagai biro resmi perjalanan wisata halal berlisensi di Indonesia ini telah mengantungi  BPW SIUP : 2365/2012. Selain itu Cheria Halal Holiday juga merupakan penyelenggara Umroh berdasarkan SK. Departemen Agama RI No. D/355  Umrah Depag RI D/816-2012.

Secara internasional Cheria Holiday juga anggota aktif IATA dan ASITA.
Kantor resminya beralamat di Jl.Kapten Tendean No. 82 Mampang Prapatan Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12790, Indonesia Tel. 021-7900-216/ 7900-201 Fax. 021- 7918-2408, kantor buka hari Senin-Sabtu pukul 8-17.

Ada 3 fokus besar penyelenggaraan jasa Cheria Halal Holiday sebagai lembaga perjalanan wisata keluarga, yaitu:

  1. Pengalaman, Cheria Halal Holiday memiliki pengalaman dan reputasi sempurna bagi pelayanan personal maupun grup.
  2. Pelayanan, Cheria Halal Holiday berorientasi pada kepuasan pelanggan. Quotenya adalah bangga mempersembahkan jaminan atas “kepuasan pelanggan”.
  3. Nilai, Cheria Halal Holiday memiliki rumusan dasar “mengerti bagaimana”. Sehingga kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah nomor satu.

Keunggulan Cheria Halal Holiday

Kita perlu tahu juga keunggulan Cheria Halal Holiday supaya pilihan kita semakin mantap.

  1. Cheria telah menjadi leader dalam industri tour halal di Indonesia dan Menjadi tempat belajar untuk travel agent lainnya dengan aktif memberikan training untuk mempopulerkan wisata halal di Indonesia
  2. Memiliki produk tour halal terlengkap baik domestik maupun internasional
  3. Memiliki web dengan 5 juta lebih pageview dengan page view 3000 per hari menjadikan tour halal yang populer dikalangan netizen.
  4. Pertama dan satu-satunya yang memiliki aplikasi tour halal berbasis web dan aplikasi mobile phone.

Kepedulian bahwa informasi melalui internet amat penting bisa dilihat langsung di halaman pertama website Cheria Halal Holiday. Berbagai paket wisata lengkap bisa dicek, bahkan paket-paketnya bisa didownload, ada 39 paket wisata domestik, dan 18 paket wisata luar negeri. Kita pun bisa chatt dengan admin website atau kontak langsung melalui WhatsApp yang langsung pop up di laman pertama.

Jangan lupa follow berbagai media sosial yang dimiliki oleh Cheria Halal Holiday. Ada Fanpage di Cheria Halal Travel dan Cheria Media Digital, Instagram di @CheriaHoliday, Twitter di @cheria_wisata, Google+ di Cheria Holiday, bahkan subscribe channel Youtube di Cheria Holiday.
KEREN abis…

Tidak cukup hanya itu, ternyata Cheria Halal Holiday  memperoleh peringkat 3 terbaik di 2 kategori sebagai :

  1. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik
  2. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik

Dalam ajang kompetisi pariwisata halal nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata.

 photo cheria holiday company1.jpg

Company profile dan prestasi Cheria Halal Holiday, sumber Cheria Holiday

 

Paket Wisata Lain dan Tips Perjalanan

Teman-teman blogger, mumpung sudah sampai Eropa, boleh juga melanjutkan perjalanan ke tempat lain. Ada juga paket Tour Halal Eropa Barat. Adapun tournya dilaksanakan selama 10 hari , kita akan mengunjungi tempat wisata di Eropa Barat seperti Milan, Mt. Titilis, Lucerne, Zurich, Frankfurt, Amsterdam, Brusseles, dan Paris. 

Kali ini tempat-tempat yang dikunjungi tentu saja lebih banyak. Selain mengagumi arsitektur dan kotanya sekaligus juga wisata pegunungan, wisata religi dan kuliner.

 

 

Paket Wisata Eropa Barat dan berbagai kota tujuan, sumber: Cheria Holiday

TIPS

Teman-teman blogger bila kita berwisata ke Eropa, baik ke Eropa Timur maupun Eropa Barat, berikut beberapa tips yang bisa kalian catat:

  1. On Time. Wisata mengunjungi kota-kota dan banyak obyek wisata dalam sekali jalan dinamakan Hop-On Hop-Off, artinya kita hanya singgah sebentar di tiap-tiap obyek wisata sesuai itinerary. Oleh sebab itu perhatikan kesepakatan waktu yang telah ditentukan oleh tour guide. Jangan keasyikan belanja lalu ngaret sehingga membuat jengkel peserta lain.
  2. Kostum yang tepat. Jangan saltum ya. Di Eropa itu walaupun musim panas, anginnya sering dingin. Apalagi musim dingin. Jadi siapkan mantel, baju dalam khusus untuk musim dingin, sepatu boot, sarung tangan, syal, dan topi. Untuk memudahkan usahakan gaya pakaian kita mix and match saja, supaya tidak membawa jumlah baju yang terlalu banyak.
  3. Perlindungan. Perlindungan selain kostum, pakai juga kosmetik atau perawatan tubuh yang tepat. Di Eropa kita tidak berkeringat, tapi tentu saja bukannya tidak perlu mandi. Saya pribadi lebih baik mandi menjelang tidur malam sehabis bepergian seharian. Pakai sabun yang lembut tidak mengandung banyak busa, supaya kulit tidak kering. Biasanya pagi hari harus buru-buru sarapan lalu berangkat, jadi tidak sempat mandi, cukup berwudu untuk sholat Shubuh. Selalu sedia pelembab kulit dan bibir agar tidak kering. Selain perlindungan dari luar, perlu juga perlindungan dari dalam. Banyak makan buah dan sedia vitamin supaya badan tetap sehat. 
  4. Sedia penyedap rasa. Kuliner di Eropa untuk lidah kita, orang Indonesia sering terasa kurang bumbu. Ada baiknya membawa abon, rendang suwir, atau sambal sachet, untuk menambah rasa makanan.
  5. Ukuran koper. Wisata Hop-On Hop-Off seringkali kita harus pindah hotel tiap hari, oleh sebab itu pengaturan isi koper harus ringkas. Jangan membawa koper terlalu besar dan berat yang berkibat kita tidak bisa membawa sendiri. Di Eropa apa-apa harus dibawa atau dikerjakan sendiri.
  6. Mata uang Euro. Bawa mata uang Euro sejak dari Indonesia. Bila memakai kartu kredit perhitungkan selisih kurs nanti ditagihan bulan depannya.

Oke, sip.

Sudah dicatat? Sekarang siap mendaftar untuk ikut paket wisata bersama keluarga sesuai pilihan.

Untuk jadwal Paket Wisata Halal Eropa Timur ada pilihan:

27 Juli 2018
11 Agustus 2018
19 Oktober 2018
16 November 2018

Supaya agak santai menyiapkan visa Schengen dan perbekalan, masih bisa nih ikut wisata di bulan Oktober atau November. Sekalian merasakan sejuknya musim gugur di Eropa.

Siap?

 

Testimoni Tour Eropa, sumber Cheria Holiday

 

Nah, teman-teman blogger, sudah cukup lengkap belum informasi dari saya?

 

Boleh juga teman-teman ikuti Lomba Menulis Artikel Kreatif Wisata Halal Eropa

 photo 3bc11bf1-ed3e-42c1-a6df-547d09e116c5.jpg

 

Sumber:

http://bujangmasjid.blogspot.com/2017/07/masjid-budapest-hungaria.html
https://www.cheria-travel.com/2017/06/paket-tour-eropa-timur.html
https://www.cheria-travel.com/2015/01/praha-kota-indah-dari-negeri-dongeng.html
https://www.cheria-travel.com/p/download.htm
https://drive.google.com/file/d/0B4mhV34EJJ0VTHpVbldPczQxTm16Z0VuLU1oSlhEZnZVcGFF/view?usp=sharing
https://drive.google.com/drive/folders/19E__UjMPf6y6i6umJFsnyApXc87WR93V
https://theculturetrip.com/europe/czech-republic/articles/10-traditional-souvenirs-to-buy-in-prague/

twittergoogle_pluspinteresttumblr

6 Replies to “Mengagumi Ragam Gaya Arsitektur Eropa Timur bersama Cheria Holiday”

  1. Selalu terkesima dengan negara – negara di Eropa. Semoga suatu hari bisa kesana bareng Cheria hihi aamiin.
    Btw aku lagi sering baca tentang Slovakia, beneran menarik buat dikunjungi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *