14/09/2020
pantai

10 Karakter dan Keindahan Pantai-pantai di Sumba

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dikelilingi oleh laut, Selat Sumba di utara pulau, Laut Sawu di bagian timur, dan Samudra Hindia di sebelah selatan dan barat. Pulau yang dikelilingi laut dan samudra ini menciptakan karakter dan keindahan pantai-pantai di Sumba yang tidak ada di tempat lain. Ada yang merupakan pantai karang terjal, pantai landai berpasir putih, gabungan antara pantai pasir dan karang, serta pantai berhutan cemara. Ombaknya pun berbeda, ada yang hanya berupa deburan kecil, ada pula yang berombak besar sehingga sesuai untuk surfing. Titik tertinggi pulau Sumba terletak di Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. 

Waktu saya dan teman-teman ke pulau Sumba beberapa waktu yang lalu sempat menyambangi beberapa pantai yang ada di pulau Sumba. Berikut 10 karakter dan keindahan pantai-pantai di Sumba.

pantai sumba
10 pantai-pantai Sumba

1 – Pantai Mananga Aba (Pantai Kita)

Pantai Mananga Aba terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, sekitar 10 km arah timur Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pantai ini berpasir putih dan deburan ombak kecil menyebar di antara lumut karang yang berserak di pantai.

Pantai Mananga Aba (swipe ke kiri)
keindahan pantai-pantai di sumba
pantai Kita

2 – Pantai Mandorak

Pantai Mandorak adalah sebuah pantai yang indah terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan berkilau seperti Mutiara dan air lautnya berwarna biru cerah. Keunikan pantai ini, air lautnya menerjang semacam celah karang yang menimbulkan deburan ombak kuat.

Tak jauh dari pantai Mandorak ada sebuah rumah mirip saung yang bisa dipakai untuk istirahat siang sambil menikmati deburan ombak. Sesekali dari celah batuan karang kalau deburan ombak kuat, ada air keluar dari celah batu. Hanya saja kadang kecil kadang tinggi semburannya.

Pantai Mandorak (swipe ke kiri)

3 – Pantai Watu Maladong

Terletak di Kahale, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Waktu kami ke Pantai Watu Maladong, laut sedang pasang, dan ombak berdebur kuat. Oleh sebab itu kami tidak turun ke pantai tetapi melihat pesisir sejauh mata memancang dari atas. Karakter pantai Sumba Barat Daya mirip pantai di Jawa Barat Selatan yang mengarah ke Samudra Hindia, yaitu berkarang terjal dan deburan ombak kencang.

Pantai Watu Maladong (swipe ke kiri)

4 – Pantai Ratenggaro

Pantai terletak di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur ini tak jauh dari Desa Adat Ratenggaro. Muara sungai, pasir putih dan beberapa kubur batu di tepi pantai menambah keunikan pantai ini

Pantai Ratenggaro
pantai ratenggaro
pantai ratenggaro

5 – Pantai Puru Kambera

Keistimewaan pantai Puru Kambera adalah tak jauh dari padang savana Puru Kambera, hanya berjarak 25 km dari kota Waingapu. Keunikan pantai ini selain berpasir putih dan lautnya bening kebiruan, terdapat deretan pohon cemara laut berjajar sepanjang pantai. Terletak di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, pantai ini menghadap ke laut Sawu yang ombaknya tak terlalu besar.

Pantai Puru Kambera (swipe ke kiri)
pantai puru kambera
pantai puru kambera

6 – Pantai Walakiri

Terletak di Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan kala matahari menjelang terbenam. Keindahan pantai Walakiri karena adanya pohon-pohon bakau raksasa yang membentuk siluet dikala senja. Sayangnya dereten pohon bakau ini makin lama makin sedikit karena ulah manusia yang menyebabkan beberapa pohon patah dan mati.

Pantai ini tak jauh dari perkampungan, sehingga wisatawan bisa menikmati senja di antara pohon kelapa sambil menikmati kelapa muda dan menyantap ikan bakar.

pantai sumba
sunset @walakiri beach

Itulah pantai-pantai yang sempat saya kunjungi ketika berwisata ke Sumba. Sedangkan daftar berikut adalah pantai-pantai lain, yang menjadi wishing list kalau saya berkunjung kembali ke Sumba.

Baca juga: Beningnya Danau Weekuri, Laguna Unik di Pulau Sumba

7 – Pantai Pero

Terletak di desa Pero Batang, kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, tak jauh dari kampng adat Ratenggaro. Karakteristik khas pantai ini adalah bebatuan karang tersebar di sekitar pantai dan adanya fenomena water blow. Yaitu kala ombak besar terjadilah semburan air laut menjulang ke atas yang muncul dari lubang-lubang di antara karang.

pantai sumba
Pantai Pero (sumber foto: Ardi Kemara Pradipta)

8 – Pantai Watu Bella

Pantai ini terletak di Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai Watubela bisa ditempuh lewat jalan darat sekitar satu jam 45 menit dari Bandar Udara Tambolaka, Sumba Barat Daya atau sekitar satu jam dari Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat. Pantai Watubela terletak beberapa meter di bawah tebing. Ada tangga alami untuk mencapai rangkaian bebatuan cantik sebelum turun ke pantai berpasir putih. Susunan bebatuan besar dengan guratan-guratan berwarna semu coklat tersebut membentuk ceruk yang bisa dijelajahi.

pantai sumba
Pantai Watu Bella (sumber: merahputihdotcom)

9 – Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu berada di posisi ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Tak hanya itu saja, Pantai Nihiwatu berhasil melangkahi keindahan Pantai Hanalei Bay di Hawaii yang berada di peringkat 27. Pantai Nihiwatu terletak di Sumba Barat, 30 kilometer dari kota Waikabubak, menjadi salah satu surga bagi para surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai di sini. Di Nihiwatu terdapat resort Nihi Sumba, resort eksklusif yang merupakan favorit turis mancanegara.

keindahan pantai-pantai di sumba
Pantai Nihiwatu (sumber: goodnewsfrom indonesia)

10 – Pantai Marosi

Pantai Marosi terletak di Kecamatan Lamboya, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini agak unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Batu karangnya besar, menjorok ke laut. Ditambah bebatuan yang seakan tersangkut di tengah pasir.

keindahan pantai-pantai di sumba
Pantai Marosi (sumber: komodotrips)

Nah, teman-teman itulah pantai-pantai di pulau Sumba yang setiap pantainya mempunyai karakter dan keindahan yang berbeda satu sama lain. Suatu saat saya masih ingin menyambangi lagi pantai-pantai di Sumba tersebut.

Mampir juga ke sini, kisah jalan-jalan saya ke Sumba lainnya: Rindu Sumba? Pergilah Ke Sana Selagi Muda!

Sumber:

http://ardikemarapradipta.com/

https://www.goodnewsfromindonesia.id/

https://merahputih.com/

Bandung, 8 Desember 2019

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

18 thoughts on “10 Karakter dan Keindahan Pantai-pantai di Sumba

  1. Waktu aku honeymoon ke Sumba ngunjungin hampir semua pantai-pantainya, dan sepiii banget. Hanya aku sendiri pengunjungnya. Yang paling favorit tentu Walakiri, apalagi waktu sunset.

  2. Masya Allah pantai nya cakep-cakep ya kak, dibandingkan gunung aku lebih suka wisata ke pantai. Lihat sunset sama sunrise, duh udah lama euy nggak ke pantai

  3. Kesel ih denger kabar banyak pohon bakau di Walakiri yang mati, padahal ini daya tarik utama pas sunset

    Trus soal Nihiwatu, resortnya kira-kira mahal nggak, ya? Ahahaha *pertanyaan nggak penting*

    Nama-namanya susah diingat ya. Masih lebih gampang nama-nama pantai di Pulau Timor 😂

  4. Pasir di Pantai Mananga Aba itu unik ya, mbak. Sekilas seperti tanah liat atau gamping. Duh, semoga pohon-pohon bakau di Pantai Walakiri jangan lagi berkurang. Ini kan pantai ikonik di Sumba 🙁

    1. Iya. Sempat dicurhati oleh org Sumba. Mrk antara senang dan sedih, Sumba jadi obyek wisata. Senang, PAD naik. Sedih, ya gitu, rusak obyek wisatanya.

  5. Itu foto yang paling atas juga dari pantai Walakiri? Padahal pohonnya bagus dan unik. Semoga jangan sampai terus berkurang. Penyebabnya karena ditebangi atau ulah wisatawan yang coba naik ke pohon-pohon tersebut?

    1. Iya foto feature image itu pantai Walakiri waktu blm sunset. Kata warga asli, dinaikkin, digantungi tas dll, oleh turis yg foto itu. Trus patah dahannya. Lhah mati…

  6. Wahh ngeliat Pantai Ratenggaro jadi ingat perjalanan kami beberapa tahun dulu pergi berlibur ke Kampung Adat Ratenggaro yang berada tak jauh dari pantainya. Jadi kangen pengen balik lagi kesana.

  7. Well kalau daerah timur mah pantainya sudah gk perlu diragukan ya kak keindahannya. Mungkin pantai Walakiri yang bakalan pertama aku kunjungi ketika ke Sumba

    PS
    Peluk dari jauh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *