5 Tips Exercise di Pesawat Terbang

exercise di pesawat terbang

jejak penerbangan Jakarta-Amsterdam

Dalam perjalanan yang lama dan panjang, adakalanya kita harus melakukan exercise agar rileks setelah duduk selama berjam-jam.
Moda transportasi darat, misalnya bus atau mobil travel, paling lama supir mengemudikan selama 3 jam non stop. Setelah itu, harus istirahat, karena ketahan fisik seseorang terbatas dalam mengemudikan mobil.
Pada saat istirahat, penumpang tentu saja bisa turun dan melemaskan otot-otot dengan melakukan gerakan ringan.
Begitu pula bila naik kereta api, perjalanan Bandung-Malang, selama 17 jam, penumpang bisa kapan saja exercise di koridor. Berjalan saja mondar-mandir ke toilet kereta, atau dari ujung kereta terdepan ke ujung belakang kereta terakhir, balik lagi, tak masalah.
Tempat dudukpun lebih leluasa, sehingga badan tidak menjadi kaku.
Bagaimana bila di dalam pesawat?

Penerbangan ke Eropa, rata-rata berlangsung selama 11 hingga 16 jam. Apalagi bila terbang ke Amerika, berlangsung selama kurang-lebih 23 jam.
Apa yang kita lakukan di dalam pesawat dengan jarak kursi amat sempit?
Beruntung yang duduk di area bisnis, eksekutif atau first class.
Biasanya kan kita warga biasa, paling-paling kelas ekonomi bukan?
Untuk ke toilet saja harus punten-punten ke penumpang di sebelah. Jarak dari kursi ke toilet pun dekat.
Oleh sebab itu ada baiknya kita melakukan gerakan sederhana supaya badan tidak kaku dan pegal dan bermanfaat melancarkan peredaran darah.

Berikut beberapa contoh exercise yang dapat dilakukan sambil duduk di dalam pesawat:

1. Kaki

Ecersice ke-1, angkat jari-jari kaki, renggangkan. Tahan telapak kaki ke atas. Turunkan telapak kaki. Angkat tumit, tahan.
Turunkan tumit.
exercise di pesawat terbang

2. Pergelangan Kaki

Exercise ke-2, angkat telapak kaki, lalu buat gerakan melingkar dengan jari kaki, selama 15 kali. Ulangi masing-masing kaki dengan putaran sebaliknya.

exercise di pesawat terbang

3. Lutut

Exercise ke-3 bermanfaat untuk melemaskan lutut. Angkat betis, lekukan lutut, dan kencangkan otot paha. Lakukan 20 kali untuk masing2 betis.

exercise di pesawat terbang

4. Leher

Exercise ke-4, bermanfaat untuk leher yang kaku. Lemaskan pundak. Miringkan telinga ke arah pundak, dan secara perlahan lakukan gerakan memutar ke belakang lalu ke depan. Lakukan juga berlawanan arah.

exercise di pesawat terbang

5. Pundak

Exercise ke-5, bermanfaat melemaskan pundak yang kaku. Secara perlahan bungkukan pundak depan, angkat, lalu putar ke belakang, dan turunkan perlahan.

exercise di pesawat terbang

Nah, teman-teman, demikianlah exercise di atas yang bermanfaat untuk melemaskan otot-otot dan mengurangi bengkak di kaki akibat duduk terlalu lama. Selain itu juga membantu melancarkan peredaran darah.

Jangan lupa banyak minum ya. Have a safe flight!

Sumber: Garuda Indonesia

signature haniwidiatmoko

6 pemikiran pada “5 Tips Exercise di Pesawat Terbang”

  1. Aku pengalaman naik pesawat cuma sekali-kalinya mb waktu ke manado, dan memang pegel sih dipesawat. Tp gak kepikiran buat ritual dlu biat otot pd lemes.
    Lain kali kalo ada rezeki naik pesawat lagi harus dicoba nih tipsnya

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com