Dengan Menyebut Nama Allah


review / Minggu, Agustus 20th, 2017

 

Sebuah buku warna hijau lembut saya peroleh berkat barter buku ke sesama penulis bernama Dibatezal.
Nama pena dari Diba Tesi Zalziyati.
Melalui sinopsis buku ini, tertulis bahwa latarbelakang penulisan buku tersebut karena setiap memulai sesuatu, penulis selalu mengucapkan nama Allah.

Bismillahirohmanirohim yang memiliki arti ‘Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’. Sering juga umat Muslim hanya menyebutkan Bismillah saja, yang berarti Dengan Menyebut Nama Allah.

Buku Dengan Menyebut Nama Allah merupakan kumpulan cerita, sebanyak 5 cerita kejadian sehari-hari yang tentang manusia yang mengalami perubahan dalam kehidupannya. Baik perubahan yang mereka alami secara tidak terduga ataupun perubahan yang diputuskan oleh masing-masing individu.

Uniknya walapun buku ini, merupakan kumpulan cerita pendek terkesan ringan, ternyata telah dianalisis dalam sebuah thesis pada program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Bengkulu.
Judul tesisnya adalah STRUKTUR INTRINSIK DAN NILAI PENDIDIKAN PADA KUMPULAN CERPEN “DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH” KARYA DIBATEZAL, oleh Johirman, Chandra Wardana Dian dan Suhartono di tahun 2014.

Adapun judul-judul ceritanya sebagai berikut:

Beneath the Shadow

Kisah ini menceritakan tentang Inka, ibu seorang anak bernama Ryan. Pertemuan dengan sahabatnya Maya, membawanya bertemu kembali dengan mantan pacarnya bernama Yusuf. Saya sempat terkecoh dengan alur cerita yang ringan dan mengalir, dan mengira Inka bermain api dengan Yusuf. Ternyata ada kisah tak terduga di baliknya, yang membuat saya tak berhenti membaca sampai selesai.

Brownies

Kisah tentang Nabilla ini ditulis ketika penulisnya masih berusia 27 tahun. Mengangkat tentang makna ikhlas, dan balasan kedamaian hati bagi seseorang yang telah berbuat ikhlas.

Inti Hati

Kisah yang sebetulnya merupakan cerpen terlama yang ditulis oleh penulis. Menceritakan tentang cinta yang memiliki energi luar biasa, dan bisa tak tentu arahnya. Satu-satunya yang bisa mengarahkan hanyalah iman. Begitulah yang dialami Prita dan Malik, yang sempat terombang-ambing cinta masa lalu mereka.

Diaries

Sebuah cerita pendek yang cukup panjang, diawali tahun 2009 dan diselesaikan penulisnya di tahun 2012. Sesuai dengan judulnya, cerita pendek ini sebetulnya memang sebuah diary.

Deja Vu

Sebuah kisah menarik tentang pengalaman dan perasaan yang menguras air mata. Ada nilai pendidikan yang terkandung adalah kita tidak boleh percaya pada mimpi. Karena hidup kita hanya Allah yang menentukan. Apapun yang terjadi semua hanya kehendak Allah bukan karena mimpi semata.

Nama buku: Dengan Menyebut Nama Allah
Penulis: Dibatezal
Penerbit: Najmu Books Publishing
Ukuran buku:
Tahun terbit: 2012
Harga: Rp 26.400,-

twittergoogle_pluspinteresttumblr
Facebooktwittergoogle_pluspinterestyoutubetumblrinstagrammail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *