[ReviewBuku] Jangan Jadi Muslimah Dekil


buku / Jumat, Agustus 25th, 2017

Buku Jangan Jadi Muslimah Dekil saya peroleh dari hasil barter buku tulisan saya dengan seorang penulis muda, Rina Maruti. Buku bersampul warna pastel dengan model ceria dan tataletak khas desain dari penerbit major. Quanta, imprint Elex Media Komputindo, menerbitkan buku Motivasi Islami ini, yang berisi tip perawatan mudah dari ujung rambut hingga kaki.

Sebagai perempuan identik dengan kebiasaan berdandan. Setidak biasanya pun seorang perempuan untuk berdandan, pastilah ada terbersit keinginan untuk mematut dan berusaha agar tampil rapi dan menarik.
Untuk siapa? Menurut saya tidak selalu perempuan itu berdandan hanya untuk dilihat lawan jenis yang bisa menimbulkan prasangka kurang baik. Kalau saya, sih, senang melihat diri saya sendiri tampil rapi dan cantik. Untuk itu perlu perawatan yang harus dilakukan sejak muda, agar diperoleh hasilnya bertahun kemudian. Bahwa suami kemudian suka melihat istrinya terawat itu adalah bonus.

Buku Jangan Jadi Muslimah Dekil pas banget untuk perempuan, tidak terbatas Muslimah, panduan berdandan yang patut tanpa mengarah ke genit dan berlebihan.

Nama buku: Jangan Jadi Muslimah Dekil
Penulis: Rina Maruti

Penerbit: Quanta imprint Elex Media Komputindo
Ukuran buku: 14 X 21
Jumlah halaman: 144 halaman
Terbit: April 2017
Harga: Rp 41.800,-

Allah itu Indah dan Mencintai Keindahan

Bab ini menjelaskan bahwa kecantikan jasmani dan rohani itu satu paket.ย Selama ini Muslimah seolah hanya diminta cukup bersih saja, tidak perlu dandan. Padahal merawat adalah bagian dari upaya kita menghargai Allah swt. yang telah memberikan jasad kita.

Tabarruj

Bab ini mengutip kajian dari beberapa buku tentang Fiqih Wanita, untuk menjawab keragu-raguan tentang boleh tidaknya perempuan berdandan. Uniknya, tulisan ini juga diperkuat dengan hasil data angket yang disebar ke pria dari mulai tingkatan mahasiswa hingga usia 60-an.

Muslimah Juga Perlu Dandan

Bab ini menekankan bahwa muslimah juga perlu dandan dikaitkan dengan profesi di luar rumah atau bahkan hanya sebagai ibu rumah tangga. Muslimah yang menjadi guru, silahkan berdandan yang patut asal tidak berlebihan. Mempunyai guru yang cantik dan menarik tentunya akan membuat murid-murid bersemangat. Berobat ke dokter perempuan yang rapi, bersih dan mempunyai kulit terawat, membuat pasien semangat untuk sembuh, bukan.

Dekil is Not Good Looking

Dekil yang terbayang adalah pakaian lusuh dengan warna memudar, kusam, begitu pula pemakainya. Pastikan sebagai Muslimah tidak berpenampilan seperti itu.

Padu Padan Busana

Adab berbusana yang pantas merupakan bagian dari upaya kita agar tidak tampak dekil. Untuk itu kita harus tahu busana yang tepat sesuai kondisi. Banyak acara yang juga mencantumkan dress code dalam pilihan busananya. Oleh sebab itu tip padu padan busana sangat diperlukan untuk panduan Muslimah sehari-hari.

Perawatan Jilbab

Bab ini membahas tentang perawatan berbagai bentuk pilihan jilbab yang sekarang sedang tren. Dari mulai jilbab paris, pashmina, bergo, hinga jilbab syari.

Jangan Mau Terlihat Dekil

Supaya tidak terlihat dekil ya dirawat. Bab ini membahas tentang perawatan rambut, terutama perawatan rutin bahkan dari bahan-bahan tradisional yang kita miliki di rumah.

Perawatan Wajah

Wajah adalah pintu utama orang lain melihat diri kita. Bab ini membahas tentang pentingnya merawat wajah agar kulit tidak kusam dan kasar.

Mengenal Jenis Kulit

Kulit wajah merupakan salah satu aset berharga untuk setiap manusia, baik pria maupun wanita. Bab ini membahas berbagai jenis kulit dan cara perawatannya. Disertai pula dengan berbagai ramuan masker yang bisa dibuat sendiri.

Wajah Sehat dan Segar

Bab ini membahas tentang perlindungan sehari-hari untuk kulit wajah jika akan bepergian.

Perawatan Badan

Pernahkan teman dalam ruangan tertutup atau bersebelahan dengan seseorang yang memiliki bau badan tak sedap? Tidak lucu banget kan, kalau orang tersebut ternyata tidak sadar bahwa orang-orang sekitarnya hampir pingsan. Bab ini mengulas tentang perawatan tubuh dari luar dan dalam agar tidak mengeluarkan aroma tak sedap.

Perawatan Pranikah

Semua pengantin pada hari H tentu ingin terlihat manglingi (sangat berbeda dari penampilan biasanya), karena akan menjadi ratu dan raja sehari. Untuk menunjang penampilannya tersebut seringkali didahului dengan ritual perawatan dan asupan makanan yang baik dan bergizi.

Perawatan Pasca Melahirkan

Bab ini membahas perlunya aktivitas me time sebagai salah satu trik agar ibu muda tidak terlalu berat terkena baby blues syndrome.

Berbagai Perawatan Wajah dan Tubuh Kekinian

Bab ini membahas berbagai cara merawat wajah kekinian, salah satunya dengan metode setrika wajah, Galvanic Spa.

Hidup Sehat dan Seimbang

Cantik secara lahir dan batin tentu impian semua wanita. Orang yang tidak cantik tetapi sehat akan selalu terlihat segar. Bab ini membahas beberapa pola hdup sehat yang bisa dilakukan oleh pembaca.

Inner Beauty is Primary

Perawatan jasmaniah yang kita lakukan secara total dan rutin tak akan ada artinya jika perawatan rohaniah tidak kita lakukan. Disinilah pentingnya inner beauty bagi seorang Muslimah. Bab terkakhir ini mengungkapkan berbagai tip agar inner beauty kita memancar keluar.

Selamat Membaca!

twittergoogle_pluspinteresttumblr
Facebooktwittergoogle_pluspinterestyoutubetumblrinstagrammail

10 Replies to “[ReviewBuku] Jangan Jadi Muslimah Dekil”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *