7 Langkah Mudah Memilih Apartemen Ideal di Jakarta


blog competition, lifestyle / Senin, November 12th, 2018
header jendela360 haniwidiatmoko

Sepenggal Kisah

Keanu galau menatap selembar surat yang akan mengubah jalan hidupnya di masa depan. Surat tersebut adalah sebuah surat keputusan yang menugaskannya di jantung ibukota, Jakarta. Sebetulnya ini merupakan one step ahead cita-citanya selama ini yaitu ditempatkan di kantor pusat tempatnya bekerja. Surat keputusan yang berlaku mulai awal bulan depan menambah kegalauan hatinya.

Wajah Nira, putri kecilnya yang baru berusia satu tahun berkelebatan di pelupuk matanya. Begitu pula dengan istrinya, Liana, yang usaha kecil rumahannya mulai menerima pesanan. Keluarga kecil mereka memang baru dibangun menjelang lima tahun. Dia dan istrinya sudah sepakat, bahwa dia boleh berkarier setinggi-tingginya, sedangkan istrinya memilih berwiraswasta sebagai florist, menerima pesanan online buket bunga hias, sambil mengasuh putri mereka.

Sementara ini mereka diminta tinggal bersama orangtua Liana di Bandung, karena istrinya merupakan anak bungsu. Ayah dan ibu mertuanya merasa kesepian bila tidak ada satupun anak-anak yang tinggal bersama mereka.

Berbagai pertanyaan berkelebatan di kepala Keanu. Bila dia memboyong keluarganya, di mana mereka akan tinggal. Putrinya masih terlalu kecil bila mendadak harus beradaptasi di tempat baru. Membeli rumah jelas dia tak sanggup. Mengontrak rumah, harus mencari dengan benar dari mulai harga, lokasi, dan fasilitas yang sebaiknya ada pada sebuah rumah tinggal yang homey. Perlu persiapan minimal enam bulan hingga setahun, apabila memutuskan untuk memboyong keluarganya.

Sesampainya di rumah, kegalauan hatinya ternyata tersirat pada wajahnya, sehingga Liana pun menanyakan apakah ada masalah berat di kantor.

“Ada apa, sih, muram aja dari tadi”, tanya Liana.
“Aku dapat SK, nih, ditempatkan di Jakarta, harus mulai bulan depan”, jawab Keanu.
“Asyiiik. Kan, itu yang kamu cita-citakan”
“Tapi, gimana ama kamu, Nira, Papa-Mama”
“Ya … dijalani aja dulu”, sambung Liana tanpa beban.
“Kamu ini gimana? Maksudnya, apa kita harus LDR-an gitu. Lalu, aku belum terbayang, nanti tinggal di mana di Jakarta. Beli rumah, kan, mahal”, balas Keanu, nada bicaranya mulai meninggi.
“Lhah … kamu yang ketinggalan zaman. Hari gini, di Jakarta ya tinggal di apartemen lah” jawab Liana lagi, masih dengan nada santai.
“Apartemen? Enggak ah. Emang enak tinggal di apartemen?” tanya Keanu dengan nada tak percaya.
“Ya … cari yang enak, dong”
“Darimana? Kan, lama browsing satu-satu. Iya, kalau iya, apartemen yang ditaksir sesuai dengan foto yang ditawarkan. Kalau enggak?”
“Mau tahu caranya mendapatkan apartemen yang nyaman?” tantang Liana dengan nada becanda.

Walaupun Liana sehari-hari lebih banyak di rumah mengurus keluarga, ternyata informasi digitalnya tak ketinggalan zaman.

Teman-teman blogger mau tahu cara mudah mencari apartemen, seperti halnya Keanu?

Mencari Apartemen

Mencari rumah tinggal dengan harga terjangkau di kota besar berbentuk rumah dan halaman (landed house) sangatlah sulit. Harga tanah yang mahal merupakan penyebab utamanya.
Oleh sebab itu sudah saatnya kita mengubah mindset dari rumah berhalaman (landed house) menjadi rumah susun (vertival housing).

Biasanya desain apartemen yang baik juga dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang lengkap, agar penghuninya betah tinggal di lingkungan tersebut. Blok-blok apartemen biasanya juga dibangun di kawasan yang dekat dengan pusat perkantoran atau perdagangan.
Hal ini pula yang menjadi pertimbangan Liana mencari calon apartemen untuk suaminya. Dengan demikian Keanu bisa berhemat untuk biaya transportasi. Jakarta yang macet dimana-mana sungguh tidak efisien bila harus wira-wiri dari rumah ke kantor di tengah kemacetan.

Liana mempertimbangkan keluarga kecilnya tinggal di Bandung, maka akan lebih efisien, perjalanan Bandung-Jakarta pp ditempuh dengan naik kereta api. Suaminya bisa turun di stasiun Gambir kemudian sambung dengan ojek online langsung ke kantor. Pulang dari kantor, cap cus pulang ke apartemen.

Memilih Apartemen Ideal melalui Jendela360

7 langkah mudah jendela360

Bingung mencari website dari tiap apartemen sewa, akhirnya Liana menemukan website yang tepat, yaitu Jendela360.
Ternyata Jendela360 adalah situs penyewaan apartemen terbaik di Jakarta. Jendela360 didirikan oleh PT. Vidi Vici Digital yang beralamat di Ruko Komplek Business Park Blok AB-6, jalan Meruya Ilir no 88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Di laman pertama Jendela360 kita tinggal klik di box Jakarta Pusat. Selanjutnya akan muncul tampilan 46 apartemen yang ada di Jakarta Pusat.

sewa apartemen jendela360-1

1. Dekat dengan Tempat Kerja

Kantor Keanu beralamat di jalan Kebon Sirih, Jakarta. Berarti Liana dan suaminya akan sewa apartemen di Jakarta Pusat. Pertimbangannya tentu saja jarak dari aparteman ke tempat kerja. Sementara ini mereka belum mempertimbangkan mempunyai mobil untuk mobilitas di Jakarta.

“Ada, nih, Yah, di Jakarta Pusat ada 46 pilihan apartemen”, seru Liana.
“Yawda, kamu yang pilih. Pilih yang jaraknya paling dekat ke kantor”, sambung Keanu.
“Oke, boss” …

sewa apartemen jendela360-2

2. Harga Kompetitif

Harga yang ditawarkan oleh apartemen sewa berbanding lurus dengan luas apartemen, jumlah kamar tidur dan kamar mandi, jenis ruang-ruang lainnya, full furnish atau tidak, dan fasilitas yang ada di gedung apartemen. Jangan lupa, kita perlu cek juga lho, dulu pengembang apartemennya perusahaan yang bonafid atau tidak. Karena berkaitan dengan fasilitas dan kenyamanan untuk jangka panjang.

Liana dan Keanu mempertimbangkan akan memilih apartemen dengan 2 kamar tidur, supaya ada ruang bila Papa-Mama berkunjung. Mungkin memilih 2 kamar mandi. Hmm…tapi lihat harga dulu.
Memang, sih, belum dalam waktu dekat Keanu akan memboyong keluarganya. Liana pun perlu menata bisnisnya, bila akan mengembangkan juga di Jakarta.

Akhirnya mereka memilih apartemen yang ada di kawasan Menteng. Kemungkinan besar mereka akan sewa apartemen Menteng Park, karena Jarak dari stasiun Gambir cukup dekat.

peta rute gambir-menteng
peta rute stasiun gambir - menteng park
sewa apartemen jendela360-3

“Ay, tahu enggak, kenapa situs pencarian apartemen sewa ini dinamakan Jendela360?” tanya Liana ke Keanu.
“Enggak. Kenapa gitu?” tanya Keanu lagi.
Jendela360 adalah sebuah perusahaan startup yang bergerak dalam bidang properti penyewaan apartemen di Jakarta yang berbeda dibanding agen properti pada umumnya. Informasinya transparan, dari harga hingga unit-unitnya. Foto-foto unit sudah dilengkapi dengan foto 360 derajat yang sangat representative. Sehingga calon penyewa dapat melakukan kunjungan virtual tour ke 2000+ unit apartemen yang tersedia”, jawab Liana panjang lebar.
“Nih, lihat!”

3. Fasilitas Unit Apartemen

Mereka berdua pun melihat satu per satu unit-unit hanya dengan menggeser kursor maka seolah berada di ruangan tersebut.

Unit 2 Bedroom Full Furnished yang mereka pilih berarti sudah dilengkapi dengan furnitur dan AC, dapur dilengkapi kitchenset dan lemari es, serta ruang keluarga yang cozy. Kamar mandi pun dilengkapi dengan air panas-air dingin.

sewa apartemen jendela360-4

Menteng Park 2BR Fully Furnished

4. Fasilitas Umum dan Komersial di Apartemen

Di situs Jendela360 informasinya lengkap. Kita bisa mencek fasilitas sosial, umum, dan komersial yang ada di kompleks apartemen. Fasilitas apartemen Menteng Park ada ATM, Ruang Serbaguna, Gym, Jogging Track, Laundry, Security, TV Kabel, Grocery Store, Internet, Kolam Renang, Restoran, dan Taman Bermain.

Adanya Grocery Store dan Taman Bermain cukup membuat hati Liana kepincut. Berarti suaminya tak akan kelaparan sementara mereka LDM-an (long distance marriage). Dan ada taman bermain. Waini, bagus dong, bila sesekali dia menengok mengajak Nira.
Tak ketinggalan, internet. Penting, nih. Hari gini, keluarga kekinian tak lepas dari internet. Keanu bisa videocall ke Bandung bila kangen, begitu pula sebaliknya. Liana pun, bila berkunjung ke Jakarta, masih bisa mengontrol bisnisnya di Bandung.

playground @menteng park

5. Aman untuk Anak-anak

Memilih apartemen ideal bila mempunyai anak kecil, pastilah memilih apartemen yang aman bagi anak-anak. Tahu sendiri, kan. Usia balita lagi seneng-senengnya geratak dan explorasi. Liana harus memastikan bahwa unit apartemen yang mereka pilih, tidak ada jendela yang mudah terbuka oleh anak-anak. Tangga ada railingnya, tidak ada tempat-tempat yang licin. Di playground yakin, tidak ada benda-benda yang membahayakan.

Ada security baik satpam maupun CCTV yang membuatnya tenang. Untuk masuk ke unit masing-masing penyewa diberi kartu akses khusus, sehingga mencegah sembarang orang keluar-masuk. Istimewanya di Menteng Park desainnya ada lift semi private.

jendela360 aman
aman

6. Public Facilities di sekitar kompleks Apartemen

Menteng Park memang strategis banget, lokasinya tak jauh dari kawasan segitiga emas Jakarta (Thamrin, Sudirman, dan Kuningan). Lokasi Menteng Park bersebelahan dengan hotel Ibis Budget, Taman Ismail Marzuki, dan Hotel Formula 1. Selain itu banyak fasilitas pendidikan berupa sekolah, mulai dari sekolah negeri dan swasta. Kemudian, tak jauh rumah sakit utama Cipta Mangunkusumo, gedung perkantoran, dan juga pusat hiburan.
Yang tak kalah penting, kawasan ini bebas banjir.

fasilitas di luar kompleks

7. Cara Bayar Mudah

Kemudahan dari situs Jendela360 adalah kita bisa membayar sewa secara penuh tahunan, atau bulanan. Cara bayarnya pun mudah bisa melalui kartu kredit Visa maupun Mastercard dengan bayar bulanan tanpa bunga. Bank yang bekerja sama banyak, ada BCA, ANZ, Permata Bank, Panin Bank, Bank Bukopin, dan HSBC. Bisa juga membayar melalui aplikasi Blibli.

cara bayar mudah

“Jadi yang ini kan, Yah?” tanya Liana lagi untuk memastikan.
“Tunggu, itu kan ada tombol waktu kunjung. Apa itu?” kata Keanu mengingatkan.
“Oh iyayah. Padahal sudah dijelaskan di situsnya, ada Offline Visitation, kita bisa mengunjungi apartemennya dan didampingi oleh account representative”
“Ayuk kita atur jadwal, sekalian minta restu ke Papa-Mama”

Nah, bagaimana teman bloger? Jelas ya, menyewa apartemen melalui Jendela360 mudah dan cepat.

Selain kemudahan dalam mencari apartemen sewa ternyata Jendela360 menawarkan kemudahan pula untuk pemilik apartemen. Bagi pemilik apartemen yang ingin menyewakan unit apartemennya Jendela360 akan mengurus semua hal yang diperlukan untuk menyewakan unit apartemen secara profesional. Mulai dari proses fotografi, melistingkan unit, menerima kunjungan penyewa hingga serah terima unit. Pemilik tidak perlu repot-repot mengurus semua hal sendirian dan tak ada biaya iklan.
Jendela360 hanya mengambil komisi sebesar 5% dari nilai sewa unit hanya apabila unit tersebut tersewa oleh penyewa melalui Jendela 360.

sewa apartemen jendela360

Nah, teman bloger yang mempunyai apartemen nganggur, bisa banget, tuh, dititipkan ke Jendela360.

Tinggal klik, isi formulirnya. Atau kontak ke 0821 1488 8360. Selamat menikmati passive income.

Sumber:
https://jendela360.com/
http://mentengpark.web.id/

Catatan:

Artikel ini disertakan dalam Blog Competition Jendela360.
Bila ada kesamaan nama-nama pada artikel di atas hanyalah ilustrasi.

twittergoogle_pluspinteresttumblr
Facebooktwittergoogle_pluspinterestyoutubetumblrinstagrammail

11 Replies to “7 Langkah Mudah Memilih Apartemen Ideal di Jakarta”

  1. wahh praktis banget yaa sewa apartemen lewat Jendela360… Thanks info nya kaa.. btw, bila kakak sedang mencari apartemen di Jakarta yang murah tapi bagus… Puri Orchard Apartemen kaa solusinya.. harga sewa cuma 3 juta perbulan.. lokasi nya strategis.. fasilitas nya juga super lengkap.. penasaran kann? ayoo kunjungi: puriorchard.id sebelum unit penuh tersewa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *