Rugi Bila Tak Mengunjungi 7 Tempat Wisata Pantai di Jawa Barat Ini


travelling / Minggu, Desember 16th, 2018

Masyarakat mungkin lebih mengenal Jawa Barat sebagai daerah yang bergunung-gunung dan lembah disertai dengan sungai mengalir di antaranya. Beberapa sungai yang mengalir di Jawa Barat bermuara ke laut Jawa dan Samudra Hindia. Itu sebabnya ada dua pantai di Jawa Barat, yaitu pantai Utara dan pantai Selatan, yang masing-masing memiliki karakter pantai yang berbeda. Keduanya merupakan obyek wisata pantai di Jawa Barat yang rugi bila tak kita kunjungi.

Wisata pantai merupakan salah satu cara melepaskan stress, setelah sibuk kerja maupun sekolah. Berdiri di tepi pantai, sejauh mata memandang melihat batas cakrawala bagus banget untuk kesehatan mata kita. Apalagi bilasehari-hari kita terus menerus menatap layar ponsel. Selain itu banyak aktivitas yang membuat badan lebih sehat, misalnya jalan menyusuri pantai, berenang, snorkeling, main air, dan trekking. Bisa juga kulineran, belanja dipasar setempat, atau hanya mengamati nelayan yang pulang melaut di pagi hari.

Teman-teman mau kan berwisata ke pantai?

Berikut 7 tempat wisata pantai di Jawa Barat yang terletak di Utara dan Selatan.

Pantai Utara Jawa Barat

Pantai Utara Jawa Barat menghadap ke laut Jawa yang landai dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Ada beberapa pantai yang menjadi daerah tujuan wisata, salah satunya terletak di Kabupaten Indramayu.

Pantai Tirtamaya, Indramayu

pantai tirtamaya @teguhkisworo26
Pantai Tirtamaya, Indramayu; foto: teguhkisworo26

Pantai Tirtamaya mudah dicapai dari jalan raya Indramayu-Cirebon. Sehingga bagi teman-teman yang mudik lewat jalur Pantura, bisa mampir sejenak ke sini. Pantainya cukup landai, dan kita bisa menikmati sunset dan sunrise.

Pantai Selatan Jawa Barat

Pantai Selatan Jawa Barat menghadap ke Samudra Hindia dengan deburan ombak yang lebih besar daripada di pantai Utara. Diiringi juga dengan berbagai mitos tentang laut Selatan, menambah kesan misterius di sepanjang pantai. Beberapa area pantai Selatan ini bahkan struktur geologinya berbatu karang yang tergerus oleh deburan ombak.

Pantai Pangandaran, Pangandaran

sunset @pangandaran, liburanku.co.id
Sunset @Pangandaran; foto: liburanku.co.id

Pangandaran berjarak kurang lebih 200 km di selatan kota Bandung, mudah dicapai dengan berbagai moda transportasi. Boleh dibilang pantai Pangandaran merupakan obyek wisata pantai di Jawa Barat yang diandalkan. Keunikan pantai Pangandaran ada dua pantai, yaitu pantai Timur dan pantai Barat. Sehingga kita bisa melihat matahari terbit di timur, kemudian sore harinya main ke sisi barat untuk menikmati sunset. Hal ini disebabkan adanya semenanjung yang membatasi pantai, sehingga terbentuk cekungan di Barat dan Timur.

Pantai Pasir Putih, Pangandaran

pantai pasir putih, agussudrajat
Pantai Pasir Putih, Pangandaran; foto: agussudrajat

Bila kita melihat di peta, ada semenanjung yang menjorok ke arah selatan di Samudra Hindia berbentuk agak bulat. Nah, semenanjung tersebut merupakan cagar alam bernama Cagar Alam Pananjung Pangandaran atau lebih dikenal sebagai Cagar Alam Pangandaran. Pantai Pasir Putih terletak di tepi pantai barat di area Cagar Alam Pangandaran. Untuk mencapai ke sana, teman-teman bisa trekking menembus cagar alam atau naik perahu dari PantaiPangandaran.

Ranca Buaya, Garut

ranca buaya, rinaldi syahran
Pantai Ranca BUaya, Garut; foto: Rinaldi Syahran

Ranca dalam bahasa Sunda, artinya rawa. Ranca Buaya, atau Rawa Buaya, mungkin dulunya banyak buayanya, nih. Lokasi wisata pantai ini ada di Kabupaten Garut, kira-kira 4 jam perjalanan dari Bandung, melewati Pangalengan dan kebun teh di daerah Cisewu. Pantainya berkarang dan deburan ombaknya cukup tinggi. Memang harus hati-hati bila berwisata pantai yang berkarang seperti ini. Tak jauh dari Ranca Buaya ada air terjun yang langsung menghadap ke pantai.

Keren,kan …

Pantai Santolo, Garut

pantai santolo, tjetjep
Pantai Santolo, Garut; foto: tjetjep

Wisata pantai di Jawa Barat lainnya adalah pantai Santolo, tepatnya di Garsela. Apaan tuh Garsela. Garut Selatan. Kurang lebih 88 km di Selatan kota Garut. Letaknya tak jauh dari Ranca Buaya, oleh sebab itu biasanya menjadi satu tujuan wisata pantai yang perlu disambangi juga. Selain menikmati panorama laut, kita bisa menyewa perahu menyambangi karang dan cerukan pantai karang. Disana ada jembatan tua yang sayang bila tak berfoto di sana.

Pelabuhan Ratu, Sukabumi

pelabuhan ratu, Hiroshi Sanjuro
Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi; foto: Hiroshi Sanjuro

Nah, kalau  Pelabuhan Ratu letaknya 60 km ke selatan kota Sukabumi. Dulu pantai ini terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidul. Bahkan beberapa judul film shootingnya di sini. Bagi yang senang kisah-kisah mistis atau serasa memerankan Nyai Blorong, boleh nih dicoba wisata ke sini. Tentu saja bukan karena kisah mistis pantai ini terkenal, perpaduan pantai landai dan berbatu karang, hutan cagar alam dan deburan ombak laut Selatan. Perpaduan inilah merupakan obyek wisata pantai di Jawa Barat yang istimewa.

Ujung Genteng, Sukabumi

ujung genteng, initempatwisata
Pantai Ujung Genteng, Sukabumi; foto: initempatwisata

Wisata pantai ke sini masih sepi karena belum terlalu mudah untuk dicapai. Bila melihat peta, memang lokasinya di ujung, menjorok ke laut. Disekitarnya ada beberapa pantai cantik yang bisa disambangi yaitu: pantai Cibuaya, Pangumbahan, Pasir Putih, Ombak Tujuh, dan lain-lain. Sama halnya dengan pantai-pantai Selatan lainnya, ombak di sini cukup besar dan bergulung-gulung. Ada pula Curug atau Air Terjun yang bisa didatangi dengan berperahu lalu sambung jalan kaki melewati sawah, yaitu Curug Cikaso dan Curug Cigangsa.

Nah, teman-teman, gimana? Banyak kan obyek wisata pantai di Jawa Barat.

Ini baru sebagian saja, lho. Masih banyak obyek lainnya yang perlu kalian explore, dan rugi kalau tak tak dikunjungi.

Jangan lupa, kalau berwisata alam termasuk wisata pantai, jagalah kebersihan.

Kalian hanya boleh meninggalkan jejak, bukan sampah.

Mau tahu obyek wisata pantai di Indonesia lainnya? Mampir ke sini ya.

twittergoogle_pluspinteresttumblr
Facebooktwittergoogle_pluspinterestyoutubetumblrinstagrammail

7 Replies to “Rugi Bila Tak Mengunjungi 7 Tempat Wisata Pantai di Jawa Barat Ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *