3 Alasan Kenapa Harga Sewa Bus Pariwisata Setiap Agen Berbeda-beda

Teman-teman narablog, tidak jarang kita merasa dibingungkan dengan harga sewa bus pariwisata yang setiap agen penyewaannya berbeda-beda. Informasi mengenai harga yang tidak sama dengan tiap agennya pasti akan membuat kita kerepotan memilih jasa penyewaan mana yang lebih murah tapi berkualitas.

Nah, bila teman-teman tidak menggali informasi mengenai harga tersebut secara lebih rinci, bisa-bisa akan kecewa dengan biaya yang sudah dikeluarkan. Karena itu, kita perlu mengetahui faktor apa yang membuat tiap agen memberikan harga sewa bus pariwisata yang berbeda. Hal ini akan memudahkan memilih jasa mana yang cocok sebagai tranportasi perjalanan kita bersama rombongan.

Agar teman-teman tidak bingung lagi, simak beberapa faktor penentu yang membuat antar agen penyewaan bus pariwisata harganya tidak sama.

Kelas Bus

Tiap agen bus memiliki beberapa kelas bus yang bisa dipilih oleh calon konsumen. Ada 2 jenis yang biasanya disediakan, yaitu regular bus dan eksekutif bus. Ada agen penyewaan yang hanya menyediakan kelas eksekutif karena target pasar mereka untuk kalangan menengah ke atas. Tapi ada juga yang menyediakan keduanya karena mereka ingin semua kalangan bisa menggunakan layanan bus pariwisata mereka.

Kedua kelas tersebut punya perbedaan fasilitas. Kalau teman-teman lebih mengutamakan kenyamanan saat melakukan perjalanan, tidak masalah memilih bus eksekutif. Kelas itu lebih menyediakan fasilitas secara lengkap yang membuat perjalanan lebih nyaman. Misalnya kabin mewah, sandaran kaki di bawah kursi, plugin charger di setiap baris kursi, wifi, dan toilet.

Tapi kalau teman-teman menggunakan kelas reguler, maka fasilitas yang disiapkan sesuai harga, minimal hanya wifi dan plugin charger saja. Pada umumnya kursi yang disediakan juga lebih banyak, hingga 59 kursi. Harganya akan jauh lebih murah kalau kita menggunakan kelas bus reguler.

Reservasi Bus

Tiap agen juga mempunyai waktu reservasi yang berbeda-beda. Pemesanan sejak jauh hari memang sangat penting untuk mendapatkan harga sewa bus pariwisata yang lebih murah, tapi ada beberapa agen yang memberikan ketentuan khusus agar bisa mendapatkan harga yang lebih rendah saat minta waktu penyewaan dari jauh hari.

Biasanya mereka memberikan syarat kalau waktu reservasi 2 bulan sebelum waktu keberangkatan akan diberikan potongan prosentase tertentu, terkadang ada yang mencapai 30 persen. Tapi kalau sudah mendekati hari keberangkatan, tentu potongan prosentasenya semakin sedikit. Kalau teman-teman memesan sejak 4 atau 5 bulan lebih sebelum keberangkatan, biasanya akan mendapatkan harga sewa bus pariwisata yang khusus lebih murah.

Tapi pemberian harga itu tetap tergantung dari tanggal berapa pemesanan. Bila kita memesannya akhir minggu, tentu harga akan lebih mahal. Tapi harga yang tinggi itu tidak sebanding dengan mereka yang memesannya waktu berdekatan hari keberangkatan.

Harga Teman

Mungkin ini sudah bukan rahasia pribadi lagi kalau sebagian dari calon konsumen memiliki kenalan orang agen penyewaan, sehingga bisa mendapatkan harga sewa bus pariwisata yang lebih murah dari biasanya. Harga teman ini memang sudah sering terjadi, karena keduanya sama-sama mendapatkan keuntungan.

Calon konsumen bisa mendapatkan harga murah, sedangkan agen itu sendiri bisa mendapatkan konsumen dari temannya itu. Tidak heran kalau ada orang yang merekomendasikan agen milik temannya agar bisa mendapatkan harga sewa yang murah.

Dari beberapa alasan di atas, teman-teman tidak usah bingung lagi kenapa tiap agen bisa memberikan harga sewa yang berbeda-beda. Daripada pusing memilih jasa penyewaan yang mana, pilih saja TRAC Astra yang sudah terpercaya.

Teman-teman bisa mencari tahunya melalui websitenya di trac.astra.co.id.

Semoga membantu.

Bandung, 28 Februari 2019

signature haniwidiatmoko

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com