7 Cara Meningkatkan Kreativitas di Saat Buntu

Teman-teman, tahu kah bahwa kreativitas sama seperti otot? Ia harus terus dilatih, digunakan, dan dipaksa untuk terus bekerja.

Saat kreativitas tidak diasah dari waktu ke waktu, tidak heran jika nantinya tingkat kreativitas kita akan mulai menurun dan terus menurun. Itulah sebabnya, ada banyak permainan atau teka-teki yang diciptakan untuk terus mengasah kreativitas.

Akan tetapi, permainan tersebut mungkin belum cukup membuat kita lebih kreatif. Karenanya, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengasah kreativitas kita.

Baca juga: Penemu, Hak Cipta dan Sikap Masyarakat

1.      Belajar Lewat Kolaborasi

Rasa penasaran akan menghasilkan kreativitas. Banyak orang yang percaya bahwa inovasi muncul secara tiba-tiba dan tidak diprediksi. Padahal, inovasi yang merupakan buah dari kreativitas akan muncul secara sistematis jika keduanya diasah.

Kita mungkin senang bekerja secara individu. Padahal, berkolaborasi dengan banyak orang akan membuat kita lebih kreatif. Karena dengan begitu, kita bisa mempelajari sudut pandang orang lain untuk melahirkan inovasi kreatif.

2.      Lakukan Apa yang Dicintai

Rasa cinta dan kreativitas juga saling berkaitan. Sebuah hobi seperti bermain musik, olah raga, mengoleksi barang antik, bisa membuat kita rileks. Dan ini mungkin adalah hal yang kita cintai. Dengan relaks, kita tidak akan menjadi stress dan tertekan. Sehingga, kita akan lebih kreatif.

Melakukan apa yang kita cintai akan bisa membuat kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Dengan itu, kita menjadi bisa melakukan yang terbaik yang memaksa kreativitas untuk muncul selalu.

3.      Beristirahat

Ada sebuah kebaikan dalam bekerja, dan ada kebaikan pula dalam beristirahat. Gunakan keduanya dengan bijak. Karena terkadang, kreativitas muncul saat kita tidak sedang bekerja. Tidak sedang memaksa diri untuk menciptakan inovasi dan kreativitas.

Ide-ide tersebut bisa muncul saat kita berlibur, saat kita bermain, bahkan saat kita tidur. Dan tidur merupakan hal yang bisa membuat kita rileks. Seperti yang disebutkan sebelumnya, rileks bisa membuat kita lebih kreatif.

4.      Berjalan-jalan

Seseorang biasanya duduk selama tujuh hingga 15 jam per hari. Hal ini bisa membuat tubuh dan pikiran kita tidak sehat. Dan ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan dan perasaan, yang juga berpengaruh pada kreativitas.

Cobalah untuk sering berjalan ketika bekerja. Misalnya, memindahkan pekerjaan atau bacaan pada tablet atau ponsel. Selain itu, kita juga bisa melakukan meeting sambil berjalan, seperti yang dilakukan banyak CEO perusahaan ternama.

5.      Buat Suasana yang Baik

Kekurangan ide atau kesulitan memecahkan masalah bisa sangat mengesalkan. Salah satu cara untuk menghadapinya adalah dengan menciptakan suasana yang cocok.

Misalkan saja, dengan memasang musik yang kita sukai, dengan menggunakan wewangian favorit kita, atau dengan menghias ruangan dengan warna yang bisa membangkitkan mood kita. Hal ini bisa sangat berguna untuk menghasilkan ide-ide kreatif.

Baca juga: 8 Langkah Mengarahkan Anak Agar Lebih Kreatif

6.      Minta Saran dan Masukan

Saat kita menghadapi masalah yang sulit untuk ditemukan solusi kreatifnya, kita perlu bertanya mengenai saran dan masukan dari orang lain.

Meminta bantuan bukan berarti kita tidak mampu. Kita hanya meminta bantuan dari teman, kolega, dan orang di sekeliling kita sehingga masalah bisa terpecahkan bersama-sama. Kita bisa bertanya tentang sesuatu pada orang yang kita hormati.

Dengan perspektif baru dari orang lain, kita bisa melihat masalah dari sudut pandang lain pula. Sehingga bisa menemukan cara kreatif lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

7.      Coba Buat Ide-Ide “Gila”

Terlalu memaksa membuat ide terbaik, kadang bisa membuat kita lelah sendiri. Mungkin kita bisa mencoba cara untuk melihat sebuah ide “gila” yang mungkin buruk.

Buatlah daftar ide-ide gila yang bisa kita pikirkan. Setelah kita membuat daftarnya, cari hal terbaik dari ide buruk tersebut. Dari sana, kita bisa belajar untuk mencari hal kreatif lain, bahkan dari hal yang buruk sekalipun.

Nah, kalau tak ada ide kreativitas di saat buntu, apa yang teman-teman akan lakukan?

Bandung, 29 April 2019

signature haniwidiatmoko

16 pemikiran pada “7 Cara Meningkatkan Kreativitas di Saat Buntu”

  1. Setuju!
    Apalagi yang yang nomor 2 itu, sesuatu!
    Melakukan hal yang disuka dan membuat kita bergairah, akan melahirkan semangat.
    Semangat adalh energi!

    Apa yang terjadi jika hidup kita, di setiap detiknya, dihiasi, dipenuhi dan diberkahi dengan kegembiraan?
    Bayangkanlah!

  2. Hmmm… cari ide gila ya? Berani nggak ya? Hihi Sayangnya saya nggak berani tampil gila. Suka nggak pede, hehe.. padahal ini seperti out of the box yang pasti bikin otak kembali produktif ya?

  3. Betul banget. Sayangnya, aku kadang minder sendiri kalau melakukan hal ‘gila.’ Hanya aku yang pakai bando warna-warni di sekolah lalu diledek saja sudah malu dan nggak mau pakai lagi. Beruntung Mamahku selalu menyemangati dan bilang, “Berbeda dalam hal yang baik dari orang lain itu malah suatu kreatifitas sendiri dan malah menumbuhkan rasa percaya diri.” 😉

  4. Kalau kreativitas lagi buntu? Aku tuh sukanya jalan ke taman, melihat yang hijau-hijau, kupu-kupu, seru aja, abis itu lebih fresh pikiran.

  5. Untuk bisa berpikir kreatif itu sering kali nggak butuh tekanan. Justru kita butuh suasana yang comfy, rileks dan fresh gitu Bun. Nonton drakor juga bisa bikin hepi loh, trus muncul deh si ide. Hehe

  6. Saat ide buntu aku biasanya jalan-jalan, Bun. Dalam hal ini jalan kaki, ya, bukan jalan ke emol, huehehe …

    Kebetulan memang aku ini penyuka jalan kaki. Pulang mengantar anak-anak ke sekolah, aku biasa jalan kaki. Kadang keliling bagian luar Kebun Raya Bogor, kadang ke daerah bendungan, lewat perkebunan jagung, lalu masuk ke pemukiman penduduk. Macam-macam.

    Jalan kaki buatku bukan sekedar olahraga kardio, tapi dia juga menjadi sarana untuk merenung. Aku tuh jalan kakinya sambil berpikir. Tugas aku yang belum selesai apa, urusan pekerjaan dan anak-anak. Target aku kemarin tercapai atau nggak. Iya nggaknya kenapa. Hari ini aku mau apa, mau dikerjakan kapan, tantangannya apa. Macam-macam. Nanti sambil jalan, sambil lihat sekeliling. Dan biasanya dari sana ide itu muncul.

  7. Kalau lagi buntu, kadang saya jalan ke mall, cuci mata terus kalau lagi ada duit, belanja de hahaha…

    Ide gila itu yang kayak gimana ya Mbak? Kok selama ini saya ngerasa sering banget punya ide gila tapi takut ditulis, entar disangka gila beneran wkwkwk

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com