Serunya Wisata Petualangan di Hutan Pinus Lembang

Lembang, sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, jaraknya kira-kira 20 km dari kota Bandung. Letak Lembang dengan ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut dan berhawa sejuk berkisar antara 170 hingga 270, ternyata menyimpan berbagai obyek wisata. Teman-teman narablog mau tahu serunya wisata petualangan di hutan pinus Lembang?

Mari kita cek berbagai obyek wisata yang ada di sekitar Lembang.

Wisata Petualangan di Hutan Pinus Lembang

Bagi teman-teman yang tinggal di kota, jenuh dengan rutinitas pekerjaan dan belajar, bisa banget melepas kepenatan dengan berwisata petualangan.

Wisata petualangan biasanya merupakan wisata alam yang digabung dengan aktivitas seru meningkatkan adrenalin. Tentu saja, tempat-tempat wisata alam di mana kita bisa berpetualang seperti si Bolang, bukan petualangan yang berbahaya. Kalaupun dirasa perlu keamanan ekstra, biasanya pihak penyelenggara sudah melengkapinya dengan berbagai perlindungan fisik dan asuransi.

Kawasan Lembang tak jauh dari gunung Tangkuban Perahu, areanya di lereng bukit yang ditumbuhi hutan pinus. Beberapa area tersebut milik Perhutani atau swasta yang dimanfaatkan sebagai kawasan wisata alam, untuk berwisata bersama keluarga, sekolah, atau instansi.

Kegiatan wisata petualangan antara lain, berjalan kaki tracking di hutan pinus, menyusuri sungai, menikmati kesegaran curug (air terjun), bahkan bermalam dalam kemah. Untuk seru-seruan seperti outbound yang membuat jantung berdegub, bisa dicoba flying fox, jembatan gantung, turun tebing, rumah pohon, dan lain-lain.

Bermain dan bernyanyi bersama di ruang terbuka di antara pohon pinus sebetulnya juga bagian dari berpetualang. Karena melalui permainan kelompok, biasanya ada tugas yang harus dipecahkan bersama. Serunya lagi, permainan team building ini dilombakan antara kelompok-kelompok kecil. Penting lho untuk kesehatan jiwa, apalagi bagi beberapa individu yang sehari-hari menatap layar komputer dan kurang bersosialisasi.

Tempat-tempat Wisata Petualangan

Teman-teman narablog, ada beberapa area wisata petualangan di hutan pinus Lembang, antara lain Terminal Wisata Grafika, Wisata Pal 16 Giri Makmur, Bandung Treetop Adventure Park, dan Bumi Perkemahan. Semuanya terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang. Jangan khawatir, kita mudah mencari hotel di Lembang yang jaraknya tak jauh dari area wisata tersebut. Bahkan ada yang memang menyediakan pondok-pondok dan tempat penginapan di dalam kawasan wisatanya.

Terminal Wisata Grafika, Cikole

Kawasan Terminal Wisata Grafika luasnya 9 hektar dan dikelilingi hutan pinus, letaknya di jalan Raya Tangkuban Perahu km 23. Fasilitas outboundnya terdiri dari flying fox, paint ball, jembatan burma, jembatan tali dua, turun tebing, dan rumah pohon.

Saya tuh sempat mencoba flying foxnya. Ini pertama kalinya seumur hidup saya β€œmain flying fox”. Ternyata melayangnya hanya sebentar, tiba-tiba sudah sampai di ujung. Mungkin hanya sekitar 20 detik.

me @flying fox

Walaupun demikian, kalau tidak berani melayang seperti saya, masih bisa seru-seruan yang lain. Kebetulan waktu itu kantor suami mengadakan family gathering di sini, sehingga banyak keluarga membawa juga putra-putri mereka. Oleh sebab itu diadakan juga permainan kelompok yang melibatkan orangtua dan anak-anak. Mempererat bonding antara orangtua dan anak-anak, kan. Anak-anak pun bisa saling bersosialisasi dan mengenal teman baru.

kelompok bermain bersama

Wisata Pal 16 Giri Makmur, Cikole

team building

Wisata hutan pinus Pal 16  di Giri Makmur ini merupakan kerjasama antara LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dan Perhutani. Letaknya tak jauh dari Terminal Wisata Grafika, Cikole, tepatnya di jalan Tangkuban Perahu km 58.  

Model wisata seperti ini adalah kontribusi Perhutani untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan tetap menjaga ekologi dan pelestarian hutan. Kawasan perhutani yang dikelola tersebut dimanfaatkan sebagai area camping, outbound, atau hanya berwisata menyusuri hutan.

Seringnya Pal 16 Giri Makmur menjadi tujuan outbound dari sekolah atau instansi. Seru juga bermain dan bernyanyi bersama di antara pohon-pohon pinus. Di area tertentu ada pondok-pondok kayu yang bisa dimanfaatkan untuk berisitirahat, menyantap bekal, atau beribadah.

Bandung Treetop Adventure Park

sumber foto @titor_27

Bandung Treetop Adventure Park berseberangan letaknya dengan Terminal Wisata Grafika, yaitu di jalan Bumi Perkemahan, Cikole. Taman petualangan ini merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang ada di Perancis, kemudian merambah ke mancanegara, Inggris, Spanyol, Italia, dan tahun 2010 ke Bandung, Indonesia.

Serunya Bandung Treetop Adventure Park ini menawarkan wisata petualangan dari pohon ke pohon. Para pengunjung dituntut untuk bergelantungan, meniti, meluncur, dan merayap di antara ketinggian pohon dengan berbagai tingkat kesulitan.

Setiap arena permainan di tempat ini dinamakan sirkuit yang terdiri dari 88 tantangan dan 24 flying fox. Nah, berani menerima tantangan. Segera booking dan cari tempat penginapan di Lembang.

Bumi Perkemahan, Cikole

sumber: bandung.panduanwisata

Bumi Perkemahan Cikole dulunya adalah hutan produksi untuk tanaman pohon pinus. Pemerintah daerah setempat kemudian mengembangkan daerah tersebut menjadi obyek wisata alam. Sekarang yang terdapat di Bumi Perkemahan Cikole bukan hanya pohon pinus tetapi berbagai pohon lain seperti pohon aghatis, pohon kaliandra, dan lain-lain.

Fasilitas di Bumi Perkemahan Cikole pun beragam, selain camping ground juga ada tempat hiking, Jungle Kids, jogging track untuk berolahraga, lintas alam, outbound training, dan sarana piknik keluarga.

Nah, teman-teman narablog, inilah sebagian area wisata petualangan di hutan pinus Lembang yang dapat kalian sambangi. Sebelumnya perlu juga diperhatikan berbagai persiapan untuk berwisata petualangan tersebut.

Persiapan untuk Wisata Petualangan di Hutan Pinus Lembang

Berwisata petualangan di alam harus memperhatikan benar kondisi alam yang akan kita kunjungi tersebut. Lembang, terletak di kaki gunung, di ketinggian 1300an hingga 2000an meter di atas permukaan laut. Hawanya sejuk, sering berkabut, dan hujan.

Beginilah hal-hal yang harus disiapkan:

1- Pakaian

Pakailah pakaian yang cukup hangat. Untuk kegiatan outbound yang menguras energi, seringkali kita pun berkeringat. Siapkan baju ganti, supaya kita tidak masuk angin. Topi dan baju hangat, bisa juga dibawa, asalkan tidak merepotkan. Jangan lupa kita akan ke hutan, bawalah perlengkapan yang ringan. Biasanya selepas tengah hari seringkali hujan, oleh sebab itu lebih baik lagi bila dilengkapi dengan jaket anti air atau jas hujan.

2- Sepatu

Sebaiknya memakai sepatu yang nyaman dipakai untuk berjalan kaki. Tergantung kebiasaan masing-masing individu, ada yang lebih nyaman memakai sandal gunung yang beralas tebal. Ada pula yang memakai sepatu khusus untuk hiking. Bawalah kaus kaki ganti, bila sewaktu-waktu hujan, dan kaus kaki kita basah.

3- Sun Protection (Pelindung Kulit)

Walaupun kita berada di gunung yang berhawa dingin, jangan salah, matahari terasa lebih terik di kulit. Oleh sebab itu siapkan krim sun protection agar kulit kita tidak gosong dan kering.

4- Makan dan Minum

Hawa pegunungan selain dingin, kelembabannya juga berkurang, itu sebabnya kita merasa lebih sering haus. Apalagi bila kita berkegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, misalnya hiking, memanjat pohon, meniti jembatan gantung, flying fox, dan lain-lain.

Selalu sedia botol berisi air minum di tas pribadi. Ada baiknya juga dilengkapi dengan camilan kalori tinggi, misalnya coklat, kue manis, roti, dan lain-lain. Camilan tersebut sangat bermanfaat mengganti kalori yang hilang karena berkegiatan dan karena hawa dingin.

5- Obat-obatan Pribadi

Obat-obatan pribadi adalah obat-obatan sederhana untuk pencegahan yang sering kita gunakan. Misalnya obat sakit kepala, sakit perut karena salah makan, minyak gosok untuk darurat digigit serangga, dan lain-lain.

6- Alat Komunikasi

Berkegiatan di alam bebas seperti ini amat rawan tersesat. Sebagai mahluk milenial, ponsel hampir merupakan kebutuhan primer selain sandang-pangan. Walaupun demikian pastikan membawa cadangan energi untuk ponsel kita. Tak guna bukan, secanggih apapun ponsel kita ternyata kehabisan baterai sementara kita sedang di tengah hutan. Apalagi hampir semua ponsel pintar juga dilengkapi peta.

Mudahnya Memesan Penginapan di Lembang

Setelah semua informasi tentang wisata petualangan di hutan pinus Lembang siap. Jangan lupa memesan hotel sebelumnya, karena selain wisata petualangan, masih banyak obyek wisata lainnya di sekitar Lembang. Caranya mencarinya mudah, salah satunya melalui aplikasi Pegipegi. Cukup unduh dan install aplikasinya ke ponsel kita. Pilih fitur “Hotel“, kemudian pilih “Tujuan“, ketik Lembang, Bandung. Ada 153 pilihan hotel. Kita bisa memesannya setiap saat dan dari mana saja.

aplikasi di ponsel
153 pilihan hotel di Lembang

Demikianlah berbagai hal yang bisa kita siapkan untuk wisata petualangan di hutan pinus Lembang.

Berfoto-fotolah. Hati-hati bila akan update media sosial, jangan mencoba-coba ke spot berbahaya.

Jangan lupa, kalian hanya boleh meninggalkan jejak, bukan sampah.

Bandung, 22 April 2019

signature haniwidiatmoko

19 pemikiran pada “Serunya Wisata Petualangan di Hutan Pinus Lembang”

  1. Aku lumayan sering sebenarnya ke Lembang, tapi kalau cikole belum pernah sampai nginep. Padahal banyak penginapan deket2 yg bagus, next trip bareng keluarga harus lebih lama explore Lembang neh kayknya.

  2. Wahh…Saya lama banget nih gak main-main ke hutan, mbak. Kalo bisa bareng keluarga seru ya..apalagi lokasinya ga terlalu jauh dari Jakarta. Infonya lengkap nih, makasih ya mbak. Salam kenal.

  3. Luas banget ya mbak areanya. Bener banget tuh tetep kudu bawa ponsel tuk jaga-jaga kalo kesasar atau pisah dari rombongan. Jadi pengen juga kesana.

  4. anakku beberapa waktu lalu ngajak main ke sini, pengen fofot2 di hutan pinus katanya, tapi kok belum kesampaian aja ya..
    melihat fasilitasnya yang lengkap begini bisalah direncanakan datang ke sini kalau ada kesempatan,

    btw, berani mbak naik flying fox.., aku belum punya nyali sampai sekarang he.. he..

  5. Aku selalu suka berada di hutan pinus
    Aromanya segar banget dan memang pemandangan pohon pinus yang menjulang itu bikin adem hati
    Itu fasilitasnya lengkap banget ya
    Asik buat wisata keluarga

  6. Sering ke Bandung tapi biasanya cuma nginep di villa atau rumah teman.
    ini di Cikole aja banyak wisata plus penginapan yang keren ya. apalagi ada pemandangan hutan pinus gitu. Kebayang pangi-pagi buka jendela apa pintu kamar gitu langsung lihat yang hijau-hijau asri dan adem gitu. Sedap sekali….
    itu penginapan di bumi perkemahannya harganya berapa ya per malam???

    besok-besok main ke Bandung harus banget nih nginep disini.
    btw. peralatannya kalau menurut saya kurang 1 yaitu kamera. hehehe.. teteup dong buat sesi pemotretan.

  7. Kawasan Lembang Bandung memang punya banyak sekali tempat wisata, makanya kalau weekend atau libur panjang seringnya macet di sana. Tapi kalau sudah tiba ke destinasi wisata yang dituju, segala lelah karena macet tadi mendadak sirna. Sudah lumayan lama saya nggak berkunjung ke Bandung lagi. Kangen juga.

  8. Cikole ini sepertinya banyak cabang gak ya? Seingatku ada juga yang di daerah ciwidey ya? Pernah mampir tapi gak bermalam, seru sih tempatnya, tp lbh seru kalau rame2 yaa. Keren

  9. Lokasi wisata di Lembang ini banyak ditiru oleh pengelola wisata alam (Perhutani) di Cianjur Selatan. Secara lahan dan tanaman banyak yang sejenis dan memang satu atap di Perhutani yang mulai beralih dari penghasil getah ke wana wisata daerah

  10. Ah kangen tempat ini. Main ke hutannya seru banget tan. Trus makan ubi, pisang, dan kacang rebus di persinggahannya.

    Jadi ingat, usai outbond di hutan pinus ini, malamnya kan nginap di TWGC, kedinginan parah sampai pake hoodie lapis dua. hahaha

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com