12/07/2020

Tempat Wisata Unik di Kota Banjar

Teman-teman tahu kah bahwa, kota Banjar, salah satu kota yang ada di Jawa Barat, memang baru jadi kota otonom pada 1 Desember 2002. Namun, kota yang luasnya mencapai 132 km persegi ini terus berbenah, termasuk salah satunya di bidang pariwisata. Banyak tempat wisata di Kota Banjar yang kini bisa disambangi para pelancong. Bagi teman-teman yang punya rencana untuk berlibur, bisa mempertimbangkan wisata ke kota Banjar.

Berikut tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Banjar:

Taman Anggrek Situ Mustika

wisata banjar
Taman Anggrek Situ Mustika

Situ Mustika berlokasi di Bukit Babakan, Lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpaninggal, Kecamatan Purwaharja. Awalnya Situ Mustika hanya sekedar situ yang biasa dikunjungi para pengunjungnya untuk memancing atau piknik biasa. Kini Situ Mustika dikembangkan oleh Pemkot Banjar jadi objek wisata alam di Priangan Timur, Jawa Barat. Oleh Pemkot Banjar, Situ Mustika dibangun jadi Taman Anggrek.

Kini di Situ Mustika ditanami dengan berbagai jenis bunga Anggrek, sehingga dikenal sebagai Taman Anggrek terbesar yang ada di Jawa Barat. Sejak diresmikan pada 25 Desember 2018 lalu, Taman Anggrek Situ Mustika diserbu oleh para pengunjung sekitar Kota Banjar dan juga dari daerah lain.

Selain tanaman anggrek yang menjadi daya tarik utama, Situ Mustika terkenal karena kesejukan kawasannya. Dengan pemandangan hutan pinus dan danau alami membuat siapapun yang datang ke sana akan merasa betah.

Tiket masuk ke salah satu tempat wisata di Kota Banjar ini masih sangat murah, yakni hanya Rp. 5000,- per orang pada Senin sampai Jum’at, sementara pada Sabtu dan Minggu atau hari-hari libur lainnya, pengunjung hanya membayar Rp. 7.500,-.

Dinding Hits Sumanding

wisata banjar
Dinding Hits Sumanding

Tempat wisata di Kota Banjar selanjutnya adalah Dinding Hits Sumanding yang ada di Lingkungan Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar. Dinding unik ini dipenuhi tanaman hijau yang merambat di seluruh permukaannya, sangat cocok untuk teman-teman yang punya hobi foto-foto karena view-nya sangat instagramable.

Dindingnya yang penuh dengan dedaunan hijau ini selain memberi kesejukan juga kesannya elegan dan mewah. Teman-teman bisa menjadikannya sebagai latar belakang foto indah. Memang dinding Sumanding ini sudah sering dijadikan tempat untuk berfoto baik oleh para model maupun sesi foto prewedding. Jangan sampai ketinggalan datang ke Dinding Hits Sumanding untuk mengabadikan foto-foto menarik yang bisa menghiasi album foto medsos kita.

Terowongan Binangun

wisata banjar
Terowongan Binangun

Terowongan Binangun yang ada di wilayah Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar cocok bagi teman-teman yang hobi dengan petualangan mistis. Terowongan ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda yang ada di Indonesia.

Awalnya terowongan ini merupakan jalur lintasan kereta dari trayek Banjar-Cijulang yang kini sudah tak dipakai lagi. Panjang terowongan ini 183 meter, konon terowongan ini berdiri di atas makam Cina hingga makin terkesan angker. 

Teman-teman kalau berani, bukan cuma bisa melihat sisi luarnya saja, namun bisa juga menyusuri terowongan yang juga punya nama Terowongan Sentiong ini. Dalamnya mungkin gelap, tapi itu justru daya tarik utama terowongan ini.

Rest Area Banjar Atas

wisata banjar
Rest Area Banjar Atas

Namanya Rest Area pasti merupakan tempat singgah bagi para pengendara, begitupun dengan Rest Area Banjar Atas yang ada di sisi Jalan Brigjen M. Iasya, Parungsari, Kota Banjar ini merupakan tempat dimana kita bisa beristirahat sejenak, sekaligus juga berwisata.

Ketika teman-teman melintasi jalur Selatan Jawa Barat, akan menuju ke Jawa Tengah atau sebaliknya menuju Jawa Barat, atau menuju Banten dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur, kita akan melintasi Rest Area yang satu ini. Selain bisa mencicipi hidangan khas Banjar maupun hidangan lainnya, juga bisa menikmati suasana sejuk Rest Area ini.

Rest Area Banjar Atas memang sengaja dibangun sebagai tempat untuk beristirahat bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh. Kita bisa bersantai di tempat ini karena tempat ini ditumbuhi pepohonan yang menghadirkan suasana sejuk dan nyaman.

Namun, jangan heran apabila musim liburan tiba atau ketika lebaran, Rest Area Banjar Atas akan dipenuhi oleh para pengunjung yang singgah di tempat ini. Jika musim liburan umumnya mereka yang singgah adalah mereka yang ingin berwisata ke Pantai Pangandaran, maupun ke Jogyakarta.

Banyaknya pepohonan yang rimbun dan asri juga membuat area ini banyak dijadikan sebagai tempat berfoto, bahkan banyak juga yang sengaja datang untuk melakukan sesi foto ataupun hunting foto di Rest Area Banjar Atas ini.

Rimbun pepohonan dipadukan dengan jejeran warung-warung yang menyajikan kuliner Kota Banjar membuat siapapun yang berhenti sejenak di Rest Area ini bisa melepas lapar, dahaga dan sekaligus rasa lelah. Karena perpaduan itu pula, banyak juga anak muda Kota Banjar maupun daerah-daerah sekitarnya yang datang untuk sekedar nongkrong. Selain itu berbagai komunitas juga sering mengadakan acara di tempat ini.

Beberapa tempat wisata di kota Banjar yang dijabarkan di atas, hanya sebagian saja. Masih banyak tempat wisata lain yang bisa teman-teman kunjungi di kota ini. Jika akan mencari tempat sejuk untuk refreshing, maka kota Banjar cocok untuk dikunjungi. Teman-teman yang pernah sekali mengunjungi kota Banjar, pasti ingin kembali lagi ke kota ini.

Baca juga: Ketika Junghuhn Menguak Misteri Menjadi Obyek Wisata Kawah Putih di Ciwidey

Semoga bermanfaat.

Bandung, 30 April 2019

signature haniwidiatmoko

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

One thought on “Tempat Wisata Unik di Kota Banjar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *