3 Langkah Meraih Berkah Ramadan

Assalamualaikum teman-teman…

Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi dengan bulan Ramadan. Sebagai umat Muslim, kita diharapkan berlomba-lomba meraih berkah Ramadan. Apalagi bulan ini merupakan satu-satunya bulan yang tertulis dalam Al Quran, yaitu di surat Al Baqarah ayat 185:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur”

Sejatinya, berkah berarti bertambahnya suatu kebaikan. Oleh sebab itu berkah Ramadan bermakna, kita harus berlomba-lomba berbuat kebaikan untuk menambah keberkahan. Bagaimana kita dapat meraih berkah Ramadan tersebut?

3 Langkah Meraih Berkah Ramadan

Berikut beberapa langkah untuk meraih berkah Ramadan sebagai berikut:

1- Jangan takut berbagi

Seringkali dalam pola pikir duniawi kita, kalau kita memberikan sebagian dari harta kita, maka harta kita berkurang. Kita yang apa-apa dihitung untung rugi, kalau memberi terasa rugi. Padahal rizki itu sudah ada yang mengatur dan tak akan tertukar.

Melalui berbagi dan bersedekah, doa-doa yang mengalir dari pihak-pihak yang mendapat sedekah akan mendatangkan kebaikan pada pemberi sedekah.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“ (HR. At-Tirmidzi)

Oleh sebab itu dalam rangka meraih berkah Ramadan, janganlah kita takut berbagi kebaikan kepada sesama.

2- Percaya dan takwa kepada Allah swt

Takwa adalah istilah dalam Islam yang merujuk kepada kepercayaan akan adanya Allah, membenarkannya, dan takut akan Allah.

Contohnya adalah berpuasa. Sebetulnya tidak ada yang tahu apakah kita berpuasa atau tidak. Dengan berniat, maka yang tahu hanya Allah swt dan diri sendiri. Mungkin keluarga saat kita sahur bersama. Sesudahnya sepanjang hari hingga tiba saatnya berbuka, hanya ketakwaan kepada Allah swt yang membuat kita tetap berpuasa. Sedangkan berpuasa merupakan salah satu bentuk untuk meraih berkah Ramadan.

Seperti yang tercantum dalam Q.S Ath-Thalaq ayat ke-2, Allah swt menjelaskan:

“Siapa saja yang bertakwa kepada Allah, maka akan Kami beri jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapinya.”

3- Selalu bersyukur

Bersyukur dalam bahasa Indonesia artinya berterimakasih. Mengucapkan rasa syukur kepada Allah swt tidak melulu karena kita diberi kenikmatan dan kesenangan. Bahkan dalam keadaan sakit pun kita bisa tetap merasa bersyukur. Bersyukur masih bisa merasakan sakit. Bayangkan bila kita mati rasa, tidak dapat merasakan apa-apa lagi. Sudah banyak penjelasan bahwa sakit itu penggugur dosa, bukan.

Allah Ta’ala dalam banyak ayat di dalam Al-Qur’an memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Maka syukur adalah ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah. Allah Ta’ala berfirman dalam QS. Al Imran, ayat 145:

“Dan sungguh orang-orang yang bersyukur akan kami beri ganjaran” 

Dengan selalu mengucapkan rasa syukur hanya kepada Allah swt dan selalu sujud syukur, terutama di bulan Ramadan, kita senantiasa mendapatkan berkah Ramadan.

Nah, itulah teman-teman hanya dengan 3 langkah sederhana untuk meraih berkah Ramadan. Teman-teman sendiri, adakah langkah-langkah khusus untuk meraih berkah Ramadan tersebut?

Wassalamualaikum Wr. Wb

Bandung, 16 Mei 2019

signature haniwidiatmoko


Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com