5 Tips Pinjam Dana Cepat Cair Untuk Bisnis Melalui Pinjaman Online

pinjam dana

Teman-teman, seringkali saya membaca beberapa curhatan di media sosial, ada yang ingin berbisnis tetapi terhambat dana. Walaupun ada yang mengatakan, yang penting niat dan usaha keras. Kalau menurut saya sih dua-duanya penting, untuk bisnis perlu modal dan usaha. Salah satu cara mencari modal adalah melalui dana pinjaman. Nah, yang sekarang marak adalah dana pinjaman online. Dana pinjaman online digadang-gadang merupakan proses pinjam dana yang cepat cair.

Benarkah?

Nah, namanya meminjam kan hutang, wajib dikembalikan. Supaya teman-teman dan keluarga tenang tidak dikejar-kejar penagih hutang, mari kita perhatikan hal-hal berikut sebelum mulai meminjam melalui pinjaman online.

5 Tips Pinjam Dana Cepat Cair

1- Cek Aplikasi Online Yang Akan Dipilih

Pinjaman online merupakan salah satu fitur dari fintech, singkatan dari financial technology. Fintech merupakan imbas dari Revolusi Industri 4.0, yang segalanya serba digital, termasuk bisnis keuangan. Fitur pinjam meminjam dana ini dinamakan peer to peer (P2P) lending, yang pengumpulan dananya diperoleh secara crowdfunding atau patungan.

Oleh sebab itu bila kita ingin meminjam dana, misalnya untuk start-up bisnis atau UMKM, cek terlebih dahulu perusahaan pengelola website atau aplikasi online tersebut. Pastikan ada logo OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang menandakan perusahaan tersebut dibawah pengawasan OJK.

2- Persyaratan Mudah

Pastikan persyaratannya mudah bila kita ingin meminjam melalui pinjaman online. Antara lain, scan KTP, kartu keluarga, slip gaji atau rekening bank tiga bulan terakhir, dan foto diri. Meminjam secara online biasanya persyaratannya tidak seribet bila akan meminjam secara konvensional melalui bank.

3- Perhatikan Bunga Pinjaman

Sebelum memulai pinjaman biasanya ada simulasinya terlebih dahulu di aplikasi. Untuk itu pilih P2P lending yang memberikan bunga paling rendah. Biasanya bunga pinjaman sekitar 3 %, semakin besar nilai pinjaman, semakin kecil bunga pinjamannya. Bunga pinjaman yang kecil diharapkan memudahkan dalam pengembalian nantinya.

4- Perhitungkan Kemampuan Mencicil Pengembalian

Teman-teman, hubungan antara jumlah yang dipinjam, besarnya bunga, dan tenor saling kait mengait. Tenor ada yang jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Melalui simulasi kita akan tahu perkiraan jumlah dana yang harus dikembalikan dan cicilan tiap bulannya.

5- Usahakan Tepat Waktu

Perhatikan tenggat waktu jatuh tempo pembayaran cicilan pinjaman online. Misalnya tenggat waktunya tanggal 10 tiap bulan, kita bisa banget membayar cicilan tanggal 9, yaitu sebelum tanggal jatuh tempo. Sedangkan bila kita membayar lebih dari tanggal 10 tiap bulan, maka akan dikenakan denda keterlambatan. Keterlambatan pembayaran bahkan sampai menunda hingga di bulan berikutnya, bisa-bisa kita akan ditagih oleh pihak perusahaan atau pihak ketiga.

Teman-teman, hati-hati dengan fintech ilegal yang banyak dikeluhkan masyarakat. Mereka memberi pinjaman dengan bunga mencekik yang sering menyebabkan gagal bayar.

Oleh sebab itu sebelum mengajukan pinjaman, cek terlebih dahulu ke berbagai aplikasi pinjaman online yang ada di masyarakat, salah satunya adalah cekaja.com.

Pilihan Kredit

Ada beberapa pilihan peruntukan dana yang bisa kita ajukan melalui pinjaman online tersebut, yaitu dana untuk keperluan konsumtif dan dana untuk keperluan produktif seperti modal bisnis.

Jenis pinjamannya pun ada dua pilihan, yaitu:

1- Kredit Konvensional

Kredit konvensional atau lebih sering disebut dengan kredit dengan agunan. Maka pihak perbankan mensyaratkan adanya agunan sebelum kita meminjam dana. Adapun besarnya agunan biasanya 120% dari jumlah dana yang akan dipinjam.

Agunan atau jaminan bisa berupa sertifikat hak milik, sertifikat hak guna bangunan, atau BPKP kendaraan. Bila teman-teman bermasalah dengan cicilan kredit, maka bank akan menyita jaminan tersebut sebagai ganti pelunasan utang.

2- Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Walaupun limit dana KTA yang disetujui lebih kecil daripada kredit konvensional, KTA cukup populer bagi masyarakat yang menginginkan pinjam dana cepat cair. Dana yang bisa dipinjam antara Rp 5 juta hingga maksimal Rp 500 juta.

Berbeda dengan kredit konvensional, KTA tidak memerlukan agunan, tetapi bila ada masalah dengan cicilan kredit, pihak bank akan menugaskan pihak ketiga untuk menagih utang.

Nah, teman-teman itulah 5 tips pinjam dana cepat cair untuk bisnis melalui pinjaman online dan berbagai pilihan kredit yang ditawarkan oleh pihak perbankan.

Semoga bermanfaat.

Bandung, 24 Mei 2019

signature haniwidiatmoko

8 pemikiran pada “5 Tips Pinjam Dana Cepat Cair Untuk Bisnis Melalui Pinjaman Online”

  1. Harus cermat memperhatikan persyaratan di atas agar tidak terjebak pinjaman online. Terkadang, banyak yang melupakan hal tersebut karena terburu-buru dan merasa senang duluan karena bisa mendapatkan pinjaman.

  2. Terlepas dari pendapat mengenai pinjaman/utang dari berbagai pihak, pinjaman/utang seringkali menjadi langkah awal seseorang untuk bangkit dalam memulai usaha. Ini menurut aku masih lebih baik daripada menganggur tanpa melakukan usaha apapun.

    Tapi tetap, harus bijaksana dalam pemilihan Fintech seperti yang diuraikan di atas, sekaligus dalam penggunaan dan pengembaliannya. Jangan sampai rencananya digunakan untuk memulai bisnis tapi malah dipakai untuk konsumsi. Disiplin mengembalikan sesuai perjanjian akan menyelamatkan peminjam dari hal-hal yang nggak diinginkan.

  3. Dulu saya pernah pinjam atau hutang di bank yang bunganya di bawah 1% tapi tetap saja enggak bisa tidur, Alhamdulillah bisa melunasi dan bertekad enggak akan hutang bank lagi. hiks
    Bukan berarti saya enggak punya hutang sih, dan saya enggak anti hutang. Tapi selalu berharap bisa bebas dari hutang. Soalnya ada saudara yang terjerat hutang karena kurang bijak menggunakan dana hutang. Disitulah saya jadi takut berhutang apalagi sampai berbunga

  4. Sering baca di fb atau medsos orang dikejar2 hutang onlin-an. Bahkan semua tmn, saudara dan kluarga dihub krn telat mmbyr. Iya sih bnr kt mb kudu lihat kmampuan byr kita dan teliti. Tp mending gk pnya utang mb jd tenang…😊😊😊

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com