7 Amalan Kebaikan di Bulan Ramadan. Nomor 7 Terlaksana Bersama Shopee

bulan ramadan

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”
— (QS. Al-Baqarah [2] : 183)

Teman-teman, kita sudah memasuki lagi bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Rasanya antara bersyukur dan sedih. Bersyukur, karena saya masih diberi umur berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan 1440 H. Sedih, karena saya merasa belum cukup berbuat amal kebaikan setahun kemarin. Tiba-tiba sudah berjumpa lagi dengan bulan Ramadan.

Peristiwa di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan itu bulan yang penting bagi umat Muslim. Bila diurut sejarahnya, banyak peristiwa yang terjadi di bulan kesembilan menurut kalender Hijriah tersebut. Peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadan yaitu:

1. Bulan diturunkannya Al Quran

Penjelasannya tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 185 sebagai berikut:

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur”.

2. Perang Badar

Peristiwa perang badar terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi. Perang Badar yang sering disebut sebagai Ghazwah Badr al-Kubra adalah perang yang menjadi pembeda, menandai awal kejayaan kaum Muslimin. Dengannya Allah memuliakan Islam, meninggikan menaranya, dan mengikis berhala-berhala.

3. Pembebasan kota Makah

Sedangkan Fathul Makkah atau pembebasan Kota Mekkah terjadi pada bulan Ramadhan tahun 8 Hijriah/ 630 M.

4. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Bagi bangsa Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan pada Jumat, 17 Agustus 1945, bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang.

Masih banyak peristiwa-peristiwa lain yang terjadi di bulan Ramadan yang semakin menguatkan pentingnya bulan ini, dan merupakan satu-satunya bulan yang tertulis dalam Al Quran.

7 Amalan Kebaikan di Bulan Ramadan

Teman-teman, apa yang diingat bila mendengar kata Ramadan? Pertama, pastinya puasa dan pernak-pernik yang menyertainya. Mulai dari sahur, ngabuburit, berbuka puasa, dan segala hal tentang menu sahur maupun berbuka puasa tadi. Kedua, tarawih berjamaah di masjid, di rumah, maupun tarawih sendirian. Tadarusan dan mengikuti pengajian. Tak lupa juga zakat, memperbanyak infaq, dan sadakah, serta berbuat amal kebaikan lainnya.

Bulan Ramadan sebaiknya diisi dengan kegiatan positif, halal, banyak pahala, dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Ajakan untuk berbuat amal di bulan Ramadan tersebut bisa kita jumpai dimana-mana. Dari siaran TV, spanduk yang dipasang di atas jalan, atau baliho seperti yang ada di kompleks rumah saya.
Berikut 7 amalan kebaikan yang bisa teman-teman lakukan:

1. Puasa Ramadan

Amalan kebaikan yang utama di bulan Ramadan, ya puasa. Puasanya bukan hanya lahir, tak makan dan minum, tetapi juga puasa batin. Artinya, tidak ada yang masuk ke dalam mulut berupa makanan dan minuman. Dan tak ada yang keluar dari mulut, berupa kata-kata kasar, makian, gosip, dan lain-lain. Termasuk menahan anggota tubuh dari berbuat tidak baik.

bulan ramadan
amalan membaca Al Quran

2. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran merupakan amalan penting lain di bulan Ramadan. Banyak kiat-kiat agar kita bisa menyelesaikan membaca Al Quran selama Ramadan tersebut. Antara lain dicicil setiap shalat 2 halaman, sehingga sehari kita shalat 5 waktu, telah dibaca 10 halaman.
Membaca Al Quran secara tadarusan (bersama-sama) bisa juga dilakukan, agar kita terpacu dan tidak mengantuk.

3. Salat Tarawih Berjamaah dan Salat Malam

Shalat Tarawih lebih banyak pahalanya bila dilakukan berjamaah di masjid. Kita bisa bersilaturahim dengan sesama Muslimin dan menyimak tauziah sesudahnya.
Selain itu kita juga disarankan untuk salat malam (Qiyamul Lail) terutama adalah di sepertiga malam. Seperti yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad bahwa siapa yang tegak di waktu malam, karena keimanan dan hanya berharap balasan dari Allah maka diampunkan juga dosa-dosanya di masa lalu.

4. Adanya Malam Lailatul Qadar

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

Dari ayat-ayat di atas jelas sekali bahwa Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang baik dan turunnya kemuliaan. Biasanya di 10 malam terakhir tersebut Muslimin juga melakukan I’tikaf yang artinya berdiam diri di dalam masjid, mushalla, atau tempat yang tenang untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

5. Perbanyak Dzikir dan Berdoa

Amalan penting berikutnya adalah kita memperbanyak dzikir dan berdoa. Dzikir menyebutkan asma Allah swt, merendah dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Selain itu juga mendoakan kedua orang tua kita untuk kesehatan dan keberkahan mereka. Bagi yang orang tuanya telah wafat, berdoa agar mereka dilapangkan kuburnya dan dimudahkan untuk menempuh perjalanan bertemu Sang Khalik. Karena di bulan Ramadan ini, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup.

bulan ramadan
kurma untuk buka puasa

6. Buka Puasa Persama

Teman-teman, sudah punya ya jadwal buka puasa bersama teman-teman. Hari ini bersama teman kantor suami, besok bersama teman kuliah, lusa bersama teman dosen dan para mahasiswa. Buka puasa bersama itu boleh-boleh saja untuk mempererat tali silaturahim, apalagi bila jarang bertemu dengan sesama teman, karena sibuk kerja.
Tetapi sebaik-baiknya buka puasa bersama adalah buka puasa bersama dengan orang yang tidak mampu. Bahkan membagi-bagikan tajil atau hidangan untuk berbuka puasa bagi yang sedang berpuasa Ramadan, pahalanya berlipat ganda.

7. Perbanyak Sedekah dan Berbagi Ke Yatim Piatu/ Dhuafa

Di akhir bulan Ramadan , setiap Muslim baik laki-laki maupun perempuan wajib mengeluarkan zakat fitrah sebagai ibadah untuk penyempurna puasa Ramadan.
Selain berzakat, amalan kebaikan lain adalah bersedekah dan menyalurkannya kepada yang membutuhkan seperti fakir miskin, anak-anak yatim piatu dan dhuafa.

Bersedekah dan Berbagi ke Yatim Piatu/ Dhuafa Bersama Shopee

bulan ramadan
anak-anak Panti Asuhan Nurul Ilmi Derwati
bulan ramadan
anak-anak Panti Asuhan Nurul Ilmi Derwati

Berbagi kebaikan untuk orang lain terutama di bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya hingga 70 kali dibandingkan hari-hari lain. Tentu saja, sebaiknya kebaikan tersebut dilakukan dengan ikhlas tanpa setitikpun berniat pamer.

Teman-teman, mau cerita sedikit nih tentang sebuah panti asuhan di bilangan Derwati, Bandung. Nama panti asuhannya Nurul Ilmi Derwati. Waktu itu saya sedang menyupir dalam perjalanan ke rumah, membaca spanduk tentang panti asuhan ini. Sejak itu kami menyalurkan zakat, infak, sedekah, bahkan berkurban menitipkannya langsung ke panti.

Panti Asuhan Nurul Ilmi Derwati yang berada di pinggiran kota Bandung berpegang teguh pada nilai nilai kemanusiaan, kebhinekaan, dan nilai Ahlussunnah wal Jamaah. Saat ini panti asuhan ini menampung dan mendidik anak anak yatim piatu dan dhuafa lebih dari 80 orang. Mereka berasal dari berbagai macam suku di Indonesia, seperti Sunda, Jawa, Batak, Flores, dan Papua.

Kebayang kan mengurus 80 anak asuh tidak mudah. Laporan dari pengelola panti bapak Agus Setiawan dan Teh Tini, barang kebutuhan yang sering habis adalah sembako, susu, sabun mandi, deterjen, sabun cuci piring, dan pembersih lantai. Sedangkan di tahun ajaran baru, ada kebutuhan uang sekolah, peralatan sekolah, pakaian, dan lain-lain. Anak-anak yang ditampung pun usia dan tingkat pendidikannya beragam, mulai dari SD hingga SMK.

Biasanya saya transfer saja supaya praktis. Tapi kali ini saya ingin berbagi bersama market place Shopee dengan berbagai progam Ramadannya.

bulan ramadan
laporan rutin dari pengelola panti

Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Shopee Big Ramadhan Sale

bulan ramadan
big ramadhan sale

Sudah tahu kan kalau tahun ini Shopee kembali hadir dengan dengan pesta belanja yang PASTI LEBIH BESAR di Big Ramadhan Sale. Keuntungannya banyak untuk para Sobat Shopee, mulai dari Goyang Shopee senilai Rp. 10 milyar, promo serba Rp 10 ribu, gratis ongkir sebanyak 10 kali, sampai dengan promo diskon hingga 90% untuk aneka produk terfavorit.

Masih penasaran masing-masing detailnya seperti apa? Coba cek penjelasan berikut. Menariknya lagi pesta belanja ini bisa teman-teman ikuti setiap hari mulai dari tanggal 22 April hingga 6 Juni 2019.

1. Goyang Shopee

Sobat Shopee bisa memperoleh Koin Shopee tanpa harus belanja atau membeli.Caranya cukup menggoyangkan smartphone-mu secara cepat, Goyang Shopee akan memberikan Koin Shopee tambahan dengan jumlah yang PASTI LEBIH BESAR bagi para Sobat Shopee.

2. Promo Serba 10 ribu

Di Shopee Big Ramadhan Sale tahun ini, Sobat Shopee tidak hanya dapat membeli produk-produk favorit Sobat Shopee hanya dengan Rp 10 ribu saja. Mengusung tema PASTI LEBIH BESAR, teman-teman juga dapat memenangkan hadiah paket Umroh GRATIS, lho!

3. Gratis Ongkir Sebanyak 10 kali

Shopee Big Ramadhan Sale juga hadir dengan promo gratis ongkir yang PASTI LEBIH BESAR sebanyak 10 kali tanpa minimum belanja.

bulan ramadan
berbagai pilihan promo dan diskon
bulan ramadan
pilihan belanja di supermarket sale

Gimana teman-teman? Sudah siap belanja kebutuhan di market place Shopee?
Jangan lupa, untuk mengikuti program Big Ramadhan Sale ini teman-teman harus bersabar ya, kadang beruntung, bisa juga tidak. Utamanya, jangan sampai mengganggu ibadah puasa kalian.

Selain untuk keperluan pribadi, barangkali teman-teman sudah punya rencana mau berbagi kebaikan ke siapa saja di bulan Ramadan ini. Kebetulan sekali ada Shopee Big Ramadhan Sale, jadi pas banget saya bisa berbagi kebaikan dengan sedekah keperluan sehari-hari dan bersih-bersih untuk anak-anak asuh di panti. Iyalah ya, kan kebersihan adalah sebagian dari iman. Apalagi ada fitur ”Ingatkan Saya”, supaya Sobat Shopee tidak lupa…

Bandung, 14 Mei 2019

signature haniwidiatmoko

15 pemikiran pada “7 Amalan Kebaikan di Bulan Ramadan. Nomor 7 Terlaksana Bersama Shopee”

  1. Berbagi saat Ramadhan memang banyak pahalanya ya mbak. Untung pas ramadhan gini shopee kasih diskonnya mantep. Free ongkir pula. Mau ngasih juga mudah, tidak harus meluangkan waktu keluar rumah ke toko. Cukup pencet gadget, barangnya nyampai langsung kerumah kemudian.

  2. Sebenarnya saya sudah berjani mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu berfaedah di bulan Ramadan, seperti ngintipin media sosial hingga berjam-jam-jam atau lihat-lihat model baju apa yang cocok saya kenakan di hari Lebaran, ah unfaedah banget. Ngintipin doang sih, beli kagak, hehehe…
    Tapi ngintip-ngintip promo di Shopee bisa juga nih, siapa tahu dapat sesuatu setidaknya dapat barang diskonan hehehe..

  3. Bener ya Bun, sekarang mah jamannya serba canggih, mau donasi dan berbagi juga nggak perlu repot ke sana sini. Tinggal klak klik, semua bisa dilakukan. Ah, Shopee ini emang the best dah, belanja hemat, gampang dan anti ribet. Mantab kali pokoknya.

  4. Wah bagus banget ini programnya shopee ada bagi-bagu sedekah bagi anak yatim dan dhuafa. Sedekah ga perlu repot lagi yah sekarang, sambil belanja online sambil sedekah deh. Emang shopee juara nih

  5. Senangnya semakin banyak yang peduli berbagi, termasuk Shopee. Ingat belanja, ingat berbagi juga kan ya, jadinya.

    Ramadhan kali ini entah kenapa terasa terlalu cepat bergerak. Sedang begitu menikmati ibadah. Sedih tahu-tahu sudah sepertiga Ramadhan dilewati ya, Bun.

  6. Ramadan semakin istimewa dengan adanya hari-hari bersejarah itu ya, Bund. Eh, ternyata si Shopee ikut andil pada bagian yg ke-7.
    Salut deh dengan marketplace yg satu ini; memfasilitasi kebaikan di bulan mulia.
    Saya pun yg jarang belanja online mulai mupeng dg program2 Ramadan Shopee nih 🙂
    Baarakallah untuk aksi berbaginya ya, Bund

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com