7 Tempat Buka Puasa Favorit di sekitar Buah Batu, Bandung

Membahas buka puasa, sebetulnya yang paling pas dihati adalah berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Kebetulan saya ikut BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge, tema hari kedua adalah tentang Tempat Buka Puasa Favorit (di kotamu). Jadi saya berpikir keras, di mana saja tempat buka puasa favorit tersebut. Pernah juga saya mendapat undangan buka bersama oleh Ketua Program Studi dari sebuah kampus. Waktu itu berbuka puasa di sebuah restoran sekitar Balai Kota, sistemnya prasmanan (buffet).

Kuliner sekitar Buah Batu, Bandung

Rumah saya sejak tahun 1985 pindah ke Bandung ikut suami tak jauh dari jalan Buah Batu. Jalan tersebut membentang dari ujung jalan Gurame (Utara) hingga ke perempatan jalan Soekarno-Hatta (Selatan) sepanjang hampir 3 km.

Pertama kali pindah ke Bandung, jalan Buah Batu masih sepi, masih ada bemo. Sekarang jalan Buah Batu tak lepas dari kemacetan. Bahkan di pagi hari mulai dari pukul 06:00-08:00 diberlakukan satu arah dari Selatan ke Utara. Karena banyak warga dari kompleks perumahan yang ada di Selatan Bandung berkegiatan ke pusat kota Bandung, jalan yang sering dilalui adalah jalan Buah Batu.

Tak heran banyak pertokoan, dari mulai toko buku, hijab hingga kuliner berderet-deret sepanjang jalan Buah Batu.

Kenapa yang saya angkat untuk tempat buka puasa favorit adalah di sekitar Buah Batu, ya supaya dekat dari rumah saja. Bayangkan, untuk buka puasa bersama di jalan Ir. H. Juanda, saya harus berangkat pukul 16:30 dari rumah, kalau tak ingin terjebak kemacetan menuju hampir semua tempat makan.

Teman-teman kumpul saja di rumah saya, nanti kita jalan kaki atau naik angkot ke tempat kuliner tersebut.

Setuju, kan …

peta buah batu
peta jalan Buah Batu, Bandung

1- Richeese Factory Buah Batu

buka puasa buat batu
Chicken Wing Richeese Factory

Richeese Factory Buah Batu merupakan bangunan dua lantai. Menu utama di Richeese Factory adalah ayam goreng tepung yang dicocol dengan saus keju. Bagi yang suka pedas ada pilihan level pedas yang diinginkan. Biasanya di bulan puasa tersedia paket Ramadan.

Alamat jalan Buah Batu no 241-243 – Telepon 1 500 200

2- Soto Ahri

buka puasa buat batu
Soto Ahri

Rumah makan Soto Ahri sudah cukup lama ada di Buah Batu, lokasinya di sebelah toserba Borma. Tempatnya kecil, sehingga hanya cocok untuk buka puasa bersama keluarga. Kuliner asli Garut ini menyediakan soto daging, dengan rempah yang ringan dan segar.

Kedai soto ini beralamat di jalan Buah Batu no 235 – Telepon 0812-2269-4311

3- Hoka Hoka Bento

Menu HokBen

Siapa yang tak kenal HokBen atau Hoka-hoka Bento. Kuliner franchise ini semula banyak yang mengira kuliner asli Jepang, padahal rekaan orang Indonesia. Kuliner ini disukai dari mulai anak-anak hingga dewasa, pilihannya beragam, dan harganya pun terjangkau.

Hoka-hoka Bento daerah Buah Batu masih sederetan dengan toserba Borma, beralamat di jalan Buah Batu no 231 – telepon (022) 7308818.

4- Sambal Khas Karmila

buka puasa buah batu
Ayam Geprek Khas Karmila

Teman-teman yang suka hidangan pedas untuk buka puasa, bisa ke Sambal Khas Karmila. Taglinenya ada belasan sambal yang bisa dipilih. Favorit restoran ini adalah Ayam Bakar Rempah atau Ayam Geprek. Tempatnya tidak luas, jadi sebelum ke sini, ada baiknya memesan tempat terlebih dahulu.

Alamat jalan Buah Batu no 167 – Telepon 0811 2288167

5- Madame Sari Restaurant

buka puasa buah batu
Bubur Candil ala Madame Sari

Restoran ini satu perusahaan dengan toko kue yang sudah tak asing lagi yaitu Kartika Sari. Di Bandung, ada beberapa cabang Kartika Sari. Madame Sari Restaurant menjadi tempat favorit karena tempatnya cukup luas, menu pilihannya banyak, dan harganya terjangkau.

Biasanya yang kami lakukan adalah share foto menu di grup WhatsApp kemudian kami memilih menu dan membayar iuran ke salah satu anggota.

Alamat jalan Buah Batu 165 A – Telepon 022-7318485

6- Kedai Mie Aceh Cie Rasa Loom

buka puasa buah batu
Mie Kuah

Sajian mie khas Aceh juga bisa menjadi menu buka puasa yang lezat. Kita bisa menikmati hidangan berupa mie goreng dan mie rebus khas Aceh dengan aneka rasa seperti kepiting hingga cumi. Kedai Mie Aceh ini juga menyediakan menu lainnya berupa nasi goreng hingga roti canai yang tidak kalah lezat. Saya paling suka minuman dinginnya Es Timun Serut.
Alamat Jalan Buah Batu no 154 – telepon (022) 7304941

7- Chingu Cafe & Chagiya BBQ

buka puasa buah batu
Chingu Cafe & Chagiya BBQ

Chingu Buah Batu berbentuk ruko. Bangunan berlantai 3 ini tak terlalu luas. Interiornya ditata  ala-ala Korea Town dengan tema berbeda di setiap lantainya. Sayangnya Chingu Cafe tempatnya kecil, sehingga selalu penuh. Ada baiknya memesan tempat terlebih dahulu, supaya yakin ada tempat duduk bagi semua.
Alamat jalan Buah Batu no. 218 – telepon (022) 73511036 , seberang Griya Buah Batu.

Nah, teman-teman itulah beberapa tempat buka puasa favorit di sekitar Buah Batu, Bandung. Bila ingin berbuka puasa bersama sebaiknya memesan tempat terlebih dahulu, dan cek juga kapasitas ruangan tersebut. Kecuali bukbernya, BUKa BERdua seperti saya, tak masalah tempatnya kecil dan kapasitas meja terbatas.

Tidak semua tempat-tempat tersebut mempunyai tempat parkir yang cukup luas. Oleh sebab itu bila ingin buka puasa bersama teman dalam jumlah banyak, ada baiknya teman-teman naik kendaraan umum atau transportasi on line.

Jangan lupa perhatikan juga kapasitas dan fasilitas musholanya. Bila perlu wudhu saja dari rumah, supaya tidak antri di TKP tembat berbuka puasa bareng tadi.

Selamat Berbuka Puasa!

Sumber:

http://jabar.tribunnews.com/2018/12/05/6-tempat-makan-enak-di-buahbatu-bandung-dari-soto-ahri-hingga-nasi-goreng-gondrong

http://foodnotestories.com

https://www.wisatabdg.com/

Bandung, 7 Mei 2019

signature haniwidiatmoko

2 pemikiran pada “7 Tempat Buka Puasa Favorit di sekitar Buah Batu, Bandung”

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com