Pengalaman Terapi Laser pada Wajah Akibat Hiperpigmentasi

Teman-teman, ketika pertama kali membaca kata laser, yang saya bayangkan adalah clap-clap sinar pada pedang yang ada di film Star War. Kemudian sedikit-sedikit mengetahui bahwa laser untuk medis seringkali diterapkan pada saat operasi bedah. Banyak yang mengulas, operasi dengan laser berbeda dengan memakai pisau bedah konvensional. Luka yang ditimbulkan tidak berdarah-darah. Kemudian ada juga saya membaca tentang artis yang membuang tatoo pada tubuhnya dengan laser. Nah, kan yang saya bayangkan laser itu semacam alat potong organ atau menguliti tubuh. Ternyata terapi laser pada wajah akibat hiperpigmentasi prosesnya cepat dan tidak sakit.

Apa itu Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit warnanya lebih gelap daripada yang seharusnya karena peningkatan produksi melanin dalam tubuh. Produksi melanin sebetulnya merupakan upaya pertahanan tubuh terhadap radiasi matahari. Disebut hiperpigmentasi bila menggelapnya kulit wajah tersebut tidak merata tetapi berupa noda, flek, freckles, atau bintik-bintik hitam.

Penyebab hiperpigmentasi antara lain disebabkan oleh:

  1. Genetik
  2. Usia
  3. Paparan sinar matahari yang berlebihan
  4. Obat-obatan yang mengandung hormon

Hiperpigmentasi dapat dikurangi dengan berbagai bahan herbal, krim yang dijual bebas, maupun racikan dari dokter. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan memerlukan ketelatenan dan waktu yang lama. Apabila noda gelap pada wajah tersebut berada di lapisan kulit yang dalam maka perlu terapi khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Proses terjadinya warna gelap pada kulit wajah tersebut terjadi secara perlahan dan berulang, seperti halnya terpapar sinar matahari setiap hari. Kita sering tidak sadar bahwa ternyata makin lama bercak-bercak hitam pada wajah semakin banyak.

Teman-teman, sekarang ini ada langkah yang mulai populer dilakukan yaitu terapi laser pada wajah.

Terapi laser pada wajah dilakukan di klinik oleh dokter spesialis kulit. Oleh sebab itu penting untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter di klinik tersebut untuk mendapat penjelasan lebih detail.

Proses Konsultasi di Klinik

Waktu itu saya menyempatkan berkunjung ke sebuah klinik di jalan Lombok no 33, Bandung. Jujur saya datang ke klinik ini setelah membaca review dari teman-teman narablog tentang klinik MS Glow Aesthetic Clinic. MS merupakan kependekan dari motto klinik yaitu Magic for Skin.

Menurut review dari teman-teman, untuk treatment pertama kali harganyanya dibandrol Rp. 150.000,-.

Setelah mendaftar, CS di bagian pendaftaran menanyakan apakah saya mau konsultasi dengan dokter. Saya mengiyakan. Karena saya ingin mencoba juga dong peralatan Skin Check seperti yang direview oleh salah seorang teman.

Di ruang praktek ada Dr. Sarah. Dokternya geulis pisan dan kulitnya mulus tak bernoda.

Dr. Sarah menanyakan sehari-hari saya memakai produk perawatan apa saja. Merk yang dipakai, perawatan siang hari, dan perawatan malam hari. Sehari-hari saya hanya memakai produk cairan pembersih, toner, sunblock 50 SPF, dan BB cream. Sedangkan malam hari saya hanya memakai krim malam, belum memakai serum.

Kemudian saya diminta menempelkan wajah saya di alat Skin Check yang ada. Hasilnya adalah, pori-pori besar (iya sih, apalagi di hidung banyak komedonya), freckles atau noda hitam (iya sih, ada segitiga gelap gitu di kedua tulang pipi). Agak terhiburnya adalah, kerutan di wajah tergolong sedikit untuk usia saya. Alhamdulillah, ini berkat perawatan wajah yang dimulai sejak sebelum usia 30 tahun.

skin check

Dr. Sarah kemudian menawarkan saya untuk mencoba terapi Laser New Skin Ultimate, sekalian facial Glow Ultimate Light. Kebetulan ada promo sih. Jadi ya … saya tertarik nih.

  • Facial Glow Ultimate Light : Perawatan yang berfungsi untuk mencerahkan, melembutkan, dan mengangkat sel kulit mati serta berfungsi untuk mengurangi tampilan bekas jerawat pada wajah sehingga kulit lebih cerah, sehat, dan tampak bersih.
  • Laser New Skin Ultimate: Perawatan menggunakan laser untuk menghilangkan noda wajah dan flek.

Terapi Laser pada Wajah

Setelah selesai konsultasi, saya pun membawa medical record yang berisi catatan dari Dr. Sarah untuk langkah selanjutnya. Saya menunggu sebentar di ruang tunggu untuk masuk ke ruang treatment. Ruangannya bersih dengan interior nuansa putih dan emas seperti halnya lobby dan ruang praktek. Setiap ruang treatment ada 2 tempat tidur dan beberapa alat treatment. Saya diminta menyimpan tas dan melapis baju dengan kimono warna abu.

Langkah facial dan terapi laser pada wajah di MS Glow Aesthetic Clinic adalah sebagai berikut:

proses terapi laser
  1. Terapis membersihkan wajah dengan sabun pembersih dan spons
  2. Memassage wajah
  3. Melapis wajah dengan krim pelembut komedo kemudian diuapkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  4. Selanjutnya mengeluarkan komedo. Saya tuh sering facial dan selalu kesakitan kalau dikeluarkan komedonya, yang membuat saya malas facial. Takjubnya, di sini saya tidak merasakan sakit sama sekali. Pinteran si Teteh Terapis nih…
  5. Kemudian saya diminta pindah ke ruang praktek Dr. Sarah. Di ruang praktek memang ada tempat tidur untuk treatment juga.
  6. Wajah saya dilapis terlebih dahulu dengan gel bening cukup tebal. Rasanya dingin di wajah.
  7. Dilakukan persiapan untuk laser dengan menutup mata saya dengan kacamata khusus.
  8. Dr. Sarah kemudian mulai melaser wajah saya. Ada kilatan-kilatan sinar dan terasa hangat di wajah. Kira-kira 10-15 menit proses melaser wajah tersebut.
  9. Setelah proses laser selesai, terapis membersihkan gel bening, kemudian saya diminta kembali ke ruang treatment.
  10. Di ruang treatment, mata ditutup, kemudian wajah saya dimasker. Rasanya sejuk dan dingin. Selama proses dimasker, ada semacam lampu hijau yang menerangi wajah saya.
  11. Setelah masker kering, membentuk lapisan lunak yang tinggal dikelupas oleh terapis.
  12. Terapis memakaikan sun screen. Selesai.

Total proses terapi sejak datang hingga mau pulang, tidak sampai 2 jam. Lumayan cepat.

Biasanya selain proses facialnya menyakitkan (iya sih, no pain no gain), memakan waktu cukup lama, sehingga saya tidak terlalu suka facial.

Cara Kerja Laser pada Wajah

Cara Kerja Laser

Teman-teman, sebelum proses laser wajah tersebut saya sempat menanyakan ke Dr. Sarah, bagaimana sih cara kerja laser tersebut?

Dr. Sarah menjelaskan sebagai berikut:

Freckless atau bercak-bercak noda pada wajah tersebut disebabkan oleh zat namanya melanin. Sinar laser merupakan gelombang sinar yang ditembakkan dan diserap oleh sel-sel tubuh, serta diubah menjadi panas.

Gelombang sinar tersebut menembus lapisan dermis memperbaiki lesi maupun masalah kulit lainnya, merangsang stimulasi kolagen dan elastin, memperbaiki dan menyamarkan noda hitam, keriput serta garis-garis halus pada wajah. Secara umum, tingkat kekuatan gelombang laser berbeda-beda dan bergantung pada luas daerah flek hitam. 

Walaupun kita sudah pulang ke rumah, sisa-sisa sinar tersebut masih bekerja sehingga kulit wajah terlihat cerah justru setelah beberapa hari kemudian.

Pesan Dr. Sarah, sehari-hari kita wajib memakai sunblock, minimal 50 SPF.

Tentang Sun Block saya pernah menuliskannya di sini: 5 Istilah Sun Protection Yang Perlu Diketahui Agar Terhindar Dari Gangguan Kulit

Supaya hasilnya maksimal, Dr. Sarah juga menawarkan untuk memakai krim produk dari MS Glow. Karena saya masih punya produk perawatan di rumah, dan sayang kalau dibuang ganti dengan produk MS Glow. Dr. Sarah membolehkan saya hanya memakai produk serum dan krim malam anti flek. Untuk perawatan sehari-hari dibolehkan memakai produk yang masih ada.

Cukup bijak sih menurut saya. Biasanya kita kalau ke klinik, disarankan mengganti seluruh seri perawatan, sehingga produk yang ada terpaksa dibuang.

Nah, gimana teman-teman, tertarik untuk mencoba terapi di MS Glow. Banyak promo sih.

Kepoin saja Instagramnya. Untuk Bandung di msglowclinicbandung. Bisa juga ke website MS Glow.

price list april 2019

Bandung, 1 Juni 2019

signature haniwidiatmoko

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com