Tips Kompres Gambar Dengan WEBSITEPLANET

kompres gambar
laman WEBSITEPLANET

Teman-teman pernah kan kesal karena tiba-tiba akan unggah gambar di blog muncul keterangan GALAT. Ternyata selidik punya selidik kapasitas hosting kita di penyedia hosting sudah penuh. Seharusnya kita melakukan kompres gambar terlebih dahulu supaya rumah maya kita tidak cepat penuh. Terutama untuk yang memakai template WordPress. Kalau teman-teman yang memakai template Blogspot sepertinya tidak ada masalah dengan kapasitas hosting, karena sudah diakomodir oleh Google.

Saya sebagai pengguna template WordPress pernah menuliskannya di artikel dan juga saran dari teman-teman narablog bahwa gambar dan foto yang akan kita unggah harus disesuaikan terlebih dahulu. Ada dua hal yang perlu kita lakukan yaitu resize dan kompres.

Baca juga: Tips Kompres Gambar Dengan TinyPNG Untuk WordPress

Mengingatkan kembali saja, apa bedanya resize dan kompres ya …

Kalau resize adalah mengatur dimensi foto. Dimensi foto asli dari kamera atau kamera ponsel biasanya ukurannya besar, contohnya: sebuah foto tentang stasiun Bandung dengan nomor foto IMG_20190413_083422.jpg, Dimensions: 4160 X 3120 pixels, dan Size: 3.16 MB.

Sebaiknya dimensinya kita kecilkan ke 600 hingga 800 pixels sisi terpanjang. Sisi pendek biasanya mengikuti. Kita bisa mengatur untuk seluruh foto melalui software Photoshop. Pembahasan tentang ini teman-teman bisa cek ke blognya Teh Yashinta di yasinyasinthadotcom, judul artikelnya Resize Foto Banyak Sekaligus Dengan Photoshop.

Pengertian Kompres Gambar

Pengertian kompres gambar adalah mengecilkan bobotnya. Dengan mengecilkan dimensi (resize) bobotnya juga turut mengecil. Misalnya gambar dimensi semula
4160 X 3120 pixels, dan bobotnya 3.16 MB. Bila dimensi dikecilkan menjadi 800 X 600 pixels, bobotnya sudah berkurang jauh menjadi 130 Kb.

Ternyata bobot foto masih bisa dikompres lebih kecil lagi.

Kalau dulu saya memakai program TinyPNG. Foto berbobot 133.6 Kb bisa dikompres 39% menjadi 81.0 Kb.

kompres melalui Tiny PNG, max 20 gambar @ 5Mb

Sedangkan bila dikompres melalui program WEBSITEPLANET, foto yang sama berbobot 130an Kb bisa dikompres 53% menjadi 61.0 Kb.

Ternyata memakai program WEBSITEPLANET kompres fotonya prosentasenya lebih tinggi, sehingga meringankan blog kita sendiri. Sudah tahu kan, bila foto atau gambar bobotnya ringan maka tayangnya lebih cepat. Usahakan foto atau gambar yang akan diunggah tidak lebih dari 200 Kb. Kalau bisa, di bawah 100 Kb kan bagus banget.

kompres melalui WEBSITEPLANET, max 40 gambar @ 50 Mb

Kompres Gambar Dengan WEBSITEPLANET

Teman-teman berikut langkah-langkah kompres gambar dengan WEBSITEPLANET:

  1. Buka link laman www.websiteplanet.com/id/, klik PERALATAN. Klik KOMPRESI PNG/JPG
  2. Klik lingkaran dan unggah foto atau gambar yang akan dikompres
  3. Sebaiknya foto sudah diresize dan diberi nama sesuai keywords
  4. Bila sudah dikompres maka nama gambar akan ada tambahan di belakang menjadi XXXX_optimized.jpg. Ini sangat memudahkan untuk memilah foto.
  5. Pilihan simpan gambar bisa dihardisk laptop, dropbox, dan google drive.
kompres online melalui laman websiteplanet
klik lingkaran dan unggah foto yang akan dikompres

Nah, teman-teman demikianlah tips kompres gambar online dengan WEBSITEPLANET. Dibandingkan dengan TinyPNG dari segi kapasitas kompres juga berbeda. Bila TinyPNG, maksimal sekali kompres berturut-turut adalah 20 gambar, maksimal 5 Mb tiap gambar. Sedangkan dengan WEBSITEPLANET, batasannya 40 gambar, masing-masing 50 Mb. Seru kan …

Kelebihannya lagi website ini bukan hanya untuk kompres gambar, masih banyak lagi informasi dan fitur yang bisa kita peroleh manfaatnya. Antara lain Tinjauan, Blog, dan Peralatan. Sila langsung meluncur deh ke laman WEBSITEPLANET.

Baca juga: Mendatangkan Traffic Dari Image Blog? Bisa, Optimasilah Dengan Langkah-langkah Berikut!

Bandung, 5 Juli 2019

17 pemikiran pada “Tips Kompres Gambar Dengan WEBSITEPLANET”

  1. Wah, ini pas banget dengan yg sedang saya butuhkan Mbak. Ini alasan blog sy mati suri sudah cukup lama. Karna kepenuhan gambarnya. Akibatnya saya jadi malas melanjutkan. Rupanya krn saya gak pernah mengkompres dan resize gambar. Hiks.

  2. Saya kebetulan pakai blogspot, jadi belum ada masalah begini bund. Tapi kemarin ada temen yang punya masalah ini. Ijin saya share ya tulisan ini, barangkali bermanfat buat temen sy yang pakai wp tersebut 🙂

  3. Saya kebetulan pakai blogspot, jadi belum ada masalah begini bund. Tapi kemarin ada temen yang punya masalah ini. Ternyata kompresnya bisa pakai WEBSITEPLANET ya.

    Ijin saya share ya tulisan ini, barangkali bermanfat buat temen sy yang pakai wp tersebut 🙂

  4. Saya kebetulan pakai blogspot, jadi belum ada masalah begini bund. Tapi kemarin ada temen yang punya masalah ini. Ternyata kompresnya bisa pakai WEBSITEPLANET ya. Ok catat

    Ijin saya share ya tulisan ini, barangkali bermanfat buat temen sy yang pakai wp tersebut 🙂

  5. Alhamdulillah ketemu artikel ini.Pas aku galau beud cari alternatif selain photoshop. Kalau di hp aku pakai Lit Photo. Tapi ya kurang kecil.Di photoshop kadang masih 200an. Ntar aku lgs coba buat artikel Katedral deh.Buesar-besar fotonya.Nuwun ya, Mbak

Tinggalkan komentar

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com