Manfaat dan Tips Memilih Baby Stroller

  • Whatsapp
baby stroller

Teman-teman mungkin di antara teman-teman ada yang baru berkeluarga atau menambah anggota keluarga? Pertama-tama, saya ucapkan selamat ya. Nah, fasilitas apa saja nih, sebagai pelengkap merawat dan mengasuh si Kecil? Bagaimana dengan baby stroller? Apa manfaatnya dan kalau ingin memiliki, tipsnya seperti apa?

Yuk, simak artikel di bawah ini.

Muat Lebih

Manfaat Baby Stroller

Zaman dulu sepertinya kita jarang melihat keluarga jalan-jalan sambil mendorong si Kecil di dalam kereta bayi. Kebanyakan melibatkan ART atau anggota keluarga untuk membantu menggendong. Tetapi dengan semakin mobile-nya masyarakat kita, ditambah lagi desain stroller yang bagus, banyak keluarga memilih stroller sebagai pelengkap mengasuh si Kecil.

Stroller atau baby stroller merupakan alat transportasi berupa kereta dengan aneka model yang berfungsi untuk memindahkan atau sebagai tempat sementara si Kecil.

Alat Transportasi yang Nyaman

Seperti telah saya bahas di atas, stroller bermanfaat sebagai alat transportasi untuk si Kecil. Desain dan modelnya ternyata beragam. Ada yang untuk bayi baru lahir sampai usia tertentu. Ada pula yang untuk si Kecil sudah bisa duduk dan diubah-suai sebagai car seat, yaitu tempat duduk khusus anak kecil yang ditempatkan di mobil. Ada pula untuk anak balita yang memang dikhususkan untuk dibawa berjalan-jalan bila bepergian. Desain-desain khusus lainnya ada yang beroda empat atau beroda tiga, dilengkapi tudung maupun kantong untuk menyimpan perlengkapan bayi. Bahkan ada desain yang untuk bayi kembar atau bayi dan kakaknya yang sudah agak besar.

Jangka Panjang

Banyak keluarga yang menginvestasikan membeli stroller yang cukup mahal sebagai perlengkapan bayi utama. Hal ini dipertimbangkan untuk adiknya di kemudian hari.

Bisa juga kriteria jangka panjangnya adalah dari segi desain. Stroller yang seperti ini biasanya stroller tersebut awalnya dipakai untuk bayi baru lahir, kemudian bisa diubah-suai dipakai untuk si Kecil ketika sudah bisa duduk. Caranya dengan melepas beberapa bagian tertentu.

Savety

Membawa bayi maupun balita dengan stroller sekarang cukup trend di antara keluarga muda. Pertama, tidak membuat lelah menggendong bayi kemana-mana bila ada keperluan. Kedua, mendorong bayi memakai stroller dirasa cukup aman, karena desainnya memang memberi perlindungan untuk bayi dan balita.

Baca juga: Manfaat Menggendong Bayi

Tips Memilih Baby Stroller

Teman-teman, sebelum memutuskan membeli baby stroller, ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tipe, jenis, harga, dan review merek tertentu.

Tipe Baby Stroller

Pertimbangkan terlebih dahulu, stroller yang kita butuhkan untuk apa. Apakah dipakai setiap hari atau hanya diwaktu-waktu tertentu? Apakah akan dipakai berjalan santai sekitar rumah kita, atau akan dibawa bepergian yang jauh. Bila ada dua balita di rumah, bisa dipertimbangkan menyiapkan double stroller.

Jenis Baby Stroller

Sekarang ini ada desain stroller berupa desain multi-fungsi. Misalnya konstruksi antara tempat duduk dirangkai terpisah dengan rangka dan rodanya. Sehingga sewaktu-waktu, tempat duduk di stroller bisa diangkat lalu difungsikan menjari car seat.

Ada pula stroller yang kesannya berat dan menyulitkan ketika akan dilipat dan dimasukkan ke bagasi mobil. Sehingga perlu diukur dengan pasti dimensi stroller maupun bagasi mobil.

Mencari Review

Ada baiknya mencari review dari berbagai sumber. Misalnya ulasan artikel dari blog atau media online. Nasihat, teliti sebelum membeli,  memang patut kita ikuti. Karena beberapa merek stroller harganya cukup mahal.

Berat stroller rata antara 10 hingga 15 kg, tanpa bayi. Jadi perhatikan material stroller, cara melipat, dan lain-lain. Makin ringan sebuah stroller makin baik. Tetapi di sisi lain, makin ringan stroller ada kemungkinan tidak stabil, sehingga dikhawatirkan stroller mudah terguling. Perhatikan pula sistem suspensi dan roda-rodanya.

Harga

Berbicara tentang harga, seringkali menjadi pertimbangan utama ketika akan membeli stroller. Hindari membeli tergesa-gesa atau asal membeli karena harganya murah.

Tetapi bila teman-teman ragu untuk membeli, sekarang ada fasilitas sewa stroller juga. Biasanya fasilitas sewa tersebut justru menyediakan aneka desain dan model produk yang berkualitas.

Jangka waktu sewanya ada yang 1 minggu hingga 1 bulan. Sehingga memudahkan bagi keluarga yang memerlukan stroller hanya untuk keperluan singkat, misalnya untuk travelling.

Baca juga: Menyupir Aman Bersama Anak Kecil

review produk

Semoga bermanfaat …

Bandung, 2 Oktober 2019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *