[ReviewBuku] Financial Tips For Mom

  • Whatsapp
bukuku

Bicara masalah keuangan di kalangan ibu-ibu itu tiada habisnya. Sebetulnya kecerdasan finansial bukan melulu urusan Mom, lho. Sejak anak-anak baik laki maupun perempuan sebaiknya sudah diajarkan mengatur keuangan. Entah diajari belanja, lalu mencatat, untuk belajar berhitung sederhana. Atau diberi uang untuk ditabung dan banyak lagi.

Mengatur keuangan itu secara tak sadar kita belajar strategi. Untuk ibu rumah tangga yang sumber keuangan keluarga dari suami, harus bisa mencukupkan untuk sebulan ke depan.

Muat Lebih

Berikut ini saya mereview buku Financial Tips For Mom, sebuah buku antologi yang disusun oleh para Alumni Joeragan Artikel, sebuah komunitas tulis-menulis yang digagas oleh Ummi Aleya (Sri Kuswayati).

Financial Tips For Mom

Sebagai seorang “menteri keuangan” dalam rumah tangga, kecerdasan finansial harus dimiliki seorang ibu atau istri. Terlepas dari statusnya sebagai ibu bekerja atau ibu rumah tangga, kemampuan mengelola keuangan adalah hal krusial yang harus dimiliki. Oleh karena itu, Financial Tips For Mom hadir untuk memberikan tips-tips praktis mengelola keuangan yang cocok bagi para ibu dan istri.

Buku ini terdiri dari beberapa bab yaitu:

Penghasilan Tetap Maupun Tidak, Semua Bisa Diatur

Meskipun penghasilan Anda tidak besar, akan cukup untuk memenuhi biaya hidup. Namun, sebesar apa pun penghasilan Anda, tidak akan cukup untuk memenuhi gaya hidup.

Apa pun Kondisinya, Mommy Selalu Punya Trik-nya

Ibarat kata, walau badai menghadang, seorang Mommy selalu punya cara buat menerjangnya.

Utang Bikin Pusing? Begini Cara Mengelolanya

Terkadang utang bisa menyelesaikan suatu masalah, tetapi terdapat kemungkinan besar di mana utang akan menimbulkan masalah yang lain.

Asuransi? Seberapa Penting, Sih?

Asuransi dibutuhkan bukan karena manusia pasti tiada, tetapi karena apabila orang meninggal, yang ditinggalkan harus tetap hidup.

Anak Dan Finansial Literasi

Meskipun masih berusia belia, ternyata anak-anak juga perlu dikenalkan dengan finansial literasi. Tentu saja disesuaikan dengan tahapan usianya. Kenapa? Karena justru di usia muda inilah pemahaman keuangan yang baik lebih mudah untuk ditanamkan, sehingga di usia dewasa kelak mereka bisa melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan lebih baik.

Rencanakan Pensiun Anda

Masih banyak orang belum menyadari pentingnya menyiapkan dana pensiun. Sebagian kecil lainnya menyadari setelah memasuki usia tua. Tentu saja ini sudah sangat terlambat.

Tips-tips Finansial Populer

Pada bab ini disajikan beragam artikel-artikel finansial popular yang tentu saja syarat dengan inspirasi dan informasi.

Kontributor

Rara Radyanti, Bety Sulistyorini Kristianto, Hani Widiatmoko, Febri Purwantini, Nida Wulandari, Isna Nur Isnaini, Tri Kurniati Budiasih, Dhika Suhada, Ningsih Ashilla, Ummu Arrahma, Dian Novandra, Kinanti Rinjani, Riski Nia, Nur Yani, Nina Kirana, Nani Herawati, Madu Retno, Anita Mutiara N., Srie Ningsih, Lia Soeparno, Larasati, Hessa Kartika, Indah Mutiara Putri, Srijembarrahayu Suwanto, Tatiek Purwanti

Bandung, 18 Oktober 2019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 Komentar

  1. Wah keren nih bukunya, kontributornya penulis2 yg udah nggak asing, pastinya bakal seru berbagi pengalaman soal tips mengatur keuangan keluarga, recommended buat emak2 seperti Saya yg nggak punya banyak ilmu seputar financial planning

  2. Mengatur keuangan bikin pusing. Kayaknya selalu ada aja pengeluaran tak terduga. Btw, nama2 kontributornya familiar banget deh. Kereeen

  3. Buku kayak gini nih yang dibutuhkan para emak, biar jago mengatur keuangan.
    Eh saya sangat tertarik dengan bab tentang “Rencanakan Pensiun Anda”
    Penasaran gimana caranya, soalnya 5 tahun lagi saya pensiun dan perencanaan keuangan saya masih menggunakan cara lama h

  4. Buku kayak gini nih yang dibutuhkan para emak, biar jago mengatur keuangan.
    Eh saya sangat tertarik dengan bab tentang “Rencanakan Pensiun Anda”
    Penasaran gimana caranya, soalnya 5 tahun lagi saya pensiun dan perencanaan keuangan saya masih menggunakan cara lama

  5. Buku kayak gini nih yang dibutuhkan para emak, biar jago mengatur keuangan.
    Eh saya sangat tertarik dengan bab tentang “Rencanakan Pensiun Anda”
    Penasaran gimana caranya, soalnya 5 tahun lagi saya pensiun dan perencanaan keuangan saya masih menggunakan cara lama

  6. Nama saya tertulis paling akhir tuh, hihi… Alhamdulillah, senangnya bisa ikut bergabung sebagai kontributor dalam buku penuh manfaat ini. Saya juga banyak belajar nih dari tulisan para bunda di dalam buku ini. Tapi, belum saya tulis review-nya, hehe