Tempat Wisata Sejarah Menarik di Bandung

Tempat Wisata Sejarah Menarik di Bandung

Teman-teman, sama halnya dengan daerah lain, banyak sekali tempat wisata di Bandung. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi. Tempat wisata yang tersedia di Bandung bukan hanya wisata alam, namun terdapat juga wisata sejarah. Tempat tersebut wajib teman-teman kunjungi, mengingat banyak sekali hal yang bisa ditemukan di tempat ini. Dengan mengunjungi tempat wisata sejarah tersebut maka teman-teman akan lebih mengetahui sejarah yang ada di Bandung. Bisa terjadi sejarah ini bahkan tidak di tulis di buku sejarah sekalipun.

1 – Gedung Sate

Tidak sah jika berkunjung ke Bandung, namun tidak menyempatkan diri untuk datang ke tempat yang satu ini. Gedung Sate merupakan ikon Kota Bandung. Tidak heran jika tidak ada orang yang tidak mengetahuinya. Terdapat salah satu spot foto menarik yang ada di gedung ini. Selain itu, kawasan di sekitar gedung ini juga sangat terkenal bahkan di kalangan masyarakat dan pendatang sekalipun. Banyak kisah sejarah yang bisa kita pelajari di gedung ini. Bangunan ini telah dibangun sejak tahun 1920 dan telah selesai pada tahun 1924. Bangunan ini sangat megah, tidak heran jika pada masa penjajahan, bangunan ini menjadi salah satu lokasi pertempuran. Terdapat 7 orang yang gugur di bangunan ini dan dimakamkan di halamannya. Mereka adalah pejuang yang melawan Inggris, hal ini bisa teman-teman lihat pada tugu yang berada di kawasan halaman gedung ini. Karena nilai sejarahnya sangat tinggi maka tidak heran jika banyak orang yang datang berkunjung.

Baca juga: Destinasi Wisata Halal di kota Bandung

2 – Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit, sumber: pribadi

Jika ingin belajar sejarah, jangan lupa berkunjung ke museum. Salah satu museum yang ada di Bandung adalah Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Dulunya merupakan sebuah rumah tinggal di masa pemerintahan Hindia Belanda. Pada waktu peristiwa Bandung Lautan Api, bangunan ini turut menjadi saksi sejarah. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi senjata yang digunakan oleh pasukan Kodam Siliwangi. Senjata yang digunakan tidak hanya senjata untuk militer namun juga senjata tradisional. 

3 – Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api, sumber: rilis.id

Teman-teman, pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu Halo-Halo Bandung, dimana pada lagu tersebut disebutkan bahwa Bandung menjadi lautan api. Apa yang disampaikan dalam lagu tersebut sesungguhnya benar. Kita bisa melihat sendiri buktinya pada Monumen Bandung Lautan Api. Tidak heran jika monumen ini banyak dikunjungi oleh masyarakat baik pada saat libur maupun hari kerja.

Monumen ini dibangun untuk memperingati kejadian yang membekas dalam sejarah kota Bandung. Sebab pada saat itu Bandung dijadikan lautan api, hal ini merupakan bentuk perjuangan dari masyarakat dalam melawan penjajah. Masyarakat pada saat itu tidak setuju bahwa Bandung akan dijadikan sebagai pusat strategi militer sehingga mereka melakukan perlawanan dengan membakar rumah.

4 – Gedung Merdeka

Gedung Merdeka, sumber: detakbanten

Bangunan yang memiliki gaya Art Deco yang sangat kental ini termasuk dalam salah satu bangunan yang sangat bersejarah. Tidak hanya untuk masyarakat Bandung saja, namun juga masyarakat Indonesia. Sebab pada tahun 1955, bangunan ini pernah digunakan untuk menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika yang dihadiri berbagai perwakilan dari Negara Asia dan Amerika. Gedung Merdeka ini dibangun di zaman pemerintahan Hindia Belanda dan bernama Societeit Concordia. Awalnya berfungsi sebagai tempat pertemuan dan pertunjukkan bagi warga Belanda. Sesekali gedung Merdeka masih difungsikan sebagai tempat seminar atau pertunjukkan.

Seru sekali, bukan? Jadi, tidak ada salahnya jika teman-teman berkunjung ke beberapa tempat wisata di Bandung yang memiliki nilai sejarah ini. Sebagai alternatif berlibur selain menikmati wisata kuliner maupun wisata alamnya.

Baca juga: Villa Isola yang Menyimpan Misteri

Selamat Berlibur!

Bandung, 10 Oktober 2019

11 pemikiran pada “Tempat Wisata Sejarah Menarik di Bandung”

  1. Ya ampuuun, beberapa kali ke Bandung tapi blm satu pun tempat tersebut aku singgahi. Semoga next bisa ke sana apalagi masuk gedung sate, waow… Aamiin, hehee.

  2. Tiap ke Bandung, wisata alam, belanja dan kulineran…wisata sejarah terlupakan. Ke Gedung Sate aja cuma pepotoan di depan. Duh, memang ya! Padahal peninggalan sejarah banyak dan keren begini di Bandung. Keknya mesti pergi sendiri atau sama temen, enggak usah sama anak-anak ya biar puas wisata sejarah di sini

  3. Bandung adalah impian saya yg masih tertunda hingga hari ini. So, kalau ada info destinasi wisata Bandung seperti ini, seneng banget 🙂
    Yang no. 2 kok saya kurang begitu tahu ya. Lebih ngeh sekarang. TFS, Bund 🙂

  4. Belum pernah ke Monumen Bandung Lautan Api sama Mandala Siliwangi, kalau ada waktu sih pengin juga, masak ke Gedung Sate terus, hahaha.
    Btw, dulu papaku punya langganan terang bulan bandung di depan Gedung Sate lho. Tapi itu du;u banget, sekitar 30 tahun yang lalu, heuheu. Sekarang udah gak ada kali yak

  5. Yuni pernah ke Bandung, tapi cuma buat ikutan acara training aja. Selepas itu nggak kemana-mana lagi. Langsung cus balik Semarang. Duh, kalau gini yuni mikir, “coba pas itu main-main dulu. Mesti asyik”

    Ya sudahlah. Semoga ada kesempatan lain bisa mengunjungi wisata alam dan wisata gedung-gedung bersejarahnya juga di Bandung.

    Terima kasih informasinya kak Hani. Hehehe

Tinggalkan komentar