Mewujudkan Rencana Wisata ke Ambon bersama OYO

  • Whatsapp

“Ada yang pengen explore Ambon?

“Aku, Jun …”

Muat Lebih

sekilas chat rencana ke Ambon

Sederet percakapan di grup WhatsApp Sumba yang diawali teman saya, Jun, bergayung-sambut. Tahun lalu saya dan teman-teman berwisata ke Flores. Ternyata birunya laut menghipnotis kami, sehingga tahun ini lanjut berwisata ke Sumba. Nah, tawaran explore Ambon, siapa yang berani menolak bukan? Chattingan masih berlanjut tentang kapan ke Ambon, antara Januari, Februari tahun depan, atau kapan? Menyusun itinerary, berapa hari, tujuan wisata, akomodasi, dan biaya perjalanan. Bisa-bisa wisata ke Ambon jadi resolusi tahun 2020 deh. Sebentar lagi kan resolusi-resolusian …

Mampir ke sini, 646 Km Perjalanan Darat dari Timur ke Barat di pulau Flores dan Rindu Sumba? Pergilah Ke Sana Selagi Muda!

peta pulau Ambon

Ada Apa di Ambon?

Ambon Manise

Kota Ambon luasnya 803,9 km2 adalah ibukota provinsi Maluku, terletak di pulau Ambon yang merupakan bagian dari gugusan kepulauan Maluku. Pulau Ambon dikelilingi laut dengan pantai-pantainya yang berpasir putih. Menurut sejarah, kota Ambon terkenal sejak kedatangan Portugis tahun 1513, kemudian setelah Belanda datang, direbut oleh Belanda dan menjadi pusat pemerintahan kolonial. Jadi nih, obyek wisata selain pantai dengan pasir putih, juga ada wisata sejarah, landmark kota, budaya, dan kuliner, deh … Berikut beberapa obyek wisata yang ada di kota Ambon:

Jembatan Merah Putih

ambon
jembatan merah putih

Di kota Ambon ada Jembatan Merah Putih (JMP) yang menjadi ikon kota sejak tahun 2015. Jembatan ini menghubungkan lintas Poka dan Kalala, sehingga memudahkan masyarakat untuk saling berhubungan. Banyak warga yang memanfaatkan keberadaan jembatan ini untuk saling berwisata di malam hari.

Gong Perdamaian

ambon
gong perdamaian

Ambon pernah dilanda kerusuhan akibat SARA. Kerusuhan yang paling terkenal adalah kerusuhan Ambon tahun 1999. Untuk memperingati kerusuhan ini dan menegakkan perdamaian, maka didirikanlah Gong Perdamaian Dunia yang terletak di pusat kota.

Pantai Natsepa

ambon
pantai Natsepa

Pantai ini terkenal karena pantainya berpasir warna putih. Pantai ini juga terkenal dengan rujak Natsepa yang dijajakan oleh pedagang kali lima.

Benteng Amsterdam dan Victoria

Benteng Amsterdam

Selain wisata alam berupa pantai, gua dan lembah, beberapa peristiwa sejarah juga dapat digali di pulau Ambon ini. Dahulu kala ratusan tahun yang lalu, Belanda dan Portugal melebarkan sayapnya ke Indonesia, mereka mendirikan banteng sebagai pertahanan terhadap serangan musuh. Benteng-benteng ini masih bisa kita sambangi di kota Ambon.

Pantai Pintu Kota

ambon
Pantai Pintu Kota

Destinasi tempat wisata lainnya di kota Ambon bernama Pantai Pintu Kota. Keistimewaannya ada sebuah batu karang raksasa yang memiliki lubang pada bagian tengahnya. Unik ya … Apalagi kalau kita foto latar belakangnya Pantai Pintu Kota.

Pantai Ora

ambon
pantai Ora

Obyek wisata lain yang sangat terkenal adalah Pantai Ora, yang sering disebut sebagai Surga Tersembunyi. Pantainya bersih dan lautnya bening, sehingga daerah ini menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya memang tidak di pulau Ambon, tetapi di pulau Seram. Jadi nanti menyeberang naik kapal ke sana. Tergantung pilihan kita, apakah mau berwisata ke Pantai Ora terlebih dahulu baru stay di Ambon, atau sebaliknya.

Akomodasi #PastiAdaOYO

Biasanya rencana jalan-jalan kami menggunakan pesawat sebagai moda transportasi. Berarti kami akan mendarat di Bandar Udara Internasional Patimmura di kota Ambon. Bandara ini berjarak 38 km dari kota Ambon. Seperti yang sudah-sudah, kami berangkat dari kota masing-masing, titik kumpulnya langsung di kota tujuan. Nah, begitu sampai, kan ya harus tahu akomodasi di mana.

Tidak perlu repot-repot #PastiAdaOYO.

Saya sendiri sudah pernah menginap di Hotel OYO di kota Malang, yaitu Hotel Agustina. Pengalaman memesan hotel melalui OYO mudah, hotelnya pun nyaman, cozy seperti di rumah. Ternyata di Ambon juga ada Hotel OYO. Tentu saja, karena OYO jaringan hotel terbesar di Indonesia yang menyediakan 1000 hotel tersebar di 100 kota di Indonesia. Jadi saya tak ragu untuk mengajak teman-teman nanti booking Hotel OYO Ambon saja, apalagi kita bisa mendapatkan voucher hingga 70%.

Cara Memesan Hotel OYO

Caranya mudah, bisa langsung ke web OYO Hotels Indonesia, atau bisa juga unduh aplikasinya di ponsel android. Lebih mudah sih ini.

aplikasi OYO
pilihan hotel
detail kamar

Pilih kota yang akan dituju. Kalau saya memilih kota Ambon. Pilih tanggal check-in dan check-out, lalu pilih berapa kamar atau tamu. Tekan SEARCH.

Akan muncul beberapa pilihan Hotel di Ambon. Keterangannya cukup detail. Misalnya lokasi, apakah dekat Jembatan Merah Putih, Gong Perdamaian Ambon, atau pilihan lainnya.

Begitu pula pilihan kamar. Tinggal klik View Details. Ada deskripsi kamar, lokasi, kondisi khusus, dan amenities-nya. Pilih kamar, cek kebijakan pembatalan, lalu lakukan pembayaran. Pilihan pembayaran pun ada yang melalui kartu kredit atau bayar di tempat. Gampang, kan … Cuma tiga langkah saja.

3 langkah saja!

Fasilitas OYO Lainnya

OYO Partner Promo

Ternyata OYO juga punya kemudahan pemesanan akomodasi lainnya, ada lima kategori akomodasi, yaitu Explore OYO, OYO SMART, OYO Townhouse, OYO Flagship, dan Premium Hotel. Jangan lewatkan juga promo-promo dari OYO Bonus dan OYO Partner Promo. Supaya update, follow saja Instagram di oyo.indonesia dan Twitter @oyoindonesia.

Sip, kan …

Sudah siap jalan-jalan deh.

Bandung, 20 November 2019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Komentar