Siap-siap Nabung! Ternyata Segini Loh Biaya Umroh Terbaru yang Harus Kamu Siapkan

  • Whatsapp
umroh

Pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh tentu menjadi impian bagi semua umat muslim. Siapa, sih, yang tidak ingin berangkat ke tanah suci? Lalu berapa biaya umroh terbaru yang harus kita ketahui?

Bagi umat muslim, berkunjung ke tanah suci berkaitan dengan menunaikan ibadah haji, salah satu dari rukun Islam. Sayangnya antrian untuk menjalankan ibadah ini terbilang sangat lama. Belum lagi ibadah haji membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal. Karena kesulitan inilah saat ini banyak umat muslim yang memilih untuk menjalankan ibadah umroh, untuk mengobati kerinduan berkunjung ke tanah suci. Selain itu ibadah umroh juga tidak memiliki waktu khusus sehingga bisa ditunaikan kapan saja selagi ada ketersediaan dana.

Muat Lebih

Oleh sebab itu kita wajib mengetahui biaya umroh terbaru supaya nantinya jadi lebih mudah dalam mengatur perencanaan keuangan. Kita juga akan lebih mudah menentukan berapa budget yang harus disisihkan setiap bulannya demi mencapai impian menapakkan kaki di tanah suci.

Umroh sendiri terdiri dari beberapa paket tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Tingginya minat umroh saat ini membuat banyak biro umroh dan travel menawarkan paket umroh dengan biaya yang relatif murah. Tapi sebaiknya kita jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena saat ini banyak kasus paket umroh murah berujung penipuan. Berikut daftar biaya umroh terbaru yang bisa jadikan acuan untuk mengatur perencanaan keuangan kamu.

1 – Biaya paket umroh reguler

Paket umroh reguler merupakan paket umroh yang dikeluarkan pihak travel umroh dengan rute standar. Umumnya paket ini hanya memberikan fasilitas perjalanan umroh dan paket city tour di Makkah dan Madinah saja.

Sebagian besar paket umroh reguler yang disediakan oleh agen travel umroh hanya menyediakan perjalanan dengan durasi 10 hari. Tapi ada juga agen travel umroh yang menawarkan durasi perjalanan selama 12 hari.

Harga paket umroh reguler ini berkisar antara Rp 23 juta hingga RP 32 juta tergantung dari travel agen yang akan dipilih. Perbedaan harga ini terjadi karena fasilitas yang ditawarkan juga berbeda. Misalnya jenis hotel dan biaya kamar tempat kita menginap nanti, perlengkapan, hingga visa.

2 – Biaya paket umroh plus Turki

Selain murni beribadah umroh, ada juga jemaah yang menggunakan kesempatan ini sekaligus sebagai sarana traveling. Salah satu destinasi traveling yang paling sering dikunjungi sambil menjalankan ibadah umroh adalah Turki. Jadi nantinya kita bukan hanya city tour di Makkah dan Madinah melainkan di kota Turki.

Turki adalah salah satu negara di Timur Tengah yang sangat menarik dikunjungi. Negara ini merupakan perpaduan negara Eropa dan Asia yang meninggalkan banyak tempat bersejarah. Selain wisata sejarah, banyak juga wisata religi yang bisa dikunjungi saat di Turki, seperti Blue Mosque, Konya, Hagia Sophia, hingga Gunung Nemrut. Bagi teman-teman yang ingin menjalani paket umroh plus Turki bisa menyiapkan dana kisaran Rp 40 hingga Rp 47 juta.

3 – Biaya paket umroh Plus Dubai

Selain Turki, Dubai adalah negara yang belakangan menjadi primadona di kalangan wisatawan. Dubai yang dulunya negara tandus dengan hamparan gurun pasir kini sudah menjadi negara yang mewah dan megah. Dubai menawarkan ragam wisata modern hingga wisata eksotis khas Timur Tengah yang bisa dinikmati usai menjalankan ibadah umroh.

Beberapa wisata Dubai yang bisa kita kunjungi seperti Dubai Miracle Garden, Desert Safari Dubai, The Top Burj Khalifa, Jumeirah Beach dan berbagai tempat wisata lain yang pasti akan membuat wisatawan kagum. Dengan kemewahan yang ditawarkan oleh kota Dubai, dana yang harus disiapkan sebesar Rp 41 hingga Rp 44 juta. Tentu saja budget ini diluar dari budget belanja pribadi, ya…

4 – Faktor yang menentukan perbedaan biaya umroh

Biaya umroh yang ditawarkan oleh agen tour dan travel tentu sangat berbeda. Ini tergantung dari fasilitas yang digunakan. Mulai dari jenis maskapai penerbangan, rute penerbangan, hotel tempat menginap, dan masih banyak lainnya.

Secara umum biaya maskapai penerbangan sendiri bisa mencapai 40% dari biaya umroh yang sudah kita bayarkan. Selain itu biaya juga akan berbeda jika memilih rute langsung. Biasanya ongkos yang harus dibayar juga akan lebih mahal dibanding rute penerbangan transit.

Selain rute penerbangan, pilihan hotel juga bisa jadi salah satu alasan mengapa paket umroh tour dan travel bisa lebih mahal. Semakin tinggi tingkat bintang hotelnya maka makin pula harga yang ditawarkan. Selain tingkat bintang hotel, jarak tempuh dari hotel ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga menjadi pertimbangan. Hotel yang dekat harganya akan semakin mahal. Selain biaya akomodasi tersebut ada lagi biaya lain yang harus dipertimbangkan yaitu pembuatan paspor, visa, hingga vaksin meningitis. Untuk pembuatan paspor, rata-rata Rp 350 ribu sementara biaya pembuatan visa yang terbaru berkisar Rp 2 hingga Rp 4 juta.

Jika teman-teman menginginkan detail mengenai biaya umroh terbaru, pastikan untuk mengunjungi halaman https://www.cekaja.com/info/biaya-umroh-terbaru-2019/. Website CekAja.com bukan hanya memberikan daftar harga umroh terbaru melain juga tips finansial yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bandung, 10 November 2019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar