27/05/2020

Transaksi Gampang Berkat Mesin EDC SPOTS

Akhir-akhir ini secara tak sadar kita sering membeli sesuatu mampir  ke mini market atau membeli makanan membayar tanpa uang tunai atau cashless. Zaman sekarang banyak orang meninggalkan cara pembayaran tunai menjadi non tunai. Dunia sekarang serba digital, bahkan uang pun digital. Cara pembayaran dengan digital seperti ini dinilai lebih praktis dan hemat waktu. Selain itu didukung pula dengan harga mesin EDC terjangkau, sehingga banyak gerai menerima pembayaran e-money tersebut.

Transaksi Jadi Gampang Sepanjang Jalan Buah Batu, Bandung

Jalan Buah Batu, Bandung

Jalan Buah Batu di Bandung merupakan salah satu jalan utama yang menghubungkan Bandung selatan dan Bandung utara. Kalau pagi hari jalan tersebut dibuka searah dari selatan ke utara mulai pukul 06:00 hingga 08:00. Akibatnya banyak warga yang belum tahu, akan kena tilang, bila naik mobil dari utara ke arah selatan melalui jalan Buah Batu. Kebijakan ini untuk mengantisipasi pada pagi hari banyak warga selatan yang berangkat kerja maupun sekolah ke pusat kota Bandung.

Saya tinggal di sekitar jalan Buah Batu ini sudah lama banget. Zaman anak masih bayi sampai sekarang. Anak-anak pun sekolahnya sejak TK hingga SMA ya seputaran jalan Buah Batu saja. Enak kan saya, tidak perlu antar-jemput sekolah. Bila pagi ramai mobil ke utara, maka sore hari ramai mobil warga yang pulang ke selatan dan membuat macet jalan Buah Batu sampai tiga lapis.

Begitu ramainya jalan Buah Batu, sehingga menjamur segala minimarket, toserba, café, resto, rumah makan, warung, dan lain-lain. Macam-macam franchise, mulai dari Pizza Hut, Burger King, Domino Pizza, Soto Seger Boyolali, Starbucks, Dunkin Donnut, banyak lagi, ada semua. Walaupun kesal karena macet pisan, saya jadi jalan kaki saja kalau ada perlu ke jalan Buah Batu tersebut. Istilahnya tinggal ngesot lah, berbekalkan ponsel atau kartu debit, saya bisa belanja atau kulineran, karena rata-rata toko-toko tersebut sudah punya mesin EDC.

Transaksi jadi gampang di berbagai gerai tersebut sepertinya karena harga mesin EDC terjangkau. Contohnya waktu saya mau beli ayam goreng di Richeese Factory Buah Batu.

mesin edc spots
SPOTS di Richeese Factory

Setelah memilih paket yang ada, ada ketentuan minimal transaksi Rp. 50.000,- bila memakai debit BCA. Ternyata ada mesin EDC SPOTS yang juga berfungsi sebagai perangkat kasir.

Pengalaman lain, tak jauh dari Richeese Factory ini ada Circle K, minimarket yang sudah tak asing lagi, kan. Pengen beli camilan apa saja ada. Ternyata dekat kasir ya ada juga mesin EDC SPOT sebagai perangkat kasir. Tinggal sodorin kartu debit, asal belanja minimal Rp. 25.000,- beres deh. Transaksi gampang berkat mesin EDC SPOTS.

mesin edc spots
SPOTS di Circle K

Melipir ke jalan Kayu Agung sejalan dengan Cirkle K, ada tempat ngopi kekinian, namanya Kopi Kanyaah (kesayangan, bahasa Sunda). Saya pun memesan es kopi dan bisa transaksi dengan SPOTS juga. Lengkap!

Masih banyak tempat-tempat lain sekitar jalan Buah Batu yang saya lihat menawarkan pembayaran dengan e-money ini. Terlihat adanya spanduk-spanduk di depan gerai disertai keterangan menerima pembayaran dengan berbagai mesin EDC, tentu saja GoPay.

Keistimewaan Perangkat Kasir SPOTS

mesin edc spots
Perangkat Kasir SPOTS

SPOTS adalah aplikasi kasir online (point of sale) yang berfungsi untuk mengelola pesanan dan terintegrasi dengan pembayaran. Keistimewaan SPOTS adalah harga mesin EDC terjangkau, karena dengan membayar Rp. 490.000,- untuk pendaftaran, sudah bisa menggunakan perangkat kasir ini. Selanjutnya kita hanya membayar sewa sejumlah Rp. 4.900 per hari. Memilih SPOT pelaku bisnis jadi mudah memonitor usaha, terutama bisnis kuliner dan bergabung dengan aplikasi GoFood.

Berikut kelebihan SPOTS, mesin EDC powered by Gojek:

mesin edc spots
SPOTS powered by GoJek

Terintegrasi GoBiz

Kelebihan SPOTS lainnya adalah terintegrasi dengan GoBiz, sehingga kita bisa mengatur menu, menerima pesanan GoFood, mencatat ragam tipe pembayaran, membuat promo diskon, dan membuat laporan harian dengan aplikasi GoBiz dalam perangkat SPOTS.

Cetak Resi Instan

Selain itu, perangkat kasir ini juga dilengkapi printer sehingga tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi. Setiap kali selesai transaksi resi akan tercetak langsung. Mudah, kan!

Terima Pembayaran QRIS dan Kartu Debit

Seperti kita ketahui, pembayaran e-money harus disertai dengan langkah-langkah pengamanan, yaitu PIN dan otentifikasi lainnya. SPOTS juga menerima transaksi melalu QRIS dari berbagai aplikasi termasuk GoPay yang biasanya kita pindai di ponsel kita. Beberapa gerai bahkan menerima kartu debit bank-bank yang ada di Indonesia, dan tak lama lagi bisa menerima juga kartu kredit.

Cara Mendapatkan Perangkat Kasir SPOTS

Berbagi pengalaman mudahnya bertransaksi dengan pembayaran digital, ternyata ditunjang juga oleh prakarsa Gojek memberi kemudahan ke pelaku bisnis termasuk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). Gojek mengenalkan SPOTS karena harga mesin EDC terjangkau dan langkah-langkah mendapatkannya adalah sebagai berikut:

Pendaftaran

Pendaftarannya mudah bisa melalui Instagram SPOTS yang konek ke website spots(dot)co(dot)id. Lengkapi nama, nama usaha, email, no telepon, subject, pesan, lalu submit.

Proses Survei

Selanjutnya ada peninjauan usaha oleh GoJek dan lengkapi dokumen yang diminta, yaitu foto pemilik usaha dan foto E-KTP.  

Pembayaran

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran Rp. 490.000,- pelaku bisnis sudah bisa membawa dan memakai mesin EDC tersebut.

Nah, demikianlah info tentang SPOTS pilihan pelaku bisnis, selain transaksi gampang, harga mesin EDC juga terjangkau.

Semoga bermanfaat.

Bandung, 7 Februari 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

36 thoughts on “Transaksi Gampang Berkat Mesin EDC SPOTS

  1. yeyay..berarti kalau jajajn di sepanjang Jalan Buah Batu cuma bekal saldo e wallet atau debit card aja ya Mbak..Praktis ga perlu banyak bawa tunai
    Dan keberadaan EDC SPOTS membantu kinerja pelaku usahanya juga nih. Secara kasir+EDC+printer bisa di satu mesin. Evaluasi usaha pun lancar dilakukan

  2. Benar-benar dimudahkan ya Mbak sekarang untuk transakasi. Saya juga lebih suka memakai kartu debit kalau belanja. Cara memperolehnya juga relatif mudah dan murah. Sementara keuntungannya banyak.

  3. Wah, jadi pelaku usaha baik yang sudah punya nama dan gerai di dalam mall maupun yang gerobakan di pinggir jalan, sebagian besar sudah menyediakan mesin EDC Spots ya, Bun? Mantap banget lah ini. Pelaku UMKM melek kemajuan digital semua.

    Ini menguntungkan banget tentunya. Bayangkan aja, kalau sudah riweuh melayani pelanggan lalu harus mengumpulkan satu persatu bon belanjaan pembeli. Apalagi bon-bon tersebut rawan jatuh, sobek, atau basah, ya. Mau angkat tenaga lagi khusus untuk pencatatan keuangan juga belum semuanya siap.

    Semoga kehadirannya semakin memajukan bisnis kawan-kawan pelaku UMKM.

  4. Asyik ya, Bun pakai EDC Spot. Jadi lebih praktis dan pastinya mudah ditemukan karena semakin banyak pelaku usaha yang pakai mesin ini untuk alat transaksi.

  5. Enak ya bunda Hani kalau ada mesin EDC Spots ini, kita sebagai pembeli nggak usah rempong-rempong lagi bawa uang cash atau cari uang cash yang pas. Selain itu EDC Spots ini juga bermnafaat untuk penjualnya ya, soalnya pembukuan mereka lebih rapih juga, nggak usah banyak mikir juga hahhahah.

  6. Jalan Bubat emang selalu macet ya Bun. Tapi enaknya di sana mau cari apa aja ada. Dari jajanan, keperluan banking sampe belanja bulanan heheh. Akupun suka ke daerah situ. Skrg mau belanja apa aja kayaknya mudah ya termasuk kalo mau transaksi cashless. Mudah, praktis dan gak ribet nunggu kembalian. Waaa jadi kangen ngebandung lagi euyyy…

  7. era digital semuanya semakin mudah, tinggal gesek dan untuk menjual juga semakin menguntungkan dan tidak perlu repot menghitung uang yg tentu akan memakan waktu

  8. Walah, Mbak Hani ki gaul pisan je. Jajannya kopi kekinian kok, hahaha. Gak mau kalah sama nak gahul jaman now. Bayarnya pun mainnya cashless kok. Hadehh, Uti idola tenan.

  9. Mesin EDC Spot ini banyak banget kuliat di berbagai tempat sekarang, bahkan UMKM aja pake EDC ini. Memang cara pemakaiannya mudah banget, dan ternyata bisa terintegrasi sekalian laporan keuangan dengan mesin yang kecil banget ya, membantu banget ini buat UMKM bikin laporan keuangannya

  10. Lokasi tempat tinggalnya keren bangeeet. Kalau di Bengkulu jauh-jauh semua dari rumah tempat makan fast food (tapi untung sih, biar ga keterusan jajan eheheh). Secara pribadi aku suka banget alat pembayaran EDC SPOTS. Lebih memudahkan lah pokoknya

  11. Jalan buah batuuu, keingetnya film dilaaan hahahah. Wah supermarket circle k pakainya spots ya, kirain selama ini paling di gerai2 makanan aja gituuu, jadi lebih mudah ya skrg bisa serba cashless pakai debit maupun gopay hihi

  12. Lebih praktis dan modern sekali ya, simpel juga pembayaran menggunakan mesin EDC, tidak hanya pembeli tapi juga penjualnya. Keuangan juga lebih terorganisasi lebih baik.

  13. produk EDC spots dari gojek ini benar-benar bisa bersaing. Tentu saja, menjadi kabar baik karena tidak hanya pengusaha besar atau market-market kelas atas saja yang bisa menggunakanya, tapi UMKM kecil pun bisa turut merasakanya

  14. Zaman now pembayaran memang lebih mudah, cepat dan menyenangkan ya, Mbak. bahkan SPOTS ini sudah banyak digunakan warung, bahkan gerobak penjual makanan, Mbak. Dan memang enak, termasuk tidak ribet dengan uang kembalian. Aman juga dapat uang kumel atau sobek dari kembalian hehehe.

  15. Makasih sharenya mbk Hani. Aku makin mantab nih pengen beli mesin edc spots ini buat operasional di kedai kopiku. Semangat nabung ah semoga segera kebeli aamiin

  16. Saya termasuk salah satu orang yang suka banget bayar pake gopay (kalau lagi ada saldonya) hihi. Apalagi di beberapa tempat makan ada alat SPOTS sehingga bisa dengan mudah bayar menggunakan gopay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *