27/05/2020
menghasilkan uang dari blog

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Blog yang merupakan singkatan dari web log adalah bentuk lain dari media sosial, mudah dibuat oleh pribadi, kolaborasi beberapa penulis, atau perusahaan. Blog fungsinya sangat beragam, sebagai diary, artikel bebas, tutorial, kampanye, review, hingga program perusahaan. Dulu blog pribadi lebih sering sebagai diary, isinya tulisan curahan hati sehari-hari, kisah tumbuh kembang anak-anak, beberapa ada yang menambahkan tutorial. Ketika ada perusahaan yang menawarkan produknya direview dan ditulis di blog, maka blog bisa menjadi sarana untuk promosi. Berbagai cari menghasilkan uang dari blog tentunya juga membutuhkan hosting Indonesia.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Tentunya agar kita bisa mendapatkan uang dari blog, harus membuat blog terlebih dahulu. Ada beberapa macam platform blog, yaitu WordPress dan Blogger (Blogspot). Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tergantung kebiasaan penggunanya. Tetapi banyak yang menyarankan bila ingin memonetize blog dan memaksimalkan hingga membuka membuka toko online, kita memakai platform WordPress. Menurut beberapa artikel, 30% orang di dunia menggunakan WordPress sebagai platform blog. Hal ini disebabkan kita bisa memasang fitur, tema, dan plug in, bahkan oleh blogger pemula sekalipun. Agar lebih profesional alangkah baiknya blog kita membeli domain dan menyewa hosting Indonesia 2020.

Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari blog 2020, yang sering disebut sebagai monetize blog.

1 – Update rutin

Blog yang sudah dibuat harus diisi artikel secara rutin. Ada baiknya artikel diunggah terjadwal, misalnya seminggu sekali setiap hari Senin. Seminggu dua kali, seminggu tiga kali, bahkan setiap hari. Tentu saja salah, kalau kita unggah setiap hari, lalu sesudahnya berhenti menulis berbulan-bulan. Blog disarankan sering update dengan artikel berkualitas. Bila artikelnya bisa berada di halaman pertaman pencarian di laman Google akan menaikkan nilai jual blognya.

2 – Ikut komunitas blog

Blog yang sudah berisi artikel tersebut harus ada yang baca, bukan? Kita harus aksi agar blog kita ada yang baca. Caranya adalah bergabung dengan komunitas blog, yang dishare di banyak media sosial, misalnya melalui Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp Group, dan lain-lain. Biasanya ada jadwal blogwalking, yaitu kita bisa ikut mendaftarkan blog kita untuk saling membaca dan komen di blog teman. Beberapa komunitas juga sering mengedarkan formulir untuk diisi kesediaan kita menuliskan review atau artikel bersponsor. Tentunya ada beberapa prasyarat agar blog kita bisa menulis artikel bersponsor. Seringnya domain harus top level domain (TLD).

3 – Program afiliasi dan memasang iklan

Program afiliasi adalah kita menuliskan artikel kerjasama dengan pemasar melalui laman afiliasi. Jika ada yang membaca blog kita kemudian mengikuti langkah-langkah afiliasi tersebut, maka bloger akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Pemasangan iklan pada blog kita merupakan salah satu bentuk program afiliasi. Iklan pada blog yang populer adalah Google Adsense. Caranya kita tinggal mendaftarkan blog kita, setelah melalui tahap review, blog kita bisa diterima atau ditolak untuk dipasangi iklan.

Selain itu bisa juga perusahaan memasang banner di blog kita dengan fee tertentu.

4 – Artikel sponsor

Artikel sponsor adalah artikel yang menuliskan produk atau jasa tertentu. Cara menuliskannya seringnya diminta dengan cara soft selling. Biasanya pada kata kunci tertentu diselipkan external link ke pemesan jasa kita (klien). Adapun artikel sponsor ini ada dua macam yaitu:

  • Content writer

Pemilik blog yang diminta menulis artikel bebas dengan tema dan kata kunci tertentu. Umumnya jumlah kata yang diminta antar 500 hingga 700 kata.

  • Content placement

Artikel konten seperti ini biasanya disediakan oleh agensi atau pemesan jasa. Kita sebagai pemilik blog tinggal menyisipkan external link yang diminta.

Durasi pemasangan external link di blog kita tergantung kesepakatan di awal, apakah akan dipasang 6 bulan, setahun, atau selamanya (permanent).

5 – Lomba blog

Namanya lomba tentu saja kita harus bersaing dengan blogger lainnya. Peminat lomba tergantung tema dan populernya sebuah lomba blog. Semakin populer, serta hadiahnya menggiurkan maka persaingan antar peserta semakin ketat.

Boleh dibilang, hadiah lomba blog seringkali cukup besar dibandingkan kita menulis artikel bersponsor.

Memilih Hosting

Ketika kita memindahkan domain blog yang semula masih merupakan subdomain dari WordPress.com ke top level domain (TLD) diperlukan hosing yang mumpuni. Teman-teman bisa ke cek ke layanan Hosting Indonesia 2020 dan carilah yang berpengalaman.

Perhatikan layanan dari hosting-hosting tersebut, pastikan menawarkan SSD Super Cepat, Instant Deploy, Cloud Backup, Garansi Uang Kembali, Unlimited Bandwitch, dan Passionate Support. Pastikan pula tawaran-tawaran menarik lainnya, misalnya menyewa hosting sekaligus free domain. Kapasitas kuota dan RAM dari hosting tersebut. Karena layanan-layanan tersebut mempengaruhi pula kecepatan dan kualitas jaringannya. Provider yang sudah berpengalaman biasanya juga menjanjikan jaminan uang kembali bila kita tidak puas dengan pelayanan mereka.

Semoga bermanfaat.

Bandung, 30 Maret 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

2 thoughts on “5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *