7 Alamat Situs Untuk Belajar di Rumah Akibat Covid-19

  • Whatsapp
belajar di rumah

Covid-19 (Corona Virus Disease 19) mengubah tatanan dan kebiasaan masyarakat dalam beberapa hari ke depan. Sejumlah pemimpin daerah maupun kota di pulau Jawa mulai mengumumkan kebijakan untuk menutup sementara berbagai fasilitas publik termasuk area wisata. Surat Edaran pun terbit menindaklanjuti, agar KBM (kegiatan belajar mengajar) mulai dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP, LKP, LPK, dan PKBM dilaksanakan secara daring. Sebelumnya tingkat SMA dan perguruan tinggi pun sudah ada edaran dari Gubernur dan Rektor setempat untuk mengurangi aktivitas yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar. Artinya, dalam dua minggu ke depan, semua peserta didik di beberapa kota akan belajar di rumah akibat Covid-19 ini.

Persiapan Belajar di Rumah

Reaksi kita, terutama Ibu-ibu, antara lega anak-anak aman tidak terpapar virus, tetapi juga galau. Dua minggu di rumah diapain aja? Tidak semua orang tua, terutama ibu, siap mendampingi jam-jam belajar yang biasanya dilakukan di sekolah. Sekolah-sekolah bagus mungkin punya materi ajar yang bisa disebarkan secara daring. Itu pun di saat darurat seperti ini, belum tentu materinya sudah disiapkan oleh pihak sekolah.

Muat Lebih

Kondisi anak-anak di rumahkan, libur tetapi bukan liburan, membuat orang tua harus memutar akal. Anak-anak usia SD akhir, SMP, dan SMA, mungkin bisa diberi tanggungjawab untuk belajar mandiri. Koordinasi dengan guru dan pihak sekolah, pekerjaan rumah, tugas, dan latihan yang harus dikerjakan.

Bagaimana dengan anak-anak usia PAUD/TK dan anak-anak SD kelas 1 sampai dengan 3?

Berikut beberapa hal yang bisa disiapkan untuk anak-anak bisa belajar di rumah:

1 – Membuat Jadwal Harian

Buatlah jadwal harian dari Senin sampai Jumat atau Sabtu, seolah-olah anak-anak pergi sekolah. Siapkan pojok belajar atau memakai ruangan yang ada, untuk dimanfaatkan sebagai ruang kelas sementara. Aktivitas bisa dibagi untuk outdoor (di luar ruangan) dan indoor (dalam ruangan).

Kesulitan bagi orang tua adalah, anak-anak usia 4-9 tahun ini, cepat bosan. Kegiatan belajar harus bervariasi. Bagi keluarga yang anak-anaknya mempunyai rentang usia berdekatan, tentunya menjadi tantangan sendiri, supaya anak-anak kooperatif.

Besar kemungkinan, baru sebentar saja, mereka sudah heboh entah berselisih atau bercanda.

2 – Kuota Internet

Beberapa pimpinan daerah telah mengeluarkan edaran untuk belajar daring (online). Tetapi siapa yang menanggung biaya internet? Orang tua harus bijak mencari provider mana saja yang menawarkan kuota besar harga bersahabat. Di sisi lain, bila seluruh warga masyarakat, akses ke provider yang sama, besar kemungkinan jaringan menjadi lambat.

Masalah lain kebijakan belajar daring (online) adalah tidak semua rumah tangga mempunyai komputer. Belajar online melalui gawai, lebih sulit dipantau, itu pun tidak semua anak dibekali gawai masing-masing.

3 – Unduh Worksheet

Sekarang ini ada berbagai laman website yang menyediakan berbagai pilihan worksheet yang bisa diunduh untuk latihan di rumah. Saya hanya memberikan beberapa contoh link saja, silahkan para orang tua mengunduh sesuai kebutuhan.

Kebanyakan materi-materi tersebut bisa diunduh gratis kemudian diprint untuk bahan ajar di rumah. Mau tidak mau, orang tua jadi harus keluar modal untuk print atau memprint sendiri bila mempunyai mesin printer. Mengunduh melalui gawai bisa saja. Beberapa tempat fotocopy yang lengkap memungkinkan mencetak via Bluetooth dari ponsel. Cara lain adalah contoh-contoh lembar kerja tersebut disalin di buku atau diulang ditulis di papan tulis.

7 Alamat Situs Untuk Belajar di Rumah

Berikut beberapa alamat situs untuk belajar di rumah. Materi-materi di situs tersebut sebagian besar dapat diunduh secara gratis.

Portal Rumah Belajar

belajar di rumah
portal rumah belajar

Laman Portal Rumah Belajar bisa diakses di belajar(dot)kemdikbud(dot)go(dot)id.

Portal pembelajaran menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

education(dot)com

belajar di rumah
education.com

Laman ini orang tua bisa memahami bahwa cara terbaik untuk meningkatkan kinerja akademik anak mereka adalah dengan mempraktikkan keterampilan belajar utama. Sebagian besar anak menolak sesi latihan karena mereka merasa membosankan. Berbagai pilihan worksheet untuk anak-anak dari PAUD/ TK, kelas 1 sampai dengan kelas 5. Termasuk pilihan subyek pelajaran.

Orang tua atau guru bisa mengunduh materi berbahasa Inggris ini disesuaikan dengan kebutuhan kurikulum di Indonesia.

kindergartenworksheet(dot)net

belajar di rumah
kindergartenworksheet.net

Laman Kindergartenworksheet adalah alat belajar yang luar biasa untuk digunakan oleh para pendidik dan siswa. Ratusan lembar kerja TK gratis yang dirancang agar sesuai dengan kurikulum TK standar. Fokus utama situs web TK ini adalah menyediakan sumber daya pendidikan gratis, yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan orang tua dengan mencetak berbagai pilihan lembar kerja (worksheet). Lembar kerja juga bisa dikerjakan daring (online).

Free Printable Worksheets

belajar di rumah
worksheetfun.com

Laman Free Printable Worksheets bisa diakses di worksheetfun(dot)com. Sesuai judulnya, maka kita bisa memilih aneka lembar kerja yang siap diprint. Subyeknya pun banyak pilihan, mulai dari matematika sederhana, warna, huruf, dan disesuaikan dengan usia. Materinya diperuntukkan bagi anak TK hingga grade 8. Walaupun berbahasa Inggris, materinya mudah difahami karena berdasarkan logika saja.

Buku PAUD, TK & SD Gratis – Ebook PDF Anak 4-8  tahun

belajar di rumah
anakrajin.com

Laman ini bisa diakses di anakrajin(dot)com. Sesuai dengan penjelasan di laman, maka kita bisa mengunduh materi-materi yang ada. Bisa juga dicetak sendiri. Untuk mengunduh Ebook, kita harus mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi anggota. Materi-materi berupa lembar kerja, flashcard, dan buku kerja.

pinterest(dot)com

belajar di rumah
pinterest.com

Banyak contoh-contoh worksheet yang bisa diunduh dari website Pinterest. Materinya silakan orang tua atau guru menyesuaikan dengan tingkatan usia dan kelas di sekolahnya.

Ruangguru

belajar di rumah
ruangguru.com

Siapa yang tak kenal dengan Ruangguru, startup teknologi dan Pendidikan terbesar di Indonesia? PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan.

Laman ini bisa diakses di ruangguru(dot)com. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Belajar Melalui Aplikasi

Belajar memang bisa dari mana saja. Sehubungan ada edaran bahwa anak-anak tidak sekolah tetapi belajar di rumah. Bagi keluarga yang tidak mempunyai komputer dan jaringan internet mumpuni, belajar juga bisa dari aplikasi di ponsel.

Tentunya harus dipertimbangkan kesehatan mata anak-anak bila menatap layer gawai terus menerus. Orang tua bisa memanfaatkan ide-ide dari aplikasi tersebut kemudian membuat lembar kerja sendiri atau mencatat di papan tulis.

Chai’s Play – Aplikasi parenting & permainan anak

belajar di rumah
aplikasi chai’s play, panduan untuk melatih balita (PAUD)

Ruangguru – One-stop Learning Solution

belajar di rumah
aplikasi ruangguru

Aplikasi Belajar Anak 2 Tahun, TK, PAUD: Anak Bunda

belajar di rumah
aplikasi belajar anak bunda, untuk balita (PAUD/ TK)

Nah, teman-teman demikianlah beberapa langkah yang bisa kita lakukan selama anak-anak tidak sekolah dan belajar di rumah. Ada Tips Melewati 14 Hari Self Karantina Tanpa Bosan juga dari Mis Juli seorang guru di Bekasi. Cuz juga ke artikelnya…

Tentu saja bukan hanya belajar, anak-anak pun harus tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, agar daya tahan tubuh kuat.

Selain itu harus menjaga kebersihan sesuai ketentuan yang banyak diajarkan. Rajin-rajin mencuci tangan setelah beraktivitas dan membersihkan alat-alat main yang dipakai bersama.

Bandung, 15 Maret 2020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25 Komentar

  1. Ruang guru ini yg lagi naik daun..secara kerjasama dengan salah satu provider yang handal… rupanya ada beberapa seperti ruang guru ini..jadi tambah tahu

  2. Anak libur sekolah, jika di rumah tidak ada kegiatan memang bikin pusing orang tuanya. Jadi memang perlu ada jadwal supaya liburan anak terarah.

    Kemarin sempat binggung juga untuk mencari sumber belajar. Nah, sekarang udah ketemu deh web yang menyediakan materi pelajaran. Makasih banyak informasinya sangat bermanfaat sekali☺

  3. Eeeeh ada banyak yaaa Mba. Saya tahunya cuma Rumah Belajar dan Ruang Guru doang. Hahaha. Mungkin karena saya belum punya anak yg usia sekolah, jadinya gak peka gitu. Informatif sekali ini Mba Hani.

  4. Dalam masa karantina ini untung bgt jaringan internet ga ikut dikarantina. Bisa bener2 balik ke jaman batu kalau gitu kejadiannya. Semoga wabah segera berlalu ya teh dan kita bisa petik hikmah dari kejadian ini. Manusia itu apa sih, kecil bgt di hadapan Allah SWT

  5. Jaman sekarang apa-apa bisa melalui daring ya, Mbak Hani. Nggak ada alasan lagi, nggak punya ide. Karena kreatifitas bisa dipancing dari aplikasi dan laman web yang sudah Mbak Hani sebutkan. Cuma tinggal para orang tua yang mau baca atau nggak. Hehehe

  6. terimakasih mbak sangat berguna unuk aku, aku hanya au ruang guru saja. karena yang sering muncul di tv tv hanya ruang guru ehhhh gak taunya ada situs yang lainnya juga.

  7. Wuih bahkan di Pinterset juga ada bahan worksheet ya, keren nih. Selain ruangguru ternyata ada banyak pilihan untuk bantuan belajar di rumah ya. Yang ruangguru bahkan semua operator selullar tampaknya memberikan gratis kuota 30 GB untuk akses ruang guru ini 🙂

  8. Beberapa orangtua sepertinya kelabakan dengan kebijakan belajar dari rumah ini, adanya blog yang membahas mengenai cara belajar di rumah ini bisa jadi panduan buat orangtua biar sang anak benar-benar bisa tetap memanfaatkan waktu di rumah untuk belajar

  9. Terimah kasih mbak info nya. Menambah ilmu lagi nih diluar panduan tugas belajar anak-anak yang harus disetor harian dari rumah.

  10. Dari musibah ini semakin menuntut kita bahwa tekhnologi itu penting banget ya. Terutama bagi para orang tua. Tanpa tekhnologi kita bisa tertinggal. Dan Semoga musibah ini segera berakhir. Ami