11/07/2020
manfaat vitamin e

Inilah 9 Jenis Makanan Kaya Manfaat Vitamin E

Sebuah utas video dari Youtube dishare oleh teman saya. Videonya menjelaskan tentang virus dan sistem imun tubuh kita. Ternyata untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap virus, kita hanya perlu menambah konsumsi vitamin C dan E, bisa dari makanan maupun suplemen. Kandungan vitamin E merupakan vitamin yang penting bagi tubuh kita. Alfa tokoferol, senyawa aktif vitamin E bermanfaat mampu melindungi kulit, rambut, dan sel-sel tubuh dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Manfaat Vitamin E Bagi Kulit

Beberapa penelitian menjelaskan, manfaat vitamin E mengandung anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin ini juga berperan untuk menjaga kesehatan dan fungsi berbagai sel dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah. Bagi para lanjut usia, manfaat vitamin E juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bila kita mengonsumsi suplemen, vitamin E dijual bebas dalam takaran maksimal 200 mg/hari, sedangkan sehari-hari cukup 40-50 mg/hari. Walaupun demikian, sebetulnya kita tidak memerlukan suplemen, karena bisa diperoleh dalam gizi seimbang sehari-hari makanan kaya manfaat vitamin E.

Masyarakat mengenal vitamin E sebagai vitamin bagi kesehatan kulit dan kesuburan. Vitamin E memiliki fungsi antioksidan, yaitu menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas, yang biasanya diproduksi ketika tubuh terpapar langsung dengan sinar UV, asap rokok, dan polusi yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit kanker. Banyak makanan yang kaya vitamin E, yang dapat kita konsumsi dan juga sangat sehat bagi tubuh. Hal ini didukung dengan penelitian yang membuktikan bahwa vitamin ini menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Jenis Makanan Kaya Manfaat Vitamin E

Berikut 9 makanan kaya manfaat vitamin E yang bisa diperoleh dalam menu sehari-hari.

1 – Bayam. Selain vitamin E, sayur ini juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang diperlukan tubuh.

2 – Almond. Mengonsumsi satu ons kacang almond setara dengan 7,4 mg vitamin E. Selain itu, kacang ini mengandung vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi. Kita juga bisa mengonsumsinya seperti olahan susu almond atau minyak almond.

3 – Alpukat. Setengah potongan dari buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Selain bisa dijadikan jus, alpukat dapat dinikmati dengan roti tawar atau dimakan langsung.

4 – Brokoli. Sayuran ini memang sangat terkenal di antara daftar makanan sehat. Mengonsumsi secangkir rebusan brokoli bisa memenuhi 4% kebutuhan harian Anda.

5 – Mangga. Selain kaya vitamin, buah mangga juga mengandung kalium dan serat. Mengonsumsi secangkir jus mangga setara dengan 1,5 mg vitamin E.

6 – Tomat. Walaupun memiliki nilai kalori rendah, tomat mengandung kalium, vitamin A, dan tentunya vitamin E. Mengonsumsi secangkir tomat setara dengan satu mg vitamin E.

7 – Wortel. Selain kaya akan vitamin A, ternyata wortel ukuran sedang mengandung tokoferol sebanyak 0.5 mg. Tokoferol adalah senyawa utama dari vitamin E.

8 – Kecambah atau Toge. Kecambah dipercaya kaya akan vitamin E, sehingga kecambah identik baik untuk kesuburan bagi pasangan yang mendambakan keturunan.

9 – Kacang hazelnut dan jenis kacang-kacangan lainnya. Mengonsumsi satu ons kacang hazelnut dapat memenuhi 20% kebutuhan harian. Kita bisa memakannya langsung sebagai camilan ataupun campuran kopi jika dihaluskan.

Efek Samping Vitamin E

Selain manfaat, tentunya kita harus tahu efek samping vitamin E. Vitamin E tidak boleh dikonsumsi bila akan menjalani operasi, karena akan mengganggu sistem pembekuan darah. Itu sebabnya ketika seseorang terlambat haid, ternyata minum vitamin E dapat melancarkan datangnya haid. Tentu saja ini bersifat kasuistik. Belum tentu teman blogger lain mempunyai efek yang sama. Perokok dan penderita penyakit Alzheimer, penurunan fungsi mental, kerusakan mata, gangguan ginjal, penyakit jantung, diabetes, penyakit kulit, defisiensi vitamin K, dan gangguan pembekuan darah perlu berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin E.

Semoga bermanfaat!

Bandung, 14 Maret 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

8 thoughts on “Inilah 9 Jenis Makanan Kaya Manfaat Vitamin E

  1. Kalau saya seringnya bayam, wortel dan toge. udah kayak sayur wajib saya.
    Sayangnya cuman saya yang suka toge, anak-anak enggak suka.
    Tapi bayam dan wortel sih suka.

    Kalau brokoli kadang aja sih.

    Banyak banget ya manfaat dari sayuran tersebut 🙂

  2. Saya suka alpukat tomat dan tauge. Di Cianjur ada makanan khas terbuat dari tauge seperti dibuat ketoprak gitu.
    Sebagai sumber vitamin E nya malah saya ketahui sekarang hehehe

  3. wah terima kasih mba infonya, ternyata ketika mau operasi tidak boleh konsumsi vitamin E ya…alhamdulillah ternyata saya sering konsumsi makanan yang mengandung vitamin E 🙂

  4. Kecuali hazelnut, almond dan alpukat, semua makanan sehari hari saya
    Alpukat selalu gagal beli sedangkan kacang2an mahal, jadi saya pilih kacang merah dari tukang sayur😁😁😁

  5. Jadi bener ya makan itu harus variatif. Karena berlebihan memang tidak baik, termasuk berlebihan dalam konsumsi satu jenis vitamin. Dan ga usah jauh2, udah makan seporsi pecel aja udah komplit semua sumber gizi masuk. Ya, vitamin dari sayur ya karbohidrat 😁

  6. wah banyak juga ya pilihan sumber vitamin E.. tapi tetep. harus berhati-hati juga ya mengkonsumsinya.. aku kira gak ada efek samping hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *