Sumber Makanan untuk Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

  • Whatsapp
tinggi badan anak

“Wah, tinggi ya anaknya. Kayak ayahnya, jangkung”

“Makan apa yaa supaya anakku badannya tinggi?”

Muat Lebih

Pasti sudah hafal ya berbagai komentar yang datang dari orang-orang terhadap kondisi anak mereka atau anak orang lain. Bagi sebagian besar orang tua, anak yang badannya tinggi merupakan anak yang tumbuh kembangnya ideal. Padahal pertumbuhan anak bila memakai tolok ukur tinggi badan, harus sebanding dengan berat badan, dan faktor genetik dalam keluarga. Orang tua yang struktur tubuhnya tinggi, kemungkinan anak-anaknya badannya tinggi juga. Sebaliknya orang tua yang tingginya sedang-sedang saja, bukan tak mungkin pertumbuhan tinggi badan anak justru bagus.

Beberapa Sumber Makanan

Makanan bergizi merupakan sumber penting bila orang tua menginginkan pertumbuhan tinggi badan anak ideal. Ada beberapa sumber makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi yang berguna mendorong pertumbuhan tinggi badan anak optimal.

Protein adalah bagian penting dari diet sehat. Protein terdiri dari ‘bahan pembangun’ kimia yang disebut asam amino. Tubuh kita menggunakan asam amino untuk membangun dan memperbaiki otot dan tulang serta untuk membuat hormon dan enzim. Protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan kalsium dibutuhkan tubuh kita terutama pada masa pertumbuhan karena kalsium membantu membentuk massa tulang lebih padat.

Berikut beberapa sumber makanan yang bisa menjadi menu sehari-hari:

1 – Telur

Sebuah penelitian di Ekuador terhadap 83 bayi usia 6 – 9 bulan dan diberi telur sebutir tiap hari membuktikan mereka terhindar dari stunting. Stunting sendiri berarti kerdil, yaitu anak-anak tidak tumbuh kembang sesuai usianya.

2 – Daging

Daging sapi atau daging lain yang berwarna merah mengandung fosfor dan magnesium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Kekurangan unsur mineral tersebut mengganggu mineralisasi dan kekuatan tulang.

Sumber makanan lain yang mengandung fosfor dan magnesium adalah ikan, seafood, kacang-kacangan, jagung, dan kentang.

3 – Sayuran

Sayuran berdaun hijau mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Sayuran tersebut antara lain: brokoli, bayam, daun kale, daun katuk, dan lain-lain.

4 – Buah-buahan

Beberapa buah-buahan seperti papaya, jeruk, nanas, stroberi, dan kiwi mengandung vitamin C sangat tinggi. Vitamin C berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama untuk tulang.

Buah pisang juga bagus untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak. Pisang mengandung kalium, mineral yang dibutuhkan untuk membangun tulang lebih kuat.

5 – Susu dan Produk Susu

Susu sapi selama ini kita kenal sebagai sumber pangan yang kaya akan kandungan kalsium. Tetapi ternyata banyak anak-anak yang ternyata alergi terhadap susu sapi. Untuk itu susu sapi dapat diganti dengan susu sari kedele atau sari kacang almond yang juga bagus untuk pertumbuhan tulang.

6 – Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein nabati, serat, vitamin, asam folat, dan karbohidrat. Kandungan protein nabati dalam kacang-kacangan juga mengandung hormon pertumbuhan sehingga tinggi badan anak dapat optimal.

Tanda-tanda fisik Pertumbuhan Tinggi Badan Anak Optimal

Bagaimana kita mengetahui bertumbuhan anak sesuai dengan usia?

Berikut ciri-ciri fisik dan perilaku yang bisa kita amati sehari-hari:

  • Pemeriksaan fisik seperti postur tubuh tegap dan ototnya padat.
  • Rambutnya berkilau dan kuat.
  • Kulit dan kukunya bersih dan tidak pucat.
  • Wajahnya ceria, mata bening, dan bibirnya segar.
  • Giginya bersih dan gusinya merah muda.
  • Nafsu makannya baik, tidurnya nyenyak, dan buang air besar secara teratur.
  • Anak juga bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai usianya, selain itu juga penuh perhatian dan bereaksi aktif.

Nah, teman-teman itulah sumber makanan untuk pertumbuhan badan anak supaya optimal. Perhatikan selalu asupan gizinya agar seimbang dan membangun daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

id.theasianparent.com

Bandung, 18 Maret 2020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *