13/08/2020

3 Pola Sederhana Baju Tunik

Teman-teman sudah tahu belum model baju tunik itu seperti apa? Apa bedanya dengan blus? Kalau abaya itu yang seperti apa? Banyak ya nama-nama baju dengan ciri khas modelnya. Sekilas nampak mirip, tapi berbeda detailnya. Bagi teman-teman yang hobi menjahit, membuat baju tunik sebetulnya mudah saja. Apalagi bagi Muslimah, tidak perlu ditambah kupnat sana-sini yang memperlihatkan lekuk tubuh. Pola baju tunik memang los saja tanpa kupnat.

Sejarah Baju Tunik

Menurut sejarah, baju tunik awalnya merupakan pakaian yang dikenakan orang Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan Kekaisaran Romawi Timur. Pakaian ini disebut tunica. Waktu itu di Romawi Kuno, tunik adalah pakaian pria dan anak laki-laki. Pria muda dan prajurit mengenakan tunik berwarna putih yang panjangnya hanya sampai di atas lutut. Pria yang lebih berumur, bangsawan, dan hakim mengenakan tunik hingga sampai di pergelangan kaki. Di atas tunik dikenakan toga.

Fashion berkembang, tunik tidak hanya dipakai kaum pria, wanita pun menggemari model baju ini. Boleh dibilang baju tunik merupakan baju santai karena potongannya longgar dan mudah untuk dipakai beraktivitas. Potongannya pun lurus saja, dengan panjang disesuaikan, apakah ingin di atas lutut atau di bawah lutut. Bawahannya pun ada yang merupakan celana panjang dengan pipa celana sempit, kulot atau rok panjang.

Di Pakistan, tunik juga menjadi ciri khas pakaian wanita setempat yang panjangnya di bawah lutut, dilengkapi dengan celana panjang dan selendang untuk kerudung dalam warna senada.

Di Indonesia, baju tradisional berbentuk tunik dipakai wanita Sumatra, biasa disebut baju kurung, dipakai dengan bawahan sarung atau songket, dan dilengkapi selendang. Keunikan pada tunik Sumatra biasanya juga dilengkapi dengan hiasan sulam di bagian dada dan ujung lengan.

baju tunik
baju tunik sulam Sumatera

3 Pola Sederhana Baju Tunik

Bagi teman-teman yang hobi jahit, bisa membuat baju tunik sendiri untuk hari Raya nanti. Ciri pola sederhana baju tunik adalah tidak banyak sambungan, mudah dibuat, can menjahitnya cepat. Untuk mempercantik bisa dikombinasikan dengan permainan warna atau pernak-pernik asesoris yang pas. Kemudian tinggal menjahit badan depan-belakang, menambahkan lengan, merapikan kerung leher dan menambahkan kancing. Tahap akhir, mengobras dan menjahit keliman. Boleh banget kembaran dengan si putri cilik atau sang gadis remaja.

Pola Sederhana – 1

pola tunik
pola tunik, sumber: helmifashion

Pola Sederhana – 2

pola baju tunik
pola tunik, sumber: pinterest

Pola Sederhana – 3

pola baju tunik
pola tunik, sumber: @menjahits

Nah, teman-teman, desain-desain di atas adalah beberapa contoh pola baju tunik yang bisa dibuat sendiri. Contoh-contoh pola lainnya bisa dicari di pinterest atau ikut komunitas hobby jahit di Facebook. Siapa tahu, penjahit langganan sudah tidak terima pesanan lagi. Kan terpaksa menjahit sendiri, deh. Maaf, belum saya sertakan tutorialnya. Mudah-mudahan masih keburu nih membuat tunik untuk hari Raya nanti.

Sumber: etsy.com

Bandung, 19 Mei 2019

signature haniwidiatmoko

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

2 thoughts on “3 Pola Sederhana Baju Tunik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *