4 Cara Sehat Buka Puasa

buka puasa

Di Indonesia waktu berpuasa berlangsung kurang lebih selama 14 jam. Selama belasan jam tanpa makan dan minum, ada kemungkinan tubuh kita mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu kita perlu memerhatikan asupan nutrisi baik pada saat sahur maupun saat buka puasa.

Cara Sehat Buka Puasa

Berikut ini cara sehat buka puasa yang dapat kita ikuti:

1- Minum air hangat

Dalam keadaan perut kosong seharian, kecenderungan kita selama ini kalau buka puasa adalah minum-minuman manis dan dingin. Padahal kebiasaan ini tidak sehat, karena gula yang berasal dari sirup justru membuat kita lebih haus. Akibatnya kita malah menambah lagi porsi minum sirup kita. Lagipula gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, dan kadar gula dalam darah bisa naik berlebihan.

Cara lebih sehat, saat membatalkan puasa, cukup minum air hangat saja.

2- Tajil buah

Tajil adalah hidangan ringan saat berbuka puasa. Kebiasaan kita selama ini tajil berupa kolak yang manis. Malahan untuk mudahnya, kita sering berbuka dengan gorengan.

Rasulullah saw mencontohkan, berbuka puasa dengan tajil kurma sebanyak 3 butir. Kandungan nutrisi dalam kurma cukup tinggi, sehingga cukup sebagai pengganti kalori yang hilang selama puasa.

Cara sehat lain, kita disarankan untuk memakan tajil berupa buah. Selain kandungan nutrisi dan mineral, serat pada buah sangat bagus untuk pencernaan. Buah-buahan juga kaya dengan kandungan air dan fruktosa, sehingga dapat membantu menaikkan gula darah yang turun selama puasa.

Baca juga: Minuman Segar Untuk Buka Puasa

3- Jeda sebelum makan malam

Berbuka puasa dan makan tajil kita laksanakan saat magrib, sesudah itu kita salat magrib. Sebaiknya berbuka puasa jangan langsung dilanjutkan dengan makan malam. Perut kita akan kaget, bisa-bisa menyebabkan rasa melilit atau kram.

Waktu dari saat magrib ke isya hanya sebentar. Setelah salat isya dilanjutkan dengan salat tarawih.

Beberapa orang ada yang makan malam justru dilaksanakan setelah salat tarawih.

4- Makan malam secukupnya

Dengan alasan, karena puasa lalu tidak makan siang, kebanyakan dari kita makan malam dengan porsi besar. Dengan pertimbangan, karena seharian tidak makan, maka harus diganti kala makan malam.

Cara ini tidak sehat, karena lambung dan usus yang istirahat seharian, lalu tiba-tiba harus bekerja keras mencerna makanan. Makan dalam porsi besar sekaligus akan memperberat kerja lambung, sehingga perut kita bisa kram.

Nah, teman-teman demikianlah cara sehat berbuka puasa ala saya. Bila teman-teman ada share buka puasa lain, silakan share ya…

Bandung, 6 Mei 2019

signature haniwidiatmoko

23 tanggapan pada “4 Cara Sehat Buka Puasa”

  1. Pingback: Resep Soto Ayam Kletuk Khas Blora - blog hani

  2. Bener banget sih. Kadang aku jg hanya minum air putih atau air gula hangat untuk berbuka. Kalo ada tajil buah ya dimakan. Kalau ga ada, ya langsung sholat maghrib dulu. Abis itu baru makan sedikit aja buat persiapan sholat isya. Abis isya bisa lanjutkan makan malam lagi. Hehehe..

  3. Saya kalau buka puasa langsung makan nasi komplit sama lauk. Asal ngga kekenyangan ngga berasa eneg sih. Kalau nunggu jam 8 habis tarawih baru makan nasi ngga kuat, walaupun udah makan hidangan takjil.

  4. Betul banget, karena saya sering bermasalah dengan lambung, saya gak bisa langsung makan banyak kalau ada jeda makan yang cukup panjang. Caranya memang betul. Yaitu dengan tidak makan banyak dan makan secara sedikit-sedikit saja supaya lambung tidak kaget.

  5. Saya termasuk yang gak kuat kalau iftar dengan minuman dingin (es) , pasti jadi radang dan demam. Bikin repot kan klo sakit pas Ramadan gini.
    Tiga tahun terakhir sudah membiasakan diri buka puasa dengan air rendaman kurma atau teh hangat tanpa gula yang diminum dengan kurma. Alhamdulilah, kenyang sampai waktunya makan malam setelah salat isya atau tarawih.

  6. Daku kalau buka puasa minum air putih hangat memang, baru makan nasi tapi secukupnya aja. Baru dah makan takjil (kebalik yak 😂) selepas isya.

  7. Kalau saya biasanya berbuka pakai kurma dulu, Mbak. Kalau ga ada ya teh manis hangat. Atau kadang cukup air putih. Kalau es yang segar-segar udah mulai ga berani. Malah bikin haus terus dan ga enak di perut. Terus bakda magrib baru menyantap sajian utama. Kalau ada kolak, bakda tarawih minum kolak. Pokoknya kurma sebisa mungkin ada, apa pun jenisnya doyan hehe.

  8. Menu buka puasa ada buah itu wajib banget buat aku kak.

    Nah ini kadang lupa, habis buka dengan tajil, lalu asyik maka. Alhasip. Kekenyangan dan sulit bergerak untuk solat. Hiksss…

  9. Membiasakan buka pakai minuman hangat ini yang agak susah sama aq kak, tiap buka langsung kalap liat es teh manis 😂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *