5 Alasan Kenapa Kamu Harus Liburan ke Semarang!

Indonesia memiliki banyak kota menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata. Salah satunya adalah kamu harus liburan ke Semarang yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah.

Apakah kamu sudah pernah main ke kota ini? Jangan salah, meski ada kota-kota tujuan wisata lainnya seperti, Yogyakarta maupun Solo yang lokasinya berdekatan, namun Semarang menyimpan banyak sekali pilihan wisata menakjubkan yang bisa jadi tujuan berlibur nantinya.
Jika masih kurang yakin, berikut ada 5 alasan kenapa kamu harus liburan ke Semarang paling tidak satu kali seumur hidup.

1 – Mudah dijangkau semua moda transportasi

Sebagai ibukota provinsi, Semarang bisa dijangkau dengan semua moda transportasi yang tersedia saat ini. Mulai dari pesawat, kapal laut hingga bus yang tiketnya murah meriah. Kamu tinggal pilih mana yang paling nyaman dari segi budget dan juga waktu perjalanan.
Jika kamu punya budget terbatas, tenang. Kamu bisa pilih naik bus menuju Semarang. Ada banyak operator populer dan terpercaya yang melayani rute ke Semarang. Naik bus Agra Mas misalnya. Operator yang sudah mengaspal sejak tahun 2003 ini punya bus eksekutif bahkan bus double decker untuk trayek tertentu lho!

2 – Punya pilihan wisata lengkap; wisata alam hingga wisata keluarga

Sama seperti kota-kota lainnya yang punya pilihan destinasi wisata yang siap memanjakan para wisatawan yang berkunjung, Semarang pun punya banyak opsi tempat wisata untukmu.
Mulai dari wisata alamnya yang memukau seperti pantai-pantai indah, contohnya Pantai Marina yang sangat populer di Semarang, Pantai Tirang, Pantai Morosari Sayung Demak, Pantai Baruna, Pantai Maron dan masih banyak lainnya.
Ada juga gardu pandang dengan pemandangan begitu ciamik yang menyejukkan mata seperti Gardu Pandang Lereng Kelir dan Gumuk Reco Banyubiru. Berfoto dengan latar berbagai corak warna warni bunga dari berbagai jenis di Kebun Bunga Celosia Bandungan serta tak ketinggalan Umbul Sidomukti yang hits di Semarang.
Ke Semarang bersama keluarga? Tenang, kota ini juga punya banyak pilihan taman bermain dan juga tempat wisata yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Contohnya saja Saloka Park yang punya wahana untuk berbagai usia. Ada juga Dusun Semilir Eco Park yang menggabungkan tempat liburan instagenik dan edukasi yang hits di Semarang
Kamu dijamin tidak akan kehabisan opsi pilihan tempat wisata di Semarang deh!

3 – Bisa nostalgia ke zaman dahulu

Jika kamu termasuk yang suka hunting foto di tempat yang instagramable atau suka mengagumi keindahan bangunan kuno dengan desain interior klasik khas zaman dulu? Liburan ke Semarang saja!
Semarang punya kawasan khusus yang merupakan kawasan cagar budaya berisi bangunan berdesain khas Eropa kolonial yang dikenal dengan Kawasan Kota Lama. Disini kamu bisa menyusuri jalanan yang memiliki deretan bangunan dari zaman era kolonial Belanda yang punya eksterior unik dan juga cantik.
Kamu juga wajib mampir ke Lawang Sewu yang punya arsitektur bangunan yang unik. Rasanya tidak afdol jika liburan ke Semarang tanpa mampir ke tempat wisata ikonik Semarang yang satu ini.
Tak hanya peninggalan Belanda, Semarang juga punya candi peninggalan kerajaan nusantara yang bisa kamu kunjungi. Contohnya saja Candi Gedong Songo yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang masih berdiri kokoh hingga kini. Tak hanya arsitektur bangunannya yang menarik, pemandangan di sekitar candi ini juga begitu sejuk karena berada di lereng Gunung Ungaran.

4 – Akulturasi budaya yang bikin semakin cinta Indonesia

Keragaman berbagai suku yang berdiam di Semarang dapat terlihat jelas dalam berbagai objek wisata maupun pilihan kuliner Semarang yang menggoda.
Akulturasi budaya ini bisa kamu temukan pada bangunan klenteng Sam Poo Kong yang memadukan budaya Cina dan juga Jawa. Hal ini bisa dilihat pada atap klenteng yang mirip bangunan Joglo dan juga penggunaan kombinasi warna hijau pada klenteng yang melambangkan islam; agama Laksamana Cheng Ho yang mendarat di Semarang. Bangunan klenteng ini menjadi simbol kerukunan umat beragama di Semarang dan juga Indonesia pada umumnya.
Contoh lain adalah lumpia yang jadi makanan khas Semarang yang tersohor seantero negeri. Makanan ini merupakan hasil akulturasi budaya Cina dan Jawa yang mengedepankan makanan dengan cita rasa lintas budaya.
Selain itu ada banyak juga acara menarik yang memamerkan akulturasi budaya di Semarang yang akan membuat kamu lebih cinta terhadap keragaman Indonesia dan budaya suku-suku di dalamnya.

5 – Pilihan kuliner legendaris yang klasik

Suka wisata kuliner? Semarang bisa jadi tujuan wisata yang pas karena disini kamu bisa mencicipi berbagai kuliner legendaris yang meski sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, namun cita rasa yang disajikan tetap sama dan tidak berubah.
Contoh kuliner khas Semarang yang wajib kamu cicipi adalah lumpia gang Lombok, Leker Paimo, Gudeg Mbak Tum, tahu gimbal, nasi ayam Semarang, nasi goreng babat dan masih banyak lainnya.
Jadi, kapan kamu liburan ke Semarang? Pastikan untuk membeli tiket transportasi ke Semarang secara online di Traveloka untuk memudahkan liburan kamu ya. Bisa beli tiket bus, tiket pesawat hingga booking hotel di Semarang dengan mudah pakai Traveloka.

Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status