5 Aplikasi Keuangan Gratis untuk Mengatur Keuangan Pribadi

Teman-teman, apakah kalian mencatat pemasukkan dan pengeluaran keuangan pribadi? Tidak semua orang baik pribadi maupun keluarga yang apik mencatat keuangan mereka. Padahal mencatat adalah salah satu bentuk mengatur keuangan secara sederhana. Melalui mencatat pemasukkan dan pengeluaran ini kalian jadi tahu rupiah demi rupiah dengan detail dari mana dan dipakai untuk apa. Jadi, misalnya ada keperluan mendadak yang harus dikeluarkan dananya, kalian harus berhemat di bidang lain. Sisi lain, bila ada tambahan dana yang diperoleh, mungkin bisa dialokasikan untuk hal penting atau sebaliknya mau beli yang sudah lama diinginkan. Untuk mencatat keuangan pribadi sekarang tak perlu ribet, karena ada aplikasi keuangan gratis yang bisa kalian unduh dari Google Playstore untuk ponsel androidmu.

Berikut beberapa contoh aplikasi atau software tersebut:

1 – WPS Office

Aplikasi WPS Office mirip dengan Window Office, di dalamnya terdapat aplikasi untuk menulis mirip word. Kemudian spreadsheet dan presentasi.
Pencatatan melalui WPS Office spreasheet, mirip dengan mengelola excel, jadi kita membuat sendiri tabel perinciannya. Kolom-kolom bisa diisi dengan pos-pos pemasukkan, pengeluaran, berupa belanja harian, tagihan bulanan, dan lain-lain. Karena berupa spreadsheet maka otomatis akan menjumlah sendiri, sehingga kita akan segera tahu, jumlah pengeluaran tiap harinya.

2 – Catatan Keuangan Harian

aplikasi keuangan gratis
catatan keuangan harian

Aplikasi untuk mencatat aktivitas keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan.
aplikasi didesain dengan simple sehingga mudah digunakan tanpa mengurangi fitur penting.
Fitur aplikasi :

  • mencatat pengeluaran/pembelanjaan uang harian ( daily expense )
  • mencatat pendapatan ( income )
  • laporan pengeluran & pendapatan,
  • menghitung selisih
  • laporan per bulan
  • export dan simpan laporan dalam format excel ( xls / spreadsheet )
  • laporan semua aktivitas keuangan per transaksi, mempermudah anda untuk melihat riwayat pengeluaran sebelumnya
  • edit & menambahkan kategori pengeluaran, pemasukan
  • fitur pin sebelum masuk aplikasi
  • desain simple dan mudah dipakai

3 – DompetKu – Catatan Keuangan & Hutang

Aplikasi yang dirancang oleh Henry Febian ini pemakaiannya juga mudah. Aplikasi ini bertujuan untuk mengontrol pengeluaran dan hutang (kalau ada), sehingga dapat diketahui kesehatan keuangan kita.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan fitur Multiple Account (Rekening) bagi yang memiliki banyak rekening maupun e-wallet dan kesulitan untuk melakukan pembukuan keuangan.
  • Tidak hanya mencatat Pendapatan/Pengeluaran, tetapi anda juga bisa mencatat Hutang/Pinjaman, sehingga anda bisa mengontrol alur kas uang anda dengan baik.
  • Tersedia banyak pilihan ikon menarik untuk pengelompokan pengeluaran dan pendapatan sehari-hari anda.
  • Laporan keuangan yang menarik dan simpel disertai Grafik yang mudah dibaca.
  • Menyediakan privasi keamanan pada catatan keuangan anda dengan PIN.
  • Menyediakan fitur untuk mencadangkan dan memulihkan kembali database pada akun Google Drive anda.
  • Tidak ada iklan yang mengganggu dalam mencatat keuangan anda.

4 – QuickBooks

Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk dapat menghubungkan semua rekening bank dan kartu kredit yang dimiliki, serta semua tagihan bulanan. Jadi semua keuangan yang ada akan berada di satu tempat sehingga memudahkan pengaturannya. Melalui aplikasi ini, semua yang dibutuhkan sudah terdapat di dalamnya.

5 – Mint

Aplikasi ini akan memberi tahu kapan tagihan jatuh tempo, apa yang harus dibayar dan apa yang dapat dibayar.
Aplikasi juga dapat mengirimkan pengingat pembayaran setiap kali tanggal jatuh tempo datang, sehingga dapat menghindari biaya keterlambatan yang ada.
Berdasarkan kebiasaan belanja, Mint bahkan memberi saran khusus untuk lebih mengontrol anggaran yang ada.
Mint akan menarik data langsung dari semua akun keuangan Anda, termasuk rekening bank pribadi, pensiun, pinjaman perguruan tinggi dan kartu kredit.

Mint akan memberitahu dan mengingatkan tentang hutang yang dimiliki secara real-time. Mint juga berfungsi untuk membuat rencana pembayaran dan penghematan secara individual guna membantu mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.
Mint bisa menjadi pilihan cerdas bagi orang sibuk yang tidak punya waktu untuk mengontrol keuangan secara manual.

Nah, teman-teman itulah beberapa pilihan aplikasi keuangan gratis untuk mengatur keuangan pribadi yang bisa kalian unduh di Playstore. Silakan pelajari mana yang paling cocok dan memudahkan. Pentingnya adalah kita harus mau telaten mencatat semua pengeluaran, bahkan yang terlihat receh, misalnya parkir, naik angkot, atau sekedar beli minuman ringan di warung.

19 pemikiran pada “5 Aplikasi Keuangan Gratis untuk Mengatur Keuangan Pribadi”

  1. Saya pakai yang nomor 2, catatan keuangan harian. Aplikasinya simple dan mudah digunakan. Jadi tahu berapa aja uang masuk dan kemana aja uang keluar. Saya juga nyatat wishlist barang yang mau dibeli beserta harganya disitu ^^

    Balas
  2. Saya pakai nomor 2. Mudah, simple juga. Tapi kurang istiqomah ditambah memory hp full, jadilah harus uninstall. Tp memang mencatat pengeluaran tu penting banget biar gak frustasi ni duit abis gajian kemane aje kabur’y? Wkwk..

    Balas
  3. Wah, ini nih yg bisa diandalkan ibu2 jaman now yg sering terkena “insomnia”

    “Lhooo perasaan duit barusan ditransfer, kok udah amblass ya?”😆😆😆 kalo ada app kayak gini, bakal ke-trace semua kan, duit pada lari k mana.

    Makasiii mba saran dan review-nyaa

    Balas
  4. Sebagai nenek-nenek yang mulai bersentuhan dengan dunia digital, kayaknya saya harus belajar lebih banyak tentang aplikasi ini itu. Termasuk aplikasi untuk mengatur keuangan seperti ini. Terima kasih ilmunya, Mbak Hani.

    Balas
  5. Saya belum pernah mencoba memakai aplikasi apapun, hanya manual saja. Biasanya di pisah-pisahkan sendiri, sesuai dengan kebutuhannya. Misal, buat bayar sekolah, listrik, air, belanja dll, jadi tetap ada perhitungannya sendiri Bund, buat memudahkan Emak mengelola keuangan. Jadi penasaran sama aplikasi yang di tulis di atas, kapan2 mau coba lihat-lihat.

    Balas
  6. Saya sempat pakai Dompetku, tapi kurang istiqomah mengisinya,huhu. Saya agak teledor mencatat pengeluaran, terutama yang nominalnya kecil. Akhirnya sekarang pakai sistem jatah harian saja, jadi setiap hari maksimal pengeluaran, nominal sekian,hehe. Paling enggak pengeluarannya jadi enggak melebihi budget.

    Balas
  7. Wah, jadi mudah nih urusan mencatat pembukuan pribadi maupun usaha ya kalau punya aplikasi di atas. Ga perlu ribet bawa buku catatan fisik lagi kemana-mana. tinggal buka aplikasi saja cukup.

    Balas
  8. Mencatat keuangan emang perlu banget ya, Bund. Karena itu bagian penting dari pengelolaan. Sementara, pengelolan keuangan yang baik adalah “pasangan” buat kemampuan memperoleh penghasilan.
    Mantap nih pilihan aplikasinya. Tapi saya masih pake yang “sederhana” yaitu WPS office.

    Balas
  9. Aku semoat pakai money lover sama aplikasi apa tuh ya warna coklat. Pake google sheet jg pernah. Skrg lagi pake aplikasi buku kas dr awal tahun. Yang terpenting Istiqomah nih kadang blas lupa

    Balas
  10. wahhh akhirnya nemunya. mau coba pake ah mba.. sekarangn masih pake buku kas manual saya tapi jadinya suka ribet dan suka lupa ngisii hihi… jadi pengen coba yang kedua.. meluncur cari aplikasinya

    Balas
  11. Saya juga pakai aplikasi mbak buat nyata pengeluaran tapi nggak ada di sini. Heu. Membantu banget sih nyatat pengeluaran ini buat tahu uang bulanan habisnya berapa dan dipakai kemana

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status