Inilah 5 Jenis Sisir Rambut yang Paling Cocok untuk Jenis Rambutmu

Manusia sejak lahir membawa karakter jenis rambutnya masing-masing. Umumnya secara genetis atau ras diturunkan dari generasi ke generasi. Ada yang berambut keriting seperti halnya ras dari benua Afrika, Polynesia, bahkan Papua. Sedangkan ras dari dataran Tiongkok hingga ke Asia Tenggara umumnya ciri jenis rambutnya tebal, hitam, lurus, dan agak lemas. Mungkin mirip dengan ras dari Asia Tengah hingga ke Timur Tengah, tebal, hitam, tetapi lebih bergelombang. Beda lagi dengan orang-orang dari benua Eropa, warna rambut lebih beragam, pirang, oren, hingga coklat, tetapi lebih tipis, dan terlihat kering. Bagaimana dengan kita di Indonesia? Uniknya, kita itu kan berasal dari percampuran berbagai ras yang terjadi berabad-abad lalu. Walaupun sama-sama orang Indonesia dan rambut sama-sama hitam, jenisnya berbeda, ada yang lurus, bergelombang, bahkan keriting banget. Strukturnya pun ada yang tebal, lemas, kaku, atau tipis. Tahukah teman-teman, agar rambut kita tetap terawat baik dan rapi, tiap jenis rambut ada jenis sisir rambut yang paling cocok.
Simak artikel berikut…

5 Jenis Sisir Rambut untuk Tiap Jenis Rambut

Jangan sampai salah, teman-teman bisa memilih berbagai desain sisir rambut yang pas. Jenis sisir rambut dibedakan dari bentuknya yaitu berbentuk sisir dan berbentuk sikat.

1 – Sisir gigi jarang untuk rambut basah

sisir gigi jarang
sumber: dove.com

Sisir bergigi jarang atau wide tooth comb ini biasanya untuk menyisir rambut basah yang kusut akibat keramas. Kalau langsung memakai sikat rambut, menyebabkan rambut rontok karena ditarik-tarik. Oleh sebab itu gunakan sisir yang bergigi jarang untuk merapikan dan rambut jadi cepat kering.
Sisir jenis ini bisa juga dipakai untuk yang berambut ikal dan tebal atau berambut keriting. Rambut jadi tidak tersangkut sisir.

2 – Sisir untuk rambut kribo

sisir rambut kribo
sisir rambut kribo

Rambut kribo kesannya tidak perlu disisir, ya. Salah banget. Sama saja dengan orang berambut lurus, perlu juga kan dirapikan. Hanya saja sisir yang dipakai berbentuk khusus.
Giginya panjang dan jarang. Bahan sisir ada yang plastik, ada pula yang giginya terbuat dari logam sehingga tak mudah patah.

3 – Tail Comb

sisir sasak
tail comb

Tail comb adalah sisir yang ujung gagangnya runcing seperti ujung ekor dan bagian giginya sangat rapat. Sisir ini sering juga disebut sebagai sisir sasak.
Masih ingat kan zaman dulu kalau akan memakai sanggul. Rambut dirapikan dahulu dengan cara disasak, lalu dibentuk kemudian supaya bentuknya tetap disemprot hair spray. Langkah terakhir untuk meratakan hair spray dan merapikan bentuk ya memakai ujung sisir tadi.

4 – Round Cushion Brush

round cushion brush
sumber: dove.com

Teman-teman ada yang memiliki rambut panjang dan tebal? Nah, bagi mereka-mereka yang berambut jenis ini sebaiknya menggunakan sisir berbentuk sikat bulat (round cushion brush). Bentuknya bulat dengan letak gigi yang agak jarang dan merata.
Ujung-ujung sikat rambut biasanya bulat dan tumpul, sehingga sambil menyikat rambut bisa juga memassage kulit kepala. Gerakan ini akan melancarkan peredaran darah dan menguatkan akar rambut.

5 – Blow Round Brush untuk rambut lepek

blow round brush
sumber: dove.com

Sikat rambut jenis ini sering dipakai di salon-salon atau bisa juga memiliki sendiri. Sering disebut sebagai sikat blow (round brush) karena bentuknya silinder yang dikelilingi sikat, biasa digunakan untuk menyikat rambut agar terlihat bervolume. Cara pemakaiannya dengan bantuan sisir tail comb untuk mengangkat per bagian rambut kemudian diblow sesuai arah yang diinginkan. Teknik ini membuat rambut terlihat lebih bervolume dan tidak lepek.

Kesimpulan

Teman-teman pilihan jenis sisir rambut tadi sangat membantu kita untuk merawat dan merapikan rambut. Jangan lupa kebersihan rambut juga harus diperhatikan, ya.
Pilih jenis sampo atau pembersih rambut yang paling cocok untuk jenis rambut dan kondisi kulit kepala. Memilih sampo yang keliru akan menyebabkan rambut tampak kusam dan cepat rontok.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status