5 Manfaat Belajar SEO Untuk Website Bisnis Online

manfaat belajar SEO

SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization tak kurang sering banget seliweran di time line media sosial maupun di mesin pencari. Sebagai bloger yang semula abai dengan istilah-istilah ngeblog dan tahunya hanya menulis, ketinggalan zaman deh kalau masih berperilaku seperti itu. Katanya kan ngeblog ingin dapat cuan. Bagaimana mau berpenghasilan cobak kalau artikel yang ditulis tidak ada di mesin pencari Google. Ditambah lagi sejak adanya pandemi Covid-19 kita lebih banyak di rumah dan informasi mengandalkan internet dan media sosial. Tak salah juga kalau banyak orang mencari peluang mendapatkan penghasilan melalui bisnis online. Nah, di sinilah pentingnya manfaat belajar SEO untuk website bisnis online bagi bloger. Tak mau kan website kita tenggelam tak tampil pada SERP (Search Engine Result Pages).

Apa itu SEO?

Website atau blog tidak hanya dilihat dari tampilan secara visual supaya orang tertarik, tetapi juga mudah dioperasikan, dan harus disertai dengan tindakan yang disebut call to action. Selain itu dari segi konten juga harus mudah dicari di mesin pencari dengan kaidah-kaidah SEO.

Arti SEO atau Search Engine Optimization artinya mengoptimasi sebuah website atau artikel pada website agar tampil di halaman pertama Google. Misalnya, nih, teman-teman ingin mencari informasi, pastinya akan mengetik kata kunci (keyword) tertentu. Begitu kita mengetik kata kunci yang dimaksud, maka akan muncul tarik turun serangkaian kata kunci yang berkaitan. Ada yang short tail keyword (3 kata kunci) hingga long tail keyword (lebih dari 4 kata kunci). Berikutnya akan tampil permalink artikel, judul artikel, dan snippet (potongan artikel tersebut).
Banyak cara agar artikel kita tampil di halaman pencarian Google tersebut. Bahkan mungkin inginnya sih, tampil di halaman pertama atau minimal di halaman muda. Minimal yang harus kita lakukan adalah mengoptimasi artikel secara SEO On Page dan SEO Off Page.

1 – SEO On Page

SEO On Page artinya optimasi yang kita lakukan dari dalam artikel yang kita tulis. Itu sebabnya kita harus melalukan riset kata kunci dengan benar sertai menuliskan artikel-artikel berkualitas. Tulis artikel dengan sebar kata kunci dan kata kunci turunan senatural mungkin dilengkapi pula dengan gambar (foto atau ilustrasi) disertai keterangan mengandung kata kunci.

2 – SEO Off Page

Kebalikan dari SEO On Page adalah SEO Off Page, artinya optimasi pada artikel kita dilakukan dari luar website. Salah satu yang sering dilakukan oleh bloger adalah menulis artikel tamu (guest post) di website teman. Tentu saja dalam hal ini harus pilih-pilih teman juga, sih.

Manfaat Belajar SEO untuk Bisnis

Langkah optimasi SEO On Page dan SEO Off Page pada website maupun secara spesifik pada artikel tertentu sudah kita lakukan. Sebenarnya apa manfaat belajar SEO untuk bisnis kita?
Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh:

1 – Branding pada Website Bisnis

Melalui artikel berkualitas dan menambahkan keyword sesuai riset, efek jangka panjangnya adalah website kita tampil di mesin pencarian Google. Bila website tersebut sebuah website bisnis online, maka manfaat belajar SEO akan membranding website tersebut. Kita pun bisa berkompetisi dengan website berskala besar, bahkan mungkin saja lebih unggul.

2 – Promosi Selama 24 Jam

Keuntungan belajar SEO dan menerapkan pada website bisnis online adalah promosi selama 24 jam, 7 hari seminggu. Siapa saja bisa mengakses selama waktu tersebut, dengan demikian konsumen dari mancanegara pun bisa mengaksesnya. Kita bisa juga memprediksi waktu yang paling mengutungkan untuk berpromosi dan update artikel melalui Google Analytic.

3 – Hemat Biaya

Tentu saja melalui website bisnis online yang aware dengan SEO dan ajang promosi selama 24 jam tersebut otomatis menghemat biaya. Artikel yang berkualitas dan tayang di halaman muda Google berpeluang besar untuk mendapatkan CTR (Click Through Rate) yang potensial.

4 – Mendapatkan Target Konsumen

Konsumen biasanya tak mau repot-repot mencari produk atau artikel lebih dari 5 halaman ke belakang. Artikel yang ada di halaman muda akan mendapatkan konsumen-konsumen tertarget, artinya konsumen yang siap beli. Peluang inilah yang harus kita manfaatkan.

5 – Mengembangkan Bisnis

Inti dari kita membuat sebuah website bisnis online adalah mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Maka langkah-langkah menulis artikel yang memerhatikan SEO dampaknya bisnis bisa lebih dikembangkan.

Penutup

Nah, teman-teman sudah faham ya sekarang manfaat belajar SEO untuk website bisnis online. Tidak ada alasan untuk malas dan menghindari belajar SEO dengan alasan ribet. Tinggalkan pemahaman, nulis ya nulis aja, gitu kok repot. Ya engga banget, sudah capek-capek nulis ternyata tidak ada yang membaca, karena artikelnya tidak berkualitas. Mudah kok belajar SEO, banyak dishare di berbagai website, video, komunitas, dan media sosial langkah-langkah untuk optimasi SEO tersebut.

Semoga bermanfaat.

6 tanggapan pada “5 Manfaat Belajar SEO Untuk Website Bisnis Online”

  1. Artikel yang sangat bermanfaat sekali buat saya yang baru mau mulai belajar nge-blog dari nol lagi, nih. Jadi pengen mempelajari lebih lanjut apa itu SEO, dan istilah-istilah lain yang saya nggak paham. Bisa private nggak nih, Bun?

  2. Mbak Hani kapan ada kelas SEO nih? Bener juga sih, sudah menulis tapi tidak dibaca emng sedih…
    Pengen belajar SEO supaya artikel mudah ditemukan. Makasih mbak Hani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *