5 Tips Cara Menata Dapur Sederhana Namun Elegan

cara menata dapur sederhana

Dapur merupakan bagian penting pada sebuah rumah. Boleh dibilang merupakan jantung kegiatan di rumah tersebut, karena dari bangun pagi, siang, hingga malam hari, praktis dapur tak pernah berhenti berdenyut. Apalagi sejak adanya pandemi dan banyak aktivitas keluarga di lakukan di rumah, maka dapur menjadi tempat yang sibuk. Bila rumah-rumah zaman dahulu, dapur terbagi menjadi dapur bersih dan dapur kotor, maka zaman sekarang karena keterbatasan ruangan, dapur cukup satu saja. Bahkan di banyak rumah, dapur juga dilengkapi dengan area untuk makan, sehingga makanan matang bisa langsung dihidangkan dan disantap. Dapur merupakan tempat segala pernak-pernik peralatan, mulai dari alat masak, alat makan, berbagai tempat bumbu, lemari simpan, hingga perlengkapan elektronik. Itu sebabnya perlu tips cara menata dapur sederhana namun elegan agar kegiatan masak menyenangkan serta mudah dibersihkan.

5 Tips Cara Menata Dapur Sederhana

Kunci utama sebuah dapur agar selalu menyenangkan adalah menjaga kebersihan dan harus selalu terlihat neat & clean.
Berikut beberapa tips menata dapur walaupun sederhana bisa membuat dapur lebih lapang dan elegan.

1 – Tata Letak Pola Segitiga

Umumnya dapur-dapur sekarang menggunakan kitchen set sebagai desain lemari di dapur. Kitchen set terdiri dari kabinet atas dan kabinet bawah. Usahakan cara menata dapur sederhana mengikuti tata letak pola segitiga. Pola segitiga adalah area di dapur yang terbagai menurut tiga kegiatan, yaitu area simpan, area meracik, dan area memasak. Menata kitchen set mengikuti pola segitiga membuat memasak menjadi lebih ringkas dan cepat, karena tidak terlalu banyak memakan ruang. Bentuk L atau bentuk lurus rata sepanjang dinding merupakan layout kitchen paling sederhana.

cara menata dapur sederhana
tata letak pola segitiga

2 – Pilih Warna Terang

Dapur dengan warna-warna terang akan menampilkan kesan dapur yang bersih dan rapi.
Warna-warna tersebut bisa diterapkan pada dinding, lantai, langit-langit, dan kitchen setnya.
Bisa juga menambahkan aksen warna mencolok pada beberapa perlengkapan aksesoris dapur. Misalnya handel pintu kabinet berwarna merah, kemudian kita bisa memilih panci dan alat masak juga berwarna merah. Kombinasi dan pemilihan warna yang serasi akan menambah kesan elegan pada dapur walaupun ruangnya sempit dan materialnya sederhana.

3 – Gunakan Rak Vertikal

Kenapa beberapa dapur tampak berantakan dan tidak rapi? Ya, karena tidak disusun rapi. Selain menggunakan kitchen set, kita juga bisa menggunakan rak vertikal sebagai tempat menyimpan segala peralatan dapur. Susun peralatan dapur sesuai kelompoknya. Misalnya peralatan masak, panci berbagai ukuran, wajan, loyang, dan cobek di lemari kabinet di bawah zink atau kompor. Sedangkan peralatan makan berupa piring segala ukuran dan tempat lauk pauk bisa disusun rapi di rak vertikal. Peralatan masak elektronik, misalnya mixer, blender, coffeemaker, microwave, dan lain-lain bisa juga disusun di rak vertikal tersebut.
Gelas-gelas disimpan di lemari kabinet atas. Sedangkan suntil dan sendok sayur tergantung apik di dinding.

sumber: https://decorationideascraftsdiy.tumblr.com/post/kitchenstorage

4 – Pilih Material yang Mudah Dibersihkan

Membersihkan dapur memang harus rajin. Bekas-bekas cipratan minyak merupakan noda membandel yang sulit dibersihkan bila terlanjur berkerak. Oleh sebab itu pilih material untuk table top yang mudah dibersihkan dengan air sabun. Material dapur yang umum digunakan adalah keramik, granit, kayu solid berlapis HPL (high pressure laminate) atau tacosheet.
Untuk bahan kitchen set bisa memakai multiplex yang dilapis cat duco atau HPL.

5 – Cukup Ventilasi dan Penerangan

Rata-rata rumah tangga di Indonesia menggunakan kompor gas sebagai alat masak. Usahakan dapur cukup ventilasi silang dan jendela menghadap ke udara terbuka. Desain seperti ini akan mengurangi risiko kebakaran bila terjadi kebocoran dari tabung gas. Selain itu uap masakan dan hawa panas akibat nyala api dapat diminimalisir, sehingga memasak tidak terlalu sumpek.
Penerangan pada dapur sangat ideal apabila memanfaatkan terang alam pada siang hari serta hemat listrik juga. Memberi lampu di bawah kabinet atas pada kitchen set yang menerangi table top (meja kerja) akan membantu kita saat bekerja di dapur malam hari.

Kesimpulan

Teman-teman, itulah tips cara menata dapur sederhana namun elegan. Seringkali hanya menambahkan peralatan rumah dengan warna senada sudah cukup menimbulkan efek rapi.
Melalui marketplace langganan teman-teman bisa banget berburu peralatan rumah tangga dan perlengkapan asesoris dapur. Apalagi akan ada promo Peralatan Rumah Day dalam Shopee 12.12 Birthday Sale. Bisa banget berburu nih saat harbolnas, hari belanja online nasional.
Semoga bermanfaat!

23 tanggapan pada “5 Tips Cara Menata Dapur Sederhana Namun Elegan”

  1. Siap siap kita ya, yang mau dapat diskon gede gedean di Harbolnas. Btw harusnya semacam itu ya, dapur sehat tuh,.Hehe kalau saya mah tinggal pakai aja apa yang ada, maklum masih tinggal dengan mertua. Tapi cukup sehat kok dapurnya, karena ada di bagian luar dari dapur bersih. Jadi uap panas dan gas langsung bisa terbang ke udara

  2. Saya masih PR nih untuk menata dapur di rumah. Bener banget, aktifitas dapur memang padat. Bisa dari pagi sampai malam, ada aja yang dimasak. Memang jarang sih dipakai untuk masak yang berat. Tapi pengen juga dapurnya tertata rapi.

  3. Posisi dapur itu menentukan selera makan memang. soalnya aku klo ke dapur dirumah itu bawaannya laper mulu. Sepertinya posisi dapuurnya bisa jadi rerkomendasi nanti klo pas hari libur beres-beres posisi dapur hehe. Thank sharingnya mbak

  4. Ternyata menata dapur pun ada pola nya ya bunda. Saya kira asal rapi gitu aja.
    Kok saya jd ingat dapur bunda yg pernah ambrol itu ya? Gimana kondisinya sekarang bun? Sudah aman ya.

  5. Dapur yang bersih dan rapi pastinya bakalan ningkatin mood untuk masak. Kalau masak dengan mood yang bagus pasti makanannya juga bakalan enak ya kan bund ^_^

  6. Ternyata ada tipe tipenya ya, punyaku yang gallery kitchen. Dari awal beli udah gitu, belum sempat mengotak atik sih. Dibiarin gitu aja padahal udah lama hehehe

  7. Kebetulan aku baru pindah rumah. Dapurku bentuk L. Tapi belum bisa pasang rak ambalan gitu. Karena belum ada bor. Kwkwkw. Oinginnya lemari ambalan. Tapi apa daya, hanya ngontrak. Kalau mau ubah tata letal atau apa kudu mikir nih. Wkwkkw

  8. pemilihan rak itu penting klo buat dapur ya mbak,,, skrg ada byk bgt loh rak rak lucu di marketplace,
    aku srg ngintipin tapi belum beli beli, hahaha, masih anak kos nanggung klo dekor dapur tuh gemanaaaa wkwkkw

  9. pengen banget nih punya dapur cakep dan bersih biar makin semangat masak.. hihi. Makasi tipsnya mak, ntr kucoba praktekin aaah

  10. Dapurku juga suempit banget Mbak, pengin renovasi ragu-ragu juga karena pasti merembet biayanya. Sekarang lagi kepikiran pengin ganti perkakasnya,nyari yang lebih praktis biar efisien tempat.

  11. Saya masih belum pandai nih menata dapur. Ternyata dengan menambah atribut atau peralatan dwngan warna sedana saja bisa bikin dapur kita tampak elegan ya. Noted nih. Thanks tipsnya Mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *