28/10/2020
desain kursi santai

7 Desain Kursi Santai yang Bikin Kamu Betah Kerja

Duh, pas minggu tema di 1Minggu1Cerita saya kok engga ada ide menulis tentang tema SANTAI. Minggu depan di kampus akan ada akreditasi program studi. Saya pakepuk sibuk menyiapkan berkas. Walaupun asesmen lapangannya daring, tetap saja harus menyiapkan yang rapi untuk diupload. Mana bisa santai kalau begini, kan? Akhirnya terpikir, menulis sajalah tentang desain kursi santai. Mang kayak apa desain kursi santai? Kalau perkara per-desain-an ya apa saja bisa dikasih nama. Sama dengan kursi makan, kursi kantor, kursi malas, sesuai dengan fungsi dan peruntukkannya saja. Kursi makan cocoknya dipadankan dengan meja makan. Ini yang memang di rumah ada meja dan kursi makan. Ada juga sih, yang lesehan, tidak perlu meja makan deh. Kursi kantor ya pasangannya meja kantor, supaya bisa bekerja dengan nyaman. Karena kursi kantor biasanya empuk, ada sandarannya, dan desainnya ergonomis. Nah, desain kursi santai, ya untuk santai, leyeh-leyeh gitu, bisa gadgetan, cek toko online, atau bahkan jadi admin olsop sekalian.

Posisi Ergonomis pada Saat Santai

Ini gimana ya judulnya. Kursi santai kok buat kerja. Lho, ya kamu kan sudah tahu, sekarang kita bisa kerja dengan mengandalkan ponsel dalam genggaman atau laptop ringan dipangku saja. Tidak perlu meja kursi serius seperti di kantor. Pentingnya dari semua desain yang berkaitan dengan aktivitas manusia adalah harus ergonomis.

Ergonomi, berasal dari dua kata bahasa Junani, yaitu ergon dan nomos. Ergon artinya kerja, sedangkan nomos artinya aturan, kaidah, atau prinsip. Beberapa artikel menerjemahkan ergonomic menjadi ergonomika, pengertiannya adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan kaitannya dengan dengan pekerjaan serta aktivitas mereka sehari-hari. Contohnya, tanpa disadari, posisi duduk kita salah atau ada faktor ergonomi dalam desain furnitur yang tidak diperhatikan.

Teman-teman yang sehari-hari ngeblog atau aktif berkegiatan depan komputer, pastinya pernah merasakan pegal di pergelangan tangan. Kemudian karena terlalu lama menatap layar laptop, selain mata berkunang-kunang, leher belakang juga kaku dan bahu pegal. Masalah-masalah ini berkaitan dengan ergonomi yang kurang tepat ketika kita beraktivitas duduk depan komputer dan mengetik di keyboard tersebut. Oleh sebab itu bisa saja ada kaitan antara ergonomi, desain furnitur, dan pengaruhnya pada kesehatan.
Berarti desain kursi untuk santai juga tetap memerhatikan faktor ergonomis tersebut.

Berikut contoh posisi bila duduk santai yang ergonomis.

studi posisi duduk santai yang ergonomis

7 Desain Kursi Santai

Bean Bag Chair

Dinamakan bean bag chair, karena kursi ini berisi butiran-butiran kacang. Bukan kacang sungguhan sih, nanti numbuh pula. Sebagian besar kantong kacang diisi dengan bahan buatan manusia yang dikenal sebagai polistiren yang diperluas (EPS). EPS adalah plastik sel keras yang sangat mirip dengan Styrofoam, yaitu polistiren yang diekstrusi. Selain manik-manik bean bag, EPS digunakan untuk cangkir kopi sekali pakai dan sebagai bahan bantalan untuk pengemasan dan pengiriman.

Bean bag chair serbaguna, tahan lama, nyaman dan mudah dibersihkan. Sekarang, dokter merekomendasikan mereka karena sifat ergonomisnya. Dan bean bag juga direkomendasikan sebagai bentuk terapi untuk anak-anak dengan spektrum autisme.

bean bag chair

Rocking Chair

Kursi santai bagian kakinya melengkung, sehingga bisa berayun-ayun. Bisa leyeh-leyeh sambil mendengarkan musik, membaca, cek-cek toko online, atau ngeblog.

kursi santai goyang

Kursi Santai dan Sandaran Kaki

kursi santai plus sandaran kaki

OFO Bookshelf Chair

Desain kusri santai ini agak aneh ya. Selain untuk duduk, ada ruang-ruang di bawah yang bisa dipakai menyimpan buku-buku. Untuk kamu yang rumahnya sempit, cocok nih. Jadi tidak perlu rak buku.

buat book wormer, Solovyov Design

Openbook

Kursi santai yang dirancang oleh Studio Tilt bekerja sama dengan Oxford Hub, Openbook sangat ideal untuk para kutu buku. Desainnya dibuat dengan hati-hati dengan memperhatikan ruang pribadi pembacanya. Tidak hanya memiliki ruang untuk penyimpanan buku tetapi juga untuk menggantung majalah dan koran. Pada pandangan pertama, kursi tersebut terlihat nyaman dan mungkin merupakan tempat yang nyaman untuk duduk sambil membaca atau bekerja.

kursi santai mojok

Sunflower Chair

Didesain oleh He Mu dan Zhang Qian, kursi Sunflower dikonsep untuk pecinta buku. Dinamakan bunga matahari, karena bentuknya melingkar mirip bunga. Sekeliling kursi ada bilah-bilah bisa untuk menyimpan buku. Cocok nih sebagai kursi santai untuk kutu buku.

sunflower chair

Nah, teman-teman, itulah beberapa desain kursi santai yang bikin betah sampai lupa berdiri. Bisa juga kan sambil bekerja di kursi tersebut dengan posisi santai tapi engga bikin pegel. Awas ya ketiduran, saking betahnya.

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

9 thoughts on “7 Desain Kursi Santai yang Bikin Kamu Betah Kerja

  1. sekarang lagi hits kursi yang bundar yang kayak foto paling atas, sempet mikir pengen punya juga. tapi space di rumah udah ga ada lagi hehe

  2. Memang benar, posisi duduk sangat memengaruhi kenyamanan dalam bekerja, dari ketujuh jenis kursi santai yang disebutkan, saya paling suka kursi santai yang ada sandaran kakinya.

  3. Nah, itu dia takutnya ketiduran karena betah duduknya hahaa
    Ya ampun unyu-unyu kursinya
    Itu sunflower chair keren bangets idenya
    beneran kalau kursi kerja yang normal sering bikin pegal
    Kalau yang santuy desainnya begini kan jadi nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *