7+ Fitur Ruangbelajar, Belajar Online Jadi Seru dan Bersemangat

  • oleh
fitur Ruangbelajar, belajar online jadi seru dan bersemangat

Menjelang dua tahun ini orang tua berkenalan dengan fitur Ruangbelajar untuk membantu putra-putrinya belajar online secara mandiri. Belajar online berlama-lama memang jenuh dan bosan.
Banyak orang tua yang mengeluh karena mendadak harus jadi guru dan mendampingi putra-putrinya belajar dari rumah. Bagi yang tidak mempunyai passion untuk mengajar, memang mengajar terasa sangat sulit. Selain perlu kesabaran, orang tua juga tidak fokus karena ada hal-hal lain yang harus dikerjakan. Misalnya mencari nafkah, bekerja di luar rumah atau work from home, dan pekerjaan rumah tangga yang tidak ada habisnya.

Sejak adanya kebijakan belajar dari rumah, orang tua mencari berbagai sumber dan situs untuk menambah informasi tentang belajar online, agar belajar jadi seru dan bersemangat.
Kondisi anak-anak dirumahkan, membuat anak seolah libur tetapi bukan liburan. Akibatnya orang tua harus memutar akal supaya anak-anak tetap bergairah untuk belajar dan bukan main melulu.

Anak-anak usia SD akhir, SMP, dan SMA, mungkin bisa diberi tanggungjawab untuk belajar mandiri. Tetapi berbeda dengan anak-anak SD awal, misalnya kelas 1 hingga 3 SD, mereka masih perlu didampingi untuk mengerti apa saja yang harus dilakukan. Untuk itu perlu koordinasi dengan guru dan pihak sekolah, pekerjaan rumah, tugas, dan latihan yang harus dikerjakan.

Mengenal Ruangguru

produk Ruangguru
produk Ruangguru

PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Berbagai layanan belajar ada di Ruangguru dan berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.
Sekarang ini telah bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Produk Ruangguru antara lain Ruangbelajar, Ruangbaca, Ruangkelas, Ruanguji, Ruangles, Roboguru, Ruanglesonline, Ruangpeduli, dan Ruangpengajar.

Belajar Menyenangkan di Ruangbelajar by Ruangguru

ruangbelajar
kelebihan aplikasi Ruangbelajar

Tahun ajaran yang akan datang Bara kami persiapkan untuk homeschooling mengingat kondisi Bara sebagai anak berkebutuhan khusus.
Pas banget dengan adanya produk Ruangbelajar kami bisa menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia. Setelah cek websitenya kami sangat terbantu dengan berbagai informasi di Ruangbelajar tersebut.

Di Ruangbelajar kita bisa mendapatkan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal serta bisa di-download, dengan demikian lebih hemat kuota.
Bara sebagai anak visual tentunya akan menyukai video animasi Dafa Lulu di Ruangbelajar for SD.
Penasaran saya pun membuat akun atas nama Bara untuk mengetahui materi apa saja yang ada di Ruangbelajar untuk anak Sekolah Dasar.

Login Ruangbelajar untuk SD

login Ruangbelajar
akun Ruangbelajar

Aplikasi Ruangbelajar bisa diunduh ke HP android dan sekarang bisa juga diunduh ke laptop. Kami lebih memilih unduh ke komputer/ laptop, agar anak lebih leluasa, dan matanya tidak tegang.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik Daftar di sini, kemudian isi kotak nama lengkap, email, no telepon, dan pilih kelas. Ada pilihan kelas 1 hingga 12. Mulai dari kelas 10 hingga 12, ada pilihan IPA-IPS-SMK.
  • Setelah mendaftar, kita akan diminta untuk berlangganan. Karena kalau tidak berlangganan, kita tidak bisa mengunduh soal atau materi pelajaran.
  • Ada dua mode pembelajaran, yaitu Pembelajaran Tematik dan Pembelajaran Menurut Topik.

1 – Pembelajaran Tematik: Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Karakter, dan Ruangngaji

2 – Pembelajaran Topik: Bahasa Indonesia, Matematika, IPA Terpadu, Pendidikan Karakter, dan Ruangngaji

Fitur-fitur di Ruangbelajar

Keunikan dari Ruangbelajar adalah dilengkapi fitur-fitur yang sangat membantu orang tua saat mendampingi anak belajar secara online.
Berikut adalah fitur Ruangbelajar tersebut:

  • Ruangguru PET, adalah fitur teman belajar dengan karakter lucu menggemaskan, sehingga anak-anak tidak bosan.
  • Ruangguru adventure, fitur ini membuat belajar makin seru, karena ada pengalaman berpetualang sambil belajar.
  • Jadwal belajar, fitur ini akan memberi notifikasi otomatis, kapan mulai belajar
  • Asah otak, fitur selanjutnya di RuangBelajar adalah asah otak berupa tingkatan latihan topik mulai dari level mudah sampai level expert, jadi anak-anak bisa menchalenge untuk bisa menaklukan soal-soal yang sulit.
  • Bank soal, merupakan fitur bank soal yang memuat ribuan soal untuk latihan. Bagi kelas-kelas yang tingkatnya lebih tinggi, ada semacam try out online.
  • Laporan belajar, fitur ini sangat berguna bagi orang tua yang mendampingi putra-putrinya belajar.
  • Fitur baru rilis awal Juli adalah: Adapto, Rencana Belajar, Subtitle Video, Fitur Pencarian, Pet Mission dan juga Tes Minat Bakat

Kesimpulan

Akibat diberlakukannya sekolah secara online memang bisa menyebabkan anak-anak dilanda rasa bosan dan tidak menarik. Tetapi karena kondisi pandemi, sementara ini sekolah dari rumah merupakan satu-satunya cara agar anak tetap mendapatkan pendidikan.

Walaupun demikian, jangan sampai kita membuat proses belajar malah menyebabkan tekanan dan akibatnya anak enggan belajar.

Perspektif masyarakat Indonesia terhadap produk Ruangbelajar sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar tentunya sangat membantu orang tua mendampingi putra-putrinya untuk belajar lebih menyenangkan dan mandiri.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *