8 Aspek Ketahanan Nasional yang Wajib Kamu Ketahui

  • oleh
8 aspek ketahanan nasional

Sebagai warga negara, kita wajib mengetahui aspek ketahanan nasional, yang merupakan bagian dari rasa memiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak mau kan kita, negara kita tercerai-berai karena terjadi perselisihan antara berbagai golongan. Padahal negara kita telah susah payah dibangun oleh pendahulu kita, belum lagi melawan penjajah supaya menjadi negara yang merdeka.

Apa saja nih, aspek-aspek ketahanan nasional tersebut? Sebentar nih, kita belajar matapelajaran Kewarganegaraan dulu yah…

Ada dua kategori aspek utama yaitu:

  • Aspek alamiah, aspek yang sifatnya statis, mencakup aspek geografis, kependudukan dan sumber daya alam.
  • Aspek sosial, aspek yang sifatnya lebih dinamis, mencakup aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan-keamanan.

Dari dua kategori di atas, berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing aspek ketahanan nasional serta bagaimana semuanya saling mempengaruhi:

1 – Aspek Geografis

Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki posisi geografis yang terletak di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Serta di antara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kondisi di atas adalah kondisi geografis yang menunjukkan lokasi negara tersebut di atas permukaan bumi.
Beruntungnya, Indonesia berada di posisi strategis untuk jalur perdagangan. Kondisi Indonesia yang juga termasuk negara kepulauan, membuat Indonesia memiliki banyak keberagaman, baik dari segi karakteristik daerahnya maupun dari segi kebudayaannya.

2 – Aspek Kependudukan

Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar. Menurut data statistik tahun 2020 adalah 271.349.889 penduduk, lebih dari 270 juta jiwa.
Hal ini bisa jadi merupakan kekuatan bagi Indonesia karena penduduk merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan dan perkembangan suatu negara, terutama berkaitan dengan pembangunan nasional. Sebetulnya kita bisa memanfaatkan bonus demografi bila diimbangi juga dengan kualitas penduduk yang baik pula. Oleh karena itu, demi menjaga ketahanan nasional, kita perlu untuk bisa melihat persoalan yang muncul dari aspek kependudukan ini untuk selanjutnya mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

3 – Aspek Kekayaan Alam

Kekayaan negara, yang merupakan salah satu contoh dari trigatra dan pancagatra, adalah segala sumber dan potensi alam, baik di darat, laut maupun udara, yang ada di dalam wilayah kekuasaan negara tersebut. Kekayaan alam yang ada di muka bumi ini bisa dibilang tidak tersebar merata.
Ada negara yang kaya akan sumber daya tambang, tapi tidak memiliki kekayaan laut. Ada pula negara yang kaya akan hasil pertanian, tapi tidak memiliki kekayaan perikanan. Karena ketidakmerataan kekayaan alam ini, setiap negara perlu mengelola kekayaan alam yang dimiliki agar bisa dimanfaatkan dengan merata dan optimal.

4 – Aspek Ekonomi

Perekonomian merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat, mencakup kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Segala usaha perekonomian ini akan berdampak pada taraf hidup masyarakat.
Wujud ketahanan nasional di bidang ekonomi adalah kemampuan memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta kemampuan menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata, terciptanya kondisi usaha yang sehat serta mempunyai daya saing global.
Bila terjadi ketimpangan daya beli di masyarakat bisa menimbulkan gejolak ketidaksetaraan di masyarakat sehingga memengaruhi ketahanan nasional.

5 – Aspek Sosial-Budaya

Aspek sosial pada dasarnya berhubungan dengan bagaimana interaksi manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang di dalamnya terkandung nilai-nilai kebersamaan, senasib, sepenanggungan dan solidaritas. Sementara itu, hakikat dari budaya adalah sistem nilai yang merupakan hasil dari hubungan manusia dengan cipta, rasa dan karsa yang akan menumbuhkan gagasan-gagasan utama serta menjadi kekuatan pendukung dalam penggerak kehidupan.

6 – Aspek Pertahanan dan Keamanan

Aspek pertahanan dan keamanan ini berkaitan dengan bagaimana ketahanan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan hambatan yang datang dari luar maupun dalam, baik langsung maupun tidak langsung, berbahaya bagi identitas, integritas dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Aspek yang satu ini merupakan upaya seluruh rakyat Indonesia sebagai satu sistem pertahanan dan keamanan, dengan cara menyusun, mengerahkan dan menggerakkan potensi yang dimiliki.

7 – Aspek Politik

Politik berasal dari kata policy yang berarti kekuasaan atau pemerintahan atau kebijaksanaan. Aspek politik ini berhubungan dengan bagaimana ketahanan nasional menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman pada kehidupan politik bangsa dan negara. Ketahanan nasional dengan aspek politik ini mencakup ketahanan pada aspek politik dalam negeri dan ketahanan pada aspek politik luar negeri.

Jujur saja, sejak gonjang-ganjing pemilihan presiden di tahun 2014, dilanjutkan dengan tahun 2019, masih saja terjadi friksi akibat ketidakdewasaan kita sebagai warga negara. Sering sekali kita percaya dengan berita-berita hoax yang sengaja disebarkan untuk memancing kekacauan.

8 – Aspek Ideologi

Aspek yang terakhir adalah aspek ideologi. Ideologi adalah sebuah sistem nilai yang merupakan ajaran yang bulat untuk memberi motivasi bagi warga negara. Di dalam ideologi juga terdapat konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan oleh sebuah bangsa dan negara.
Ideologi bisa dikatakan kuat jika di dalamnya terkandung nilai-nilai yang bisa memenuhi serta menjamin segala aspirasi hidup yang dimiliki oleh rakyat, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat.
Sayangnya aspek ideologi ini juga mulai dikacaukan dengan keinginan golongan tertentu yang mempunyai visi misi mendirikan negara yang berbeda ideologi.

Kesimpulan

Nah, teman-teman itulah delapan aspek ketahan nasional yang perlu kita ketahui agar Indonesia menjadi negara yang kuat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *