Aneka Obat Herbal Yang Mudah Diperoleh

Kesehatan menjadi hal yang begitu didambakan oleh semua orang. Untuk membuat tubuh tetap sehat tentu kita perlu menjalani pola hidup sehat. Mulai dari rutin melakukan olahraga hingga mengonsumsi makanan yang sehat. Meskipun begitu, ada kalanya tubuh tetap jatuh sakit. Mengonsumsi obat kimia terlalu sering juga tidak baik. Tidak banyak yang tahu jika aneka obat herbal sebenarnya berada di sekitar kita.
Ya, dibandingkan mengonsumsi obat kimia yang akan memberikan efek samping mengapa tidak mencoba obat herbal. Ada begitu banyak tanaman yang memiliki khasiat luar biasa dan kerap dijadikan aneka obat herbal atau menambah daya tahan tubuh. Dalam artian, rasa sakit yang kamu derita dapat disembuhkan dengan cara mengonsumsi tanaman tersebut.

Berbagai macam aneka obat herbal

Obat herbal dari rempah

Ada beberapa jenis rempah yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Apa saja rempah tersebut? Berikut rempah-rempah yang kaya manfaat itu:

  • Jintan hitam. Rempah ini kaya akan manfaat hingga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Semisal masalah hipertensi, diabetes hingga kolestrol.
  • Kapulaga. Kapulaga memang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh khususnya pada saluran pencernaan. Proses buang air besar dapat lancar karena rempah ini kaya akan serat.
  • Jahe. Jahe merupakan tanaman yang tinggi akan antioksidan juga. Bahkan jahe memang sangat bagus dalam mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, risiko terkena penyakit kanker juga dapat berkurang.
  • Kunyit. Rempah ini mampu membuat darah menjadi encer sehingga mengurangi resiko penggumpalan pada darah. Selain itu, kunyit juga mampu menghancurkan kolesterol.
  • Kencur. Rempah ini mampu meredakan flu dan batuk hingga membuat saluran pernapasan menjadi lebih segar juga.

Obat herbal dari daun

Di sekeliling kita ternyata ada begitu banyak pula obat herbal dari daun. Berikut beberapa contoh obat herbal tersebut ialah:

  • Lidah buaya. Tanaman herbal yang satu ini nyatanya sanhat baik bagi kesehatan kulit. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mamlu mencegah penuaan dini dan mengatasi diabetes.
  • Daun seledri. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan tekanan darah yang tinggi maka tanaman ini dapat menjadi solusi. Pasalnya seledri memang terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah juga tensi pada penderita hipertensi.
  • Daun kelor. Tanaman herbal ini mampu menjadi media pengobatan kanker. Selain itu manfaat lainnya dari daun ini ialah menjadikan pengonsumsinya tidak mudah terserang penyakit.

Obat herbal dari buah

Manfaat obat herbal dari buah juga tidak kalah menarik. Ada beberapa buah yang memang biasa dijadikan herbal semisal buah:

  • Alpukat. Alpukat memiliki rasa yang manis juga segar. Lebih dari itu, ternyata alpukat juga mampu mencegah penyakit jantung dan menghindarkan dari penyakit diabetes. Hal tersebut dapat kamu dapatkan manfaatnya jika mengonsumsinya dengan rutin.
  • Belimbing. Belimbing menjadi salah satu buah yang bagus dikonsumsi karena mampu mengontrol kadar gula darah.

Obat herbal dari bunga

Selain obat herbal yang berasal dari daun, buah maupun rempah ada pula obat herbal yang berasal dari bunga. Berikut beberapa bunga yang dapat dijadikan herbal:

  • Tapak dara. Bunga ini mampu menghilangkan stres dan menjadikan tubuh relaksasi. Dapat meredakan demam tinggi pula dengan cara menyeduhnya menggunakan teh serta madu.
  • Talang. Obat herbal dari bunga ini mampu meningkatkan daya ingat pada seseorang. Selain itu, ektrak bunga talang juga dapat digunakan untuk meredakan depresi.
  • Melati. Ekstrak dari bunga melati dapat dimanfaatkan guna mengatasi demam tinggi dan sakit kepala yang sulit sembuh.

Nah itulah sedikit ulasan kita mengenai aneka obat herbal yang mudah kita dapatkan. Bahkan untuk rempah mungkin juga sudah sangat akrab. Semoga melalui artikel ini pengetahuan kita menjadi bertambah mengenai obat herbal.

Satu pemikiran pada “Aneka Obat Herbal Yang Mudah Diperoleh”

  1. Memang sebenarnya banyak ya hasil alam terutama rempah2 yang bisa di buat untuk obat, atau bahan baku obat. Selain lebih mudah mendapatkannya pastinya lebih aman tanpa efek samping. Tetapi tetap saja ya Bund, pemakaiannya harus sesuai dosis.

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status