Pengajuan Asuransi Kesehatan Secara Online

cekaja portal asuransi kesehatan

Anak-anak rentan akan gangguan kesehatan, bisa tiba-tiba jatuh sakit, walaupun ayah-ibu sudah memberi asupan sehat bergizi. Pengajuan asuransi kesehatan secara online bagi keluarga merupakan langkah bila terjadi hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kesehatan. Apalagi bagi keluarga yang mempunyai anak kecil.

Seperti kita ketahui, membentuk keluarga bukan hanya menyiapkan keperluan pangan, sandang, dan materi lainnya bagi seluruh anggota keluarga. Tetapi juga menjaganya dan memberi perlindungan atau proteksi dalam keadaan sehat maupun sakit.

Keuntungan Mempunyai Asuransi Kesehatan

Keuntungan mempunyai asuransi kesehatan bagi keluarga adalah memberi perlindungan bila membutuhkan perawatan kesehatan yang perlu biaya banyak.

Asuransi kesehatan sendiri terbagi dua, yaitu untuk rawat inap dan rawat jalan.
Melalui asuransi kesehatan biaya rawat inap termasuk biaya obat sesuai resep dokter serta berbagai tindakan akan ditanggung sesuai perjanjian.
Itu sebabnya pada awal mengajukan polis asuransi, konsumen diberi pengarahan, berapa biaya yang bisa dialokasikan untuk memberikan proteksi kesehatan bagi keluarga.
Keuntungan lainnya adalah, besarnya proteksi bisa dicicil sesuai besarnya premi yang disanggupi.

Beberapa asuransi bisa didesain untuk juga memberikan perlindungan pada saat rawat jalan bahkan pada risiko kecelakaan dan penyakit kritis.

Program Asuransi Kesehatan

CekAja.com adalah layanan portal finansial produk keuangan dan investasi. Perusahaan ini menawarkan berbagai kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), asuransi, pinjaman untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga investasi, contohnya reksa dana.

Konsep CekAja.com dibuat pada November 2013. Sementara itu, pengembangan situsnya dimulai pada Januari 2014 dan kemudian diluncurkan pada April 2014. Penggunanya dapat melakukan segala hal secara daring, mulai dari membandingkan berbagai produk keuangan hingga mengisi formulir pengajuan. 

Pilihan fiturnya terdiri dari: kredit tanpa agunan atau kredit dengan agunan, kartu kredit, pinjaman online, kredit kendaraan bermotor, dan kredit pemilikan rumah. Kemudian asuransi berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi elektronik, dan asuransi perjalanan. Selain itu ada pula fitur tabungan.

Cara Pengajuan Asuransi Kesehatan Secara Online

Teman-teman yang punya rencana membuat asuransi kesehatan keluarga, bisa cek ke website CekAja ya. Di sana ada skema dan perbandingan berbagai asuransi kesehatan secara online yang bekerja sama dengan CekAja.
Perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan CekAja adalah: Asuransi Cigna, Asuransi Ciputra Life, Asuransi Kesehatan PFI Mega Life, dan Axa. Kalian bisa klik di masing-masing perusahaan asuransi tersebut untuk cek simulasi yang paling cocok dengan keuangan kalian.

Secara umum, ada tiga sistem pembayaran yang bisa dilakukan bila akan melakukan klaim asuransi, yaitu reimburse, cashless, dan santunan.

Sistem reimburse adalah fasilitas klaim asuransi kesehatan, yang biaya medisnya, dibayarkan terlebih dahulu dari uang pribadi. Nantinya, biaya tersebut bisa ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan, dengan melampirkan kwitansi pembayaran yang diterima dari pihak rumah sakit.

Sementara, sistem cashless adalah sistem pembayaran menggunakan kartu peserta asuransi.
Bila memilih sistem cashless, pastikan pergi ke rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi dimana kita menjadi anggotanya.

Selanjutnya, sistem klaim santunan adalah dimana perusahaan asuransi Indonesia akan memberikan santunan harian selama anggota keluarga dirawat di rumah sakit. Besarnya santunan biasanya telah disepakati sebelumnya antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Kesimpulan

Asuransi sampai sekarang belum terlalu populer di Indonesia, karena masih rancu dengan produk investasi. Padahal tujuan utama produk asuransi adalah memberi proteksi di masa sulit dan perlu bantuan, misalnya sakit dan perlu pengobatan dan perawatan segera.

Asuransi kesehatan merupakan langkah aman dan cepat bila kita dalam kondisi darurat yang perlu tindakan medis dalam waktu cepat. Dengan perhitungan dan persiapan matang, kita tak perlu kelimpungan mencari dana, karena sudah ada proteksi dari asuransi kesehatan.
Walaupun demikian pastikan kita memilih produk asuransi kesehatan yang kompeten dan layanan klaimnya mudah engga pakai ribet.

Semoga bermanfaat.

6 tanggapan pada “Pengajuan Asuransi Kesehatan Secara Online”

  1. Jamilatul Istiqomah

    Sekarang lebih mudah ya mbak, ada asuransi online. Pastinya cekaja.com Sudan terpercaya ya mbak. Jadi gak usah ragu until asuransi ke sana. Maaf mbak, mau nanya bedanya asuransi dgn menabung? Sampai sekarang aku masih bingung perbedaanya? Hehe

  2. Asuransi mengcover faktor risiko, kalau engga terpakai ya hangus.
    Kalau menabung kan uang kita…
    Masalahnya, belum tentu tabungan kita cukup u biaya RS kalau sakitnya hrs dirawat…

    1. Jamilatul Istiqomah

      Oh begitu ya mbak. Misal begini si A sakit mau operasi nah dia mau menggunakan asuransi tsb, ternyata uang yang di asuransi tsb kurang jadi si A itu untuk membayar biaya operasi tsb bisa ditanggung oleh pihak asuransi? Misal si A gak ada uang sama sekali mbak brarti hutang di pihak asuransi ya

      1. Bisa dicover asuransi. Ada perhitungannya sih, sebelumnya kontraknya or bayar preminya brp. Kayak BPJS, kan itu asuransi. Kita bayar iuran tiap bulan.

    2. Saya pribadi pun juga kadang masih kuatir dengan produk asuransi. Inginnya yang benar-benar dari sumber terpercaya. Kalau mba Hani sudah menjelaskan seperti ini saya jadi lega dan jadi ingin mengajukan asuransi kesehatan. Apalagi di zaman pandemi ini banyak hal tak terduga ya mbak

    3. asuransi kesehatan memang begitu penting ya kak. asuransi mulai menjamur cuma tetap harus selektif pilih asuransi jiwa kesehatan dll yg legal. thanks sudah kasih pencerahan asuransi kesehatan dari cekaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *