Cara Menghitung Asuransi Mobil Bekas, Premi Terjangkau

  • oleh
cara menghitung asuransi mobil bekas premi terjangkau

Cara menghitung asuransi mobil bekas perlu juga kita ketahui secara sederhana, sehingga bisa diprediksi berapa preminya tiap tahun.
Awalnya setahu saya asuransi mobil hanya berlaku bagi mobil-mobil baru. Hal ini menurut pengalaman kami, ketika awal punya mobil merupakan mobil bekas. Belum terpikir untuk diasuransikan. Ada stigma, bekas ini…
Namanya juga belum faham tentang perasuransian, waktu itu rasanya premi asuransi itu buang-buang uang saja. Padahal asuransi itu adalah proteksi, perlindungan sebelum terjadi. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan.

Asuransi mobil 2021 juga bisa kita terapkan pada mobil baru dan mobil bekas. Seperti kita ketahui segala jenis kendaraan, mobil maupun motor, akan mengalami penurunan harga di tahun berikutnya dibandingkan membeli baru. Tetapi untuk mobil-mobil bekas merek tertentu cukup laku di pasaran, karena harganya cukup stabil dan banyak dicari orang.

Jenis Asuransi Untuk Mobil Bekas

Bila membeli mobil baru, pada lima tahun berikutnya terjadi depriasi harga 15 hingga 25 persen per tahun. Berbeda dengan mobil baru, mobil bekas harganya menurun juga, tetapi tidak drastis dan bila beruntung mendapatkan kualitas yang tak kalah dibanding mobil baru.
Mobil bekas yang dicari orang bisa karena kebandelan dan ketahanan mesin mobilnya, bisa juga masuk kriteria collector item atau mobil antik.

Itu sebabnya mobil bekas pun perlu asuransi untuk memberikan proteksi akan hal-hal tak terduga.
Ada dua macam asuransi mobil yang kita kenal yaitu:

  • Asuransi mobil all risk
  • Asuransi mobil total loss.

Asuransi mobil yang tepat untuk mobil bekas adalah asuransi mobil total loss, karena premi asuransi ini lebih murah daripada asuransi all risk. TLO (total loss only) artinya klaim asuransi mobil hanya bisa diajukan bila terjadi total loss (kehilangan total), alias mobil kita dicuri atau kondisi 75% rusak parah.

Berikut FAQ Untuk Menghitung Asuransi Mobil Bekas

Sebelum memilih asuransi mobil bekas yang cocok, ada baiknya menimbang sebelumnya berbagai hal yang sering ditanyakan, yaitu:

Apa yang harus di cek ketika membeli mobil bekas?

Berikut ini tips memilih mobil bekas sebelum kamu membelinya:
1. Periksa riwayat service
2. Jangan terjebak harga miring
3. Cek interior dan aksesoris
4. Cek bodi kendaraan
5. Cek kondisi mesin
6. Pastikan dokumen lengkap
7. Jika ragu, bawa mekanik ahli
8. Sabar dan teliti

Penting kah asuransi mobil?

Manfaat asuransi mobil yang paling umum adalah menjadi pelindung bagi pemilik mobil atas kerugian dengan menutup biaya perbaikan yang dibutuhkan, mulai dari kerusakan akibat perbuatan jahat, kebakaran, saat berada di atas kapal, dan akibat lainnya.

Berapa persen biaya asuransi mobil bekas?

Umumnya jenis asuransi mobil All Risk memiliki biaya premi lebih mahal dari TLO. Untuk harga premi asuransi All Risk ada di rentang 2-3 persen dari harga mobil yang diasuransikan. Sementara untuk asuransi TLO preminya 0,2-1 persen dari harga mobil yang diasuransikan.

Apa saja yang dicover asuransi TLO?

Sesuai namanya, asuransi TLO (Total Loss Only) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan. TLO menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Penutup

Mobil bisa sangat dibutuhkan bagi keluarga atau seseorang yang harus bergerak cepat dari suatu tempat ke tempat lain. Kebutuhan tersebut bisa disebabkan karena pekerjaan, bisnis, atau kebutuhan sehari-hari dalam keluarga.

Asuransi mobil, sama halnya dengan asuransi-asuransi lain, seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi hari tua, memberikan rasa tenang karena intinya melindungi dari kejadian tak diinginkan. Oleh sebab itu penting untuk mencari perusahaan, yang mampu memberikan fasilitas asuransi terbaik. Perusahaan asuransi terbaik adalah Lifepal yang menawarkan kemudahan dalam proses pendaftaran hingga klaim tanpa biaya. Jadi terbukti sangat meringankan kita dalam memanfaatkan layanan asuransi.

Semoga bermanfaat

haniwidiatmoko
Hani Widiatmoko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *