Beberapa Tradisi Unik di Hari Raya Idul Fitri

tradisi idulfitri

Hari raya Idul Fitri atau lebaran merupakan salah satu hari besar bagi umat muslim dan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas umat muslim terbesar memiliki tradisi yang cukup unik.

Budaya yang unik ini tidak lepas dari adanya akulturasi atau percampuran budaya-budaya yang ada di Indonesia.
Beberapa budaya hari raya Idul Fitri yang hanya bisa kita temukan di Indonesia diantaranya adalah mudik atau pulang ke kampung halaman karena bagi para perantauan lebaran merupakan momen untuk bisa berkumpul bersama keluarga.

Tradisi berikutnya adalah melakukan takbir keliling dengan membawa bedug maupun obor, acara ini dilakukan tepat di malam sebelum hari raya.

Tradisi lainnya adalah membagi-bagikan angpao yang merupakan tradisi orang Cina dan juga THR perusahaan kepada para karyawannya, membeli baju baru untuk dipakai saat hari raya, halal bi halal kesanak saudara dan sungkeman kepada orang tua, menyiapkan kue khas lebaran serta membuat opor ayam dan ketupat yang juga merupakan makanan paling umum dijumpai di hari raya.

Agar dapat mengikuti ritual-ritual yang unik ini pada saat lebaran, anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh saat menjalankan puasa. Puasa sendiri merupakan proses detoksifikasi tubuh untuk membersihkan racun-racun namun ada sebagian orang yang justru mengalami sakit setelah menjalani puasa. Hal ini karena pola perilaku mereka yang kadang kala bersikap berlebihan terhadap makanan.

Agar puasa anda bisa memberi efek positif jasmani dan rohani bagi anda, berikut ini tips bugar saat puasa yaitu mengkonsumsi banyak air putih, tidak melewatkan waktu sahur, tidak meninggalkan olahraga karena sebagian orang akan merasa malas berolahraga saat berpuasa, menghindari minum kafein yang bisa membuat anda mudah kehilangan cairan tubuh, serta mengkonsumsi makanan berkuah pada saat berbuka puasa untuk menghangatkan perut yang kosong setelah seharian berpuasa.

Lebih penting lagi tetap jaga pola makan sehat, banyak orang yang kehilangan akal saat berbuka setelah seharian berpuasa seperti dengan menyantap makanan secara berlebihan. Tidak heran jika mereka justru mengalami sakit setelah berpuasa sehingga melewatkan hari raya Idul Fitri yang dinanti-nantikan.

Semoga bermanfaat!

1 tanggapan pada “Beberapa Tradisi Unik di Hari Raya Idul Fitri”

  1. semakin kesini udah jarang nemuin pawai obor menjelang lebaran mbak
    waktu aku kecil, kayaknya rame banget di rumah rumah kampungku arak arakan gitu. kalau di kota jarang banget nemuinnya
    dan thr ini aku taunya ya pas udah gede hehehe, waktu kecil dulu yang aku inget adalah ketika bapak ngasih ke anak anak tetangga waktu berkunjung kerumah, zaman dulu 1000 rupiah kayaknya udah gede banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *