Yuk! Belajar Matematika Mudah Melalui Game Online

  • oleh
Belajar Matematika Mudah Melalui Game Online

Belajar matematika mudah sepertinya sulit untuk dipercaya. Mendengar kata matematika saja, banyak yang langsung keringat dingin. Belum-belum sudah membayangkan angka-angka yang njlimet bin bikin mumet.
Seperti kita ketahui matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan untuk semua peserta didik atau siswa mulai dari sekolah pendidikan usia dini hingga ke sekolah menengah atas. Bahkan hingga ke perguruan tinggi pun masih mendapatkan pelajaran matematika untuk jurusan-jurusan tertentu.

Mempelajari fungsi otak manusia, kemampuan untuk logika, matematika, dan hal-hal abstrak memang terletak di otak kiri. Itu sebabnya orang yang suka pelajaran matematika sering dianggap mempunyai otak kiri yang kuat.
Matematika sebetulnya bukan soal kali-bagi-tambah-kurang saja, melalui matematika kita bisa belajar strategi dan taktis untuk menyelesaikan suatu masalah.

Manfaat Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak yang tidak menyadari bahwa matematika ada di kehidupan kita sehari-hari, sehingga harusnya tidak perlu takut untuk mempelajarinya.
Melalui kebiasaan berhitung, berlatih deret, dan sejenisnya, akan membiasakan otak untuk berpikir secara runut dan teratur. Selain itu melalui matematika akan membantu kita berpikir secara sistematis, teliti, cermat, cepat, dan tidak ceroboh.

Dalam keseharian ibu rumah tangga jangan dikira tidak berkaitan dengan matematika. Lihat saja kalau membuat kue, harus ditimbang satu persatu bahan-bahan yang ada. Langkah-langkah membuat kue, juga harus diikuti dengan cermat, kalau tidak kue akan bantat dan tidak menyelerakan.

Contoh lain manfaat matematika dalam keseharian adalah menghitung harga belanjaan termasuk mengatur pos pengeluaran bulanan. Bila ke pasar tawar-menawar dengan penjual, kita pun harus cepat mengkalkulasi belanjaan di luar kepala.

Nah, sekarang bagaimana caranya belajar matematika mudah tersebut? Dalam keseharian matematika tidak hanya bersinggungan dengan uang belanja ibu rumah tangga. Anak-anak yang baru mengenal angka dan logika harus pula dibiasakan mengenal angka-angka dan hal abstrak.
Sudah tahu belum, bahwa matematika juga bisa dipelajari melalui permainan, supaya tidak bosan dan lebih menarik.

Kategori Matematika Pada Game Online

Di zaman serba digital ini banyak diciptakan permainan yang bisa diakses melalui internet. Permainan online tersebut selain mudah dan lebih menantang, juga selalu ada inovasi game-game baru.
Nah, buat teman-teman yang alergi dengan matematika, banyak banget pilihan kategori matematika dalam game online. Buat orang tua ada juga pilihan kategori matematika untuk level anak-anak yang bisa dimainkan bersama. Dengan demikian anak-anak jadi terbiasa melihat angka abstrak dan melatih berpikir cepat. Selain itu melalui bermain game bersama orang tua juga dapat mempererat hubungan dalam keluarga.

Berikut contoh kategori matematika yang bisa kalian pilih di website dan dimainkan secara online. Anak-anak dapat belajar tambah-kurang-kali-bagi dengan memainkan game online gratis ini. Game online biasanya disertai dengan visual dan animasi interaktif, sehingga siapa saja tertarik untuk mencobanya.

Beberapa permainan harus dimainkan dengan kecepatan tertentu, tentunya hal ini akan lebih menantang dan menyenangkan untuk mengenal matematika.

1 – Play Marble Math Addition Game Online

Play Marble Math Addition Game Online
Play Marble Math Addition Game Online

Ini adalah permainan latihan penjumlahan di mana siswa menggunakan kelereng untuk membantu mempelajari dasar-dasar penjumlahan. Pada permainan Play Marble Math Addition Game Online ini terdapat peringkat atau level kesulitan yang bisa diikuti dengan mudah. Anak-anak SD yang baru belajar berhitung pasti akan menyukai games ini, karena ada tokoh pinguin lucu yang interaktif.

2 – Play Guardians Defenders of Mathematica Arithmetic Operations Quiz Game

Play Guardians Defenders of Mathematica Arithmetic Operations Quiz Game
Play Guardians Defenders of Mathematica Arithmetic Operations Quiz Game

Ini adalah game latihan matematika RPG fantasi yang pemainnya harus memilih kategori matematika dan menjawab 10 pertanyaan untuk mengalahkan binatang ajaib, penyihir, troll, atau naga. Ada 16 kategori dan kalian dapat memilih kategori matematika campuran yang secara acak mencakup topik matematika apa pun. Pertanyaan semakin sulit saat pemain ke level yang lebih tinggi.

Dapatkan perisai saat kalian memenangkan permainan. Pemain juga memenangkan harta karun dan membuka kunci senjata dan aksesori lainnya untuk menyesuaikan karakter mereka.

3 – CalcuDoku: Timed Sudoku Inspired Math Puzzle Game

CalcuDoku: Timed Sudoku Inspired Math Puzzle Game
CalcuDoku: Timed Sudoku Inspired Math Puzzle Game

Siapa nih di sini yang gemar main Sudoku. Saya salah satunya.
Game ini terinspirasi dari Sudoku yaitu permainan teka-teki logika dengan mengisi kotak dengan angka dan dalam batas waktu tertentu. Angka-angka tersebut didasarkan pada berapa banyak kotak yang ada dalam grid, misalnya jumlahnya 1 sampai 4.

Setiap kelompok kotak berwarna harus dihitung berdasarkan nomor dan operator untuk mendapatkan jawaban yang benar. Bisa berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Hanya ada satu solusi untuk setiap teka-teki.
Permainan ini makin seru karena ada batas waktu untuk mengisi kotak-kotak kosong. Pemain dinyatakan kalah bila tidak dapat menyelesaikan permainan bila waktu sudah habis.

Penutup

Contoh permainan dengan kategori online tersebut baru sebagian saja. Ada ribuan games, dan ratusan pilihan belajar matematika mudah melalui game online di plays.org yang bisa dimainkan langsung tanpa mengunduh aplikasi.
Website ini selalu diupdate dengan games-games baru yang bisa dipilih lebih dari 180-an kategori A sampai Z. Selain itu website ini bebas iklan, jadi kalian bisa bermain dengan lebih leluasa dan nyaman.

Semua game di sini bisa dimainkan untuk berbagai genre, usia, dan karakter. Di katalognya ditampilkan dalam HTML5 mobile-friendly, menawarkan gameplay lintas-perangkat. Kita juga dapat bermain di perangkat seluler seperti Apple iPhone, ponsel bertenaga Google Android dari pabrikan seperti Samsung, tablet seperti iPad atau Kindle Fire, laptop, dan komputer desktop yang didukung Windows. Semua file game disimpan secara lokal di cache browser web kalian. Game-game ini berfungsi di Apple Safari, Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, dan browser web modern lainnya.

Nah, gimana? Penasaran kan dengan ribuan games yang seru semua, mulai dari games jadul, karakter komik, games edukasi, permainan kartu, hingga sports.

Masih banyak permainan-permainan lain yang bisa kalian pilih untuk mengisi waktu senggang setelah lelah belajar di sekolah atau bekerja seharian.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *