Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang. Cek 5 Langkah Berikut!

syarat blog bisa menghasilkan uang

Banyak yang ingin tahu syarat blog bisa menghasilkan uang itu seperti apa, sih? Apakah terdaftar di Google Adsense atau sumber iklan lainnya. Balapan setinggi-tingginya DA (domain authority) dan PA (page authority), kemudian DR (domain rating) atau berbagai tolok ukur lainnya.

Semua istilah tersebut dalam angka-angka tertentu, sehingga segala cara diupayakan untuk meningkatkan semua authority, rating, atau apalah itu. Sampai yang punya blog lupa, sebenarnya awal bikin blog tuh untuk apa?

Ibaratnya kayak kita milih program studi waktu kuliah, yang dilihat orang lain, bisa kaya raya karena jadi dokter. Terus kuliah ah, di kedokteran. Padahal ternyata tidak berani lihat darah dan tidak jago menghafal.

Berikut syarat blog bisa menghasilkan uang:

1 – Kualitas Blog

Blog merupakan singkatan dari web dan log. Web dari website, sebuah laman atau informasi yang beredar di internet. Sedangkan log, merupakan catatan, ibaratnya kapten kapal yang mempunyai catatan harian, hari ini berlayar sampai mana dan menjumpai apa saja.

Memang diakui, tolok ukur blog yang dianggap berkualitas dari angka-angka yang saya sebutkan tadi, DA/PA, DR, Alexa Rank, Spam Score, dan lain-lain.

Sumber penghasilan bisa melalui iklan yang tersemat di blog kita, kemudian orang mengklik iklan tersebut (walaupun ini jarang banget).
Tetapi sumber penghasilan juga bisa dari advertiser atau klien yang punya produk atau jasa tertentu lalu meminta bloger untuk kerja sama dengan menuliskan artikel atau titip artikel di blog kita.
Nah, dari sinilah kita mendapatkan fee.

Advertiser tersebut bisa melalui pihak ke tiga, agensi atau marketplace. Agensi tersebut akan mendapatkan prosentase dari fee yang kita peroleh.
Ada agensi yang memang berburu bloger dengan mengedarkan form melalui komunitas atau kita sendiri yang mendaftarkan blog kita ke sebuah marketplace.

Untuk menyaring para bloger, memang angka-angka DA/PA dll itulah tolok ukurnya.
DA/PA tinggi kemungkinan tawaran job memang lebih memungkinkan daripada DA/PA rendah. Ya kayak mau masuk SMP/SMA kan ditanya NEM yah…
Sekarang ini DA yang diminta minimal 15 supaya mulai dilirik oleh agensi.

2 – Konten Blog

Sering dengar ya…content is the king.

Konten atau isi blog tuh ya rajanya sebuah blog. Kalau konten asal-asalan, tidak akan ada yang tahan bacanya. Biasanya orang mencari informasi di internet melalui kata kunci (key word).
Kita ketik apa, sret…sederet ke bawah muncul berbagai artikel.
Nah, yang muncul sederetan tersebut adalah yang ada di halaman pertama Google (mesin peramban lainnya). Jarang orang yang mau mencari sampai ke halaman 10 dan seterusnya.
Padahal jangan-jangan artikelnya lebih lengkap yang di halaman belakang.

Supaya ada di halaman pertama mesin itu ya ada triknya. Namanya juga mesin sudah diprogram, sebagai manusia ya di”akali” saja mesin tersebut.
Caranya adalah:

  • Buat judul mengandung kata kunci
  • Kata kunci ada di paragraf pertama dan paragraf akhir
  • Penggal artikel menjadi beberapa sub judul
  • Sub judul mengandung kata kunci atau padanan kata kunci
  • Sebar kata kunci di seluruh artikel

Ini baru sebagian saja trik tersebut. Trik tersebut dinamakan kaidah SEO (search engine optimization)

3 – Pengunjung Blog

Bagi teman-teman yang ngarep banget dapat cicis dari Google Adsense, jumlah visitor sangat pengaruh.
Bisa dapat akun Adsense tuh belum apa-apa. Supaya sampai menghasilkan dari iklan, kita baru bisa mencairkan setara 1.4 juta rupiah (senilai $100). Nah, supaya banyak yang ngeklik iklan, pengunjung blog harus minimal 1000 visitor/hari.

Walaupun bukan mencari uang dari Adsense, klien pun sekarang minta juga laporan pengunjung blog, sering disebut PV (page view). Mereka sebagai yang mengeluarkan uang, kan engga terima, kalau blog kita ternyata sepi pengunjung. Sekarang rata-rata PV yang diminta untuk sebuah artikel sekitar 200-500 PV, dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan.

Supaya banyak pengunjung macam-macam juga tolok ukurnya. Bisa juga dari kecepatan blog atau UI/UX blog. Blog yang lelet, buka gambarnya lama, orang kan malas ya berkunjung. Langsung cabut, cari blog lain.

UI/UX (user interface dan user experience) adalah tampilan blog dan mudahnya interaksi dengan pengunjung.
Pilihan warna seringkali pengaruh juga. Banyak teori yang mengatakan jangan mendesain tampilan blog yang backgroundnya hitam. Lalu tidak perlu ditambahi ornamen dan lagu-lagu.
Sedangkan user experience, ada call to cation tidak di artikel tersebut. Misalnya, ada kotak komen atau tidak. Kalau blog kita menawarkan produk, ada perintah untuk memesan produk atau tidak.

4 – Blog Menghasilkan Uang Ikut Lomba Blog

Banyak teman-teman saya yang DA/PA nya rendah tidak masalah, karena blog bisa menghasilkan uang dari ikut lomba. Banyak dishare, tips dan trik untuk menang lomba.
Bagi yang sering ikut lomba blog, iming-iming hadiahnya menggiurkan lho.
Lihat saja, lomba blog yang diselenggarakan oleh ASUS, kalau menang, minimal hadiahnya laptop.
Bukan hanya produk, tawaran hadiahnya juga berupa uang tunai atau voucher dengan nilai tertentu.

5 – Kerjasama Affiliasi dan Review Produk

Salah satu syarat blog bisa menghasilkan uang, kalian juga bisa mengarahkan pembaca membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain.

Kerjasama affiliasi ini harus sampai terjadi transaksi ke situs lain, barulah kita mendapatkan komisi atau fee tersebut.
Begitu juga review produk, ada yang suka rela, memang blog kita nichenya mereview produk yang sudah dicoba sendiri. Ada yang memang mereview karena job.

Disinilah lagi-lagi dibutuhkan cara penulisan supaya blog kita banyak pengunjungnya atau terpampang di halaman awal Google.

Penutup

Banyak jalan supaya kita bisa menikmati hasil dari ngeblog. Coba saja ikuti syarat blog bisa menghasilkan uang di atas.
Utamanya harus sering-sering latihan menulis dan update artikel di blog kita.
Awalnya artikel tidak perlu panjang-panjang. Cukup 400-500 kata.
Lama-lama akan semakin biasa dan cepat menulis artikelnya, asal memang benar-benar kita kuasai sih. Contohnya seperti artikel sekarang ini, lebih dari 800-an kata saya tulis dalam waktu satu jam.
Fokus pada niche tertentu seringkali membantu agar kita memang menguasi apa yang akan ditulis. Walaupun gado-gado kayak blog saya ini, ya boleh saja sih.

Semoga bermanfaat.

9 tanggapan pada “Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang. Cek 5 Langkah Berikut!”

  1. Terima kasih tipsnya Bund. Ini saya yang sedang dan terus saya usahakan agar blog lebih berkualitas dan menghasilkan juga hehe, biar ada semangatnya juga ya. Tapi apapun itu, saya selalu kembali pada tujuan awal ngeblog, yaitu untuk berbagi dan mengasah ketrampilan menulis. Semoga lama2 juga bisa lebih profesional lagi

  2. Tipsnya mantap ini. Oh yah sebagian sudah saya terapkan sih agar bisa dapat cuan dari blog.
    Saya setuju kalau niat awal bikin blog menentukan arah blog kita.
    Bagaimana kalau niatnya untuk latihan menulis kayak saya? Yaaeee santai saja. Yang penting rajin nulis saja, cuan akan menyusul insyaallah.

  3. Nomor 3 PR banget nih buat saya, pengunjung organiknya masih sedikit. Memang sih konten artikelnya belum banyak, baca ini jadi termotivasi lagi buat nulis artikel. makasih ya mba sudah share tipsnya

  4. dulu waktu awal ngeblog nggak terpikirkan sama sekali kalau dari blog bisa dapetin uang.
    sekarang makin banyak sharing ilmu di dunia blog, jadi aku juga banyak tau juga

  5. Alhamdulilah ngebuild web baru 1 bulan udh lumayan udh dpt konten di atas 90 hehe
    niatnya si bulan ke 2 mau boosting backlink biar pd naik rank dan kalo udh 1 tahun baru di monitize.
    Mau nanya bu hani itu “Daftar Isi sembunyikan ” yang di konten ini, pakai plugins apa di wordpressnya?

    1. Halo mas Deny, terima kasih udah mampir ke blog saya. Keren dalam 1 bulan konten udah di atas 90. Berarti sehari 3 artikel?
      Saya pakai plug in, LuckyWP Table of Contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *