Beberapa Tips Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Jamur

  • oleh
cara membersihkan kaca mobil

Musim hujan yang tidak terduga membuat orang malas membersihkan mobil. Misalnya, di Jakarta, ketika pergi bekerja, cuaca sangat cerah. Ternyata turun hujan sangat deras selama jam kerja. Belum lagi kemacetan yang menimbulkan genangan air kotor di mana-mana membuat kita harus tahu cara membersihkan mobil.
Teman-teman tambah lagi nih kalau mempunyai mobil. Selain harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) tetapi harus juga merawatnya. Ketika sebuah mobil terkena hujan, suka atau tidak, pemiliknya perlu membersihkan mobil secara menyeluruh dan mencucinya, termasuk bagian kaca. Karena jika tidak, air hujan yang menempel pada mobil dapat membuat cat mobil lebih cepat kusam dan karat. Selain itu, air hujan, juga dapat menyebabkan kaca depan berjamur dan kotor, karena air tidak seluruhnya bersih oleh karet wiper.
Kaca mobil yang kotor akan membuat tidak nyaman saat mengemudi. Selain itu, jelas mengganggu visibilitas. Apalagi saat memasuki musim hujan, kaca depan yang tidak berfungsi atau buram akan menyulitkan anda untuk mengendarai mobil. Inilah beberapa tips cara membersihkan kaca mobil yang benar.

1 – Membersihkan Kaca Mobil dengan Lap Basah

Langkah pertama yang perlu diambil untuk menghindari kaca mobil yang berjamur adalah segera membersihkannya jika ada kotoran seperti debu di kaca depan. Jangan gunakan kemoceng dari bulu ayam untuk menghindari adanya risiko goresan pada kaca. Teman-teman, dapat menggunakan kemoceng yang menggunakan kain mikrofiber atau bahan lainnya.
Ingatlah untuk selalu menggunakan kain basah untuk membersihkan noda yang menempel di kaca depan, terutama dari kerak sisa air yang menempel.

2 – Jangan Membersihkan Kaca Mobil dengan Deterjen

Merawat kaca mobil salah satunya dengan membersihkan secara teratur. Sebaiknya menggunakan air atau sabun atau shampoo khusus untuk mobil. Jangan gunakan deterjen, karena kandungan deterjen dapat merusak kaca depan mobil.

3 – Gunakan Cairan Pelindung Kaca Mobil Khusus

Kita bisa juga membersihkan kaca dengan pembersih kaca untuk mencegah kotoran menempel dan juga sebagai cara menghilangkan baret kaca mobil.
Pelindung kaca cair biasanya memiliki sifat kedap air. Ini jelas sangat membantu dalam menghadapi hujan lebat dan menghindari kaca depan berjamur karena air tidak menempel.

4 – Jangan Gunakan Anti Jamur Kaca Sembarangan untuk Membersihkan Kaca Mobil

Teman-teman mungkin sering ya mendapat tawaran cairan anti jamur kaca yang banyak dijual di pasaran. Pastikan membeli produk yang tepat, karena bila salah pilih produk akan menyebabkan kaca anda buram.

5 – Gunakan Cairan Khusus Wiper Pada Wiper Mobil Anda

Konsumsi air wiper tangki sebenarnya cukup. Udara di jalan itu bersih dan tidak mengandung minyak ataupun kotoran lainnya. Meskipun udara jalan bersih nyatanya polusi saat ini sangat tinggi.
Awalnya, campuran shampo ini cukup kuat. Tapi ternyata bisa mengandung jamur, dan dalam waktu singkat menimbulkan bintik-bintik putih jika terkena sinar matahari.
Bisa juga menggunakan cairan pembersih khusus yang efektif melindungi kaca mobil kita dari jamur.

6 – Menggunakan Coating atau Pelapis Pada Kaca Mobil

Coating bisa dilakukan tidak hanya pada body mobil tetapi juga bisa dilakukan pada kaca. Banyak sekali manfaat yang diberikan dengan perlindungan melalui lapisan kaca dan bodi ini.
Jika pelapisan menggunakan bahan nano pada kaca mobil maka lapisan kaca dapat melindungi kaca terhadap kotoran dan menghindari kaca mobil yang berjamur.

Nah, teman-teman, itulah tadi beberapa tips untuk membersihkan kaca mobil, berikut membersihkan dari jamur yang membandel.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *