Tips Jitu Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Aman

  • oleh
Tips Jitu Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Aman

Cara menghilangkan jerawat – Salah satu dari sekian banyak masalah kulit yang sering menjangkiti remaja hingga dewasa adalah jerawat. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, jerawat terutama yang muncul di bagian wajah dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Jerawat dianggap dapat memperburuk penampilan, dan tidak sedikit orang yang menjadi minder akibat jerawat yang terlalu banyak di wajah. 

Bicara tentang jerawat, sebenarnya ada banyak cara menghilangkan jerawat baik menggunakan bahan alami, perubahan gaya hidup dan juga krim jerawat. Untuk lebih jelasnya, coba simak ulasan berikut ini. 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai masker. Beberapa diantaranya:

1-Putih Telur

Telur selain sebagai sumber pangan penuh gizi rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan wajah terutama bagian putih telurnya. Putih telur ini mengandung enzim lysozyme, yang mana enzim ini ampuh untuk mengatasi masalah jerawat. 
Cara menggunakan masker alami putih telur yaitu, pisahkan putih dan kuning telur. Campurkan putih telur dengan air perasan jeruk lemon. Setelah itu aplikasikan pada wajah, tunggu beberapa saat hingga wajah terasa kencang lalu bilas menggunakan air bersih. 

2-Cuka Apel

Sebuah studi mengungkap bahwa cuka apel rupanya cukup efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Ini karena cuka apel mengandung asam organik yaitu asam sitrat. Kandungan asam sitrat inilah yang diyakini mampu melawan bakteri Propionibacterium acnes yang merupakan bakteri penyebab jerawat. 

cuka apel
cuka apel

Tak hanya itu saja, cuka apel juga mengandung succinic acid yang bagus untuk mengatasi peradangan akibat bakteri Propionibacterium acnes. Belum lagi kandungan asam laktat pada cuka apel yang juga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat. 
Cara penggunaan cuka apel yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan air bersih. Oleskan masker cuka apel dengan kapas steril, lalu biarkan selama 5 hingga 20 detik. Bilas wajah dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk yang halus. Pastikan wajah Anda dalam kondisi bersih sebelum menggunakan masker cuka apel. 

3-Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau biasa juga dikenal dengan virgin coconut oil memiliki banyak kandungan anti inflamasi dan juga anti bakteri. Kandungan bahan ini bisa membantu kulit wajah untuk mengatasi masalah jerawat, diantaranya mengatasi kulit kemerahan, menghilangkan bakteri penyebab jerawat, serta mengurangi efek bengkak akibat jerawat. 

minyak kepala untuk kecantikan

Cara menghilangkan jerawat menggunakan minyak kelapa cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke bagian wajah yang mengalami jerawat, lalu membilasnya dengan air bersih setelah beberapa menit. 

4-Kayu Manis

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kayu manis juga memiliki khasiat untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Kayu manis diyakini mampu melawan bakteri penyebab jerawat, sehingga dapat membantu mencegah munculnya jerawat yang lebih banyak dan lebih parah.

kayu manis

Cara membuat masker dari kayu manis yaitu campurkan 1 sendok makan kayu manis bubuk dengan 2 sendok makan madu murni. Aduk rata hingga teksturnya lembut. Oleskan masker tersebut pada wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut. 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pola Hidup Sehat

Selain menggunakan masker alami, cara hilangkan jerawat dengan cepat juga bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat. Apa sajakah itu?

minum air putih

1-Rutin Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih dalam jumlah yang tepat secara rutin dan teratur dapat membantu kulit untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Kulit yang terhidrasi juga akan menjadi lebih sehat dan berkilau. Berbeda dengan kulit yang kekurangan air, umumnya akan kusam dan mudah iritasi, sehingga jerawat pun menjadi lebih lama hilang.
Selain menggunakan masker alami, cara hilangkan jerawat dengan cepat juga bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat. Apa sajakah itu?

olah raga lari

2-Rutin Berolahraga

Olahraga selain bisa membuat tubuh menjadi segar dan bugar, juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini juga dapat memengaruhi proses penyembuhan jerawat. Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, mulai sekarang cobalah untuk rutin berolahraga. Mulai dengan olahraga yang ringan, setidaknya 30 menit setiap harinya. 

3-Konsumsi Makanan dengan Kandungan Zinc

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rentan mengalami jerawat umumnya adalah orang yang memiliki kadar zinc cukup rendah dalam tubuhnya. Itulah mengapa, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc dapat menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat. 
Beberapa jenis makanan yang mengandung zinc misalnya daging, kacang-kacangan, ikan, dan makanan laut atau seafood. 

4-Hindari Makanan yang Tinggi Glikemik

Makan yang memiliki indeks glikemik tinggi lebih cepat menaikkan kadar gula. Akibatnya hal ini akan memicu produksi insulin yang diyakini dapat memicu produksi sebum. Hal ini dapat mengakibatkan jerawat makin tumbuh subur dan parah.
Beberapa contoh makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi diantaranya minuman dan makanan manis, roti putih, kue, permen dan makanan olahan manis lainnya. Lebih baik beralih ke makanan yang rendah glikemik, seperti buah, sayur dan biji-bijian. 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Perawatan Wajah

Nah selain menggunakan masker alami dan menerapkan pola hidup yang sehat, cara menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan dengan melakukan perawatan wajah. Misalnya saja menggunakan facial scrub untuk eksfoliasi dan juga day cream secara rutin. 

Anabiosis Facial Scrub merupakan salah satu sabun wajah yang tidak mengandung paraben, berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan juga mengatasi penyumbatan pori pada wajah. Hal ini dapat membantu pemulihan sel kulit baru menjadi lebih cepat, sehingga jerawat juga bisa lekas pulih.

Selain itu juga untuk merawat kulit Anda yang berjerawat bisa menggunakan produk acne series seperti Anabiosis Set dari UNIHEALTH yang terdiri dari Anabiosis day cream, Anabiosis Facial Scrub, Anabiosis Facial Toner, dan Anabiosis spot gel. Anabiosis sendiri merupakan rangkaian cream pagi dan siang hari khusus kulit yang berminyak dan juga cenderung berjerawat.
Cream dilengkapi dengan kandungan tabir surya SPF 30 sehingga sangat praktis. Anda tidak perlu khawatir terkena komedo karena sifatnya adalah non-comedogenic dan non-acnegenic. Penggunaan sehari-hari mudah dimana Anda bisa usapkan merata pada seluruh wajah sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

Anabiosis Set dari UNIHEALTH yang terdiri dari Anabiosis day cream, Anabiosis Facial Scrub, Anabiosis Facial Toner, dan Anabiosis spot gel
Anabiosis Set dari UNHEALTH

Anabiosis Day Cream juga diformulasikan khusus untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Manfaat dari krim ini cukup banyak, diantaranya menghalangi proses penyebaran bakteri di wajah, mengurangi komedo dan jerawat, mengurangi efek kemerahan dan peradangan pada wajah akibat jerawat, serta memberikan perlindungan dari sinar UV dengan adanya kandungan sun protector. 

Itu dia beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat, sebagai perawatan kulit dan rambut dan semoga permasalahan kulitmu lekas membaik.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *